10+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kota Tegal yang Terkenal


Kota Tegal merupakan salah satu kota yang terletak di kawasan pantai utara Jawa. Pemerintah Kota Tegal sendiri menerapkan kebijakan di bidang pendidikan dengan meningkatkan berbagai program pendidikan yang disinergikan dengan bidang agama.

Maka, tak jarang pondok pesantren yang ada di Kota Tegal cukup berkembang pesat. Untuk lengkapnya, berikut daftar nama pondok pesantren Jawa Tengah, khususnya yang ada untuk wilayah Kota Tegal.

Pesantren di Tegal


Penguatan kebijakan di bidang pendidikan yang lebih religius banyak memunculkan beragam pondok pesantren di Kota Tegal. Tak hanya pesantren bertipe tradisional saja, di Kota Tegal juga terdapat pondok pesantren modern yang bisa Anda jadikan rujukan untuk menuntut ilmu agama.

Daftar Pondok Pesantren di Kota Tegal


Dengan melihat daftar nama pondok pesantren di Kota Tegal dapat Anda pilih sesuai dengan bidang ilmu agama yang ingin Anda kaji. Perbedaan biaya di antara pondok pesantren di Kota Tegal juga bisa Anda jadikan pilihan karena kualitas dan fasilitas yang disediakan antara pondok pesantren berbeda.

Pondok Pesantren Ihsaniyah Putra

Pondok Pesantren Ihsaniyah Putra terletak di Jalan Salak no.117, Tegal Barat. Pondok pesantren ini memungkinkan Anda sekolah sambil mondok dengan fasilitas yang lengkap dan nyaman. Tak hanya diperuntukkan bagi santri putra, pesantren ini juga diperuntukkan untuk santri putri dengan fasilitas yang mendukung aktivitas santri.

Pondok Pesantren NU Sunan Kalijaga

Terletak di Jalan Raya Singkil, Kaliwadas, Tegal, Pondok Pesantren NU Sunan Kalijaga memiliki tempat yang sejuk dan bersih. Selain fokus pada kegiatan pembelajaran di bidang agama, pesantren ini juga menyediakan pendidikan formal yang juga terbuka untuk umum.

Pondok Pesantren Al Munawaroh

Pondok Pesantren Al Munawaroh terletak di Margadana, Tegal. Pondok pesantren ini menjadi pesantren percontohan di Provinsi Jawa Tengah yang memiliki banyak program di bidang pendidikan.

Selain menawarkan berbagai program keagamaan, Pesantren Al Munawaroh juga menawarkan pendidikan formal, mulai dari jenjang TK, SD, SMP, SMA, hingga perguruan tinggi.
Pesantren Al Munawaroh juga mendukung berbagai program yang banyak diminati masyarakat.

Program tersebut diantaranya penerimaan santri kaum yatama, kaum dhuafa, anak korban broken home, hingga santri marjinal. Meskipun baru berdiri sejak tahun 2011, Pondok Pesantren Al Munawaroh kini sudah memiliki lebih dari 110 santri.

Pondok Pesantren Tahfidz Quran Al Akromah

Terletak di Jalan Cempaka Mangkukusuman, Adiwerna, Tegal, Pondok Pesantren Tahfidz Quran Al Akromah menerima santri yang ingin mukim ataupun non mukim. Berfokus pada hafalan Al Quran, Pesantren Al Akromah didukung berbagai fasilitas yang akan membuat santri nyaman.

Pondok Pesantren Subulus Salam

Pondok Pesantren Subulus Salam merupakan pondok pesantren yang terletak di daerah Margadana, Tegal. Pesantren ini dimulai dari usia SMP hingga SMA dengan konsep pendidikan formal yang dipadukan dengan program tahfidz Quran.

Dalam satu semester diharapkan santri mampu menghafal 1 juz,. Sehingga jika santri mondok selama 6 tahun, santri mampu menghafal sebanyak 12 juz sebelum santri lulus.

Pondok Pesantren Mambaul Ulum

Terletak di Jalan Sultan Ageng Tirtayasa, Tegal Selatan, Pondok Pesantren Mambaul Ulum didirikan oleh KH Abdul Hamid Yusuf. Pesantren ini cukup besar dan memiliki lebih dari 500 santri putra dan putri.

Pondok Pesantren Miftahufalahissholihin

Pondok Pesantren Mitahufalahissholihin terletak Jalan Kudus no.6, Tegal Selatan. Meskipun tidak terlalu besar, pesantren ini hanya menerima santri laki-laki yang dipimpin langsung oleh KH Sholih Taslim.

Pondok Pesantren Miftahul Huda

Pondok Pesantren Miftahul Huda berlokasi di Jalan Kendari, Tegal Selatan. Dipimpin oleh KH Mohammad Khalimi, Pondok Pesantren Miftahul Huda kini memiliki jumlah santri sekitar 50-an yang terdiri dari santri putra dan santri putri.

Pondok Pesantren Hidayatul Mustarsyidien

Terletak di Jalan Kemuning, Tegal Timur, Pondok Pesantren Hidayatur Mustarsyidien dipimpin oleh KH Mohammad Ibrohim. Jumlah santri yang ada di pesantren ini cukup banyak, dengan jumlah 400 santri putra dan santri putri.

Pondok Pesantren KH Muchlas

Didirikan oleh KH Muchlas, kini pondok pesantren KH Muchlas dipimpin oleh KH Agil Marguby. Pesantren ini sendiri untuk alamatnya terletak di Jalan KH Muchlas no 35, Tegal dan memiliki santri sebanyak 300 santri.

Dengan mengetahui daftar nama pondok pesantren di Kota Tegal dapat membantu Anda mencari rujukan tempat mondok lengkap dengan alamatnya. Lengkapnya fasilitas pendidikan dalam pondok bisa menjadi pilihan Anda dalam memilih pesantren dengan kualitas baik.

Belum ada Komentar untuk "10+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kota Tegal yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel