6+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Banyuwangi yang Bagus


Kabupaten satu ini cukup terkenal dengan aura mistis yang sangat kental karena banyak dukun hebat konon berasal dari Banyuwangi.

Namun, Kabupaten Banyuwangi juga menjadi tempat syiar agama Islam yang sangat besar. Hal ini terlihat dari banyaknya keberadaan pondok pesantren di Kabupaten terluas se-jawa Timur ini. Nah apa saja daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Banyuwangi, simak keterangan lebih detail di bawah ini.

Pesantren di Kabupaten Banyuwangi


Pesantren di Kabupaten Banyuwangi bukan hal yang langka, sekitar 200 lebih pondok pesantren tersebar di 25 kecamatan. Pondok-pondok pesantren ini telah berhasil mencetak ulama, tokoh masyarakat, generasi bangsa yang tak hanya beriman dan berilmu, melainkan juga bermanfaat bagi sesamanya.

Ada banyak jenis pondok pesantren di kabupaten ini yang menggunakan metode pembelajaran klasik, modern, hingga penggabungan antara keduanya.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Banyuwangi


Untuk lebih jelas, berikut ini daftar beberapa pondok pesantren yang ada di Jawa Timur, yang berada untuk wilayah Kabupaten Banyuwangi, antara lain:

Pondok Pesantren Adz-Dzikra Muhammad Cheng Hoo

Dari sekian Masjid Cheng Hoo yang ada di tanah air, di Kabupaten Banyuwangi inilah satu-satunya Masjid Cheng Hoo yang menjadi satu dengan pondok pesantren. Ponpes yang terletak di Jl. Sutawijaya, Sumberrejo, Kabupaten Banyuwangi ini baru saja diresmikan pada tahun 2016. Jumlah santri di Pondok Pesantren Adz-Dzikra Muhammad Cheng Hoo adalah 53, yaitu 30 santriwan dan 23 santriwati.

Salah satu kegiatan utama di pesantren ini adalah membaca dan mengkaji kitab kuning. Umumnya, proses pembelajaran kitab kuning selesai dalam waktu bertahun-tahun, namun di sini para santri akan diajari metode cepat membaca kitab kuning hanya dalam kurun waktu 6 bulan.

Pondok Pesantren Subulussalam

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Banyuwangi berikutnya adalah Pondok pesantren Subulussalam yang berlokasi di Jl. Sunan Drajad Rt.03 Rw.III, Krajan I, Desa Tegalsari, Kabupaten Banyuwangi, Provinsi Jawa Timur.

Pendiri dari ponpes ini adalah KH. Hambali Mu’thy pada tahun 1986. Pondok pesantren Subulussalam memiliki program pendidikan agama non-formal dengan kurikulum pesantren, antara lain:

  1. Madrasah Diniyyah Ummul QuroTingkat Shifir (setara Taman Kanak-kanak)
  2. Madrasah Diniyyah Ummul QuroTingkat Ula (setara Sekolah Dasar)
  3. Madrasah Diniyyah Ummul QuroTingkat Wustho (setara SMP)
  4. Madrasah Diniyyah Ummul QuroTingkat Ulya (setara SMA)


Selain itu, di sini juga memiliki berbagai program dan kegiatan ekstrakurikuler, seperti pengajian sorogan/tahasus, bahtsul masail, jahit, cocok tanam, dan banyak lainnya.

Pesantren Darussalam

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Banyuwangi ketiga adalah Pesantren Darussalam Blokagung yang terletak di Dusun Blokagung, Desa Karangdoro, Tegalsari. Pesantren ini didirikan oleh KH Mukhtar Syafa’at yang telah wafat pada tahun 1991 silam.

Pesantren Bustanul Makmur

Pondok pesantren di Banyuwangi berikutnya bernama Pesantren Bustanul Makmur. Letak ponpes Bustanul Makmur berada di Kaliputih, Dusun Krajan, Genteng Kulon, dan diresmikan sebagai pesantren pada tanggal 1 september 1947 oleh KH. Imam Zarkasyi Djunaidi.

Pesantren Raudlatut Thalabah

Selanjutnya ada pondok pesantren Raudlatut Thalabah yang berlokasi di Jl. Jember No.55 Desa Setail, Genteng, Banyuwangi. Pesantren Raudlatut Thalabah mempunyai 7 asrama santri putra dan 3 asrama santri putri. K.H Masruhin Aba Hidayat merupakan pengasuh utama pesantren ini dengan didampingi pengasuh lainnya, yaitu K.H Abdul Aziz Ikhwan serta Kyai Kholili Mansur.

Pondok Pesantren Mansya'ul Huda

Pondok pesantren di Kabupaten Banyuwangi yang akan diulas berikutnya adalah Pesantren Mansya'ul Huda. Pesantren yang berada di Dusun Krajan, Kecamatan Glagah, Kabupaten Banyuwangi ini didirikan oleh  KH. Mahmud Ali.

Pondok Pesantren Mansya'ul Huda memiliki sistem pendidikan non-formal yaitu Madrasah Diniyah dari Tingkat Sifir (setara TK ) hingga Tingkat Ulya (setara SMA). Selain itu, terdapat 7 asrama santri putra dengan 27 kamar serta 3 asrama santri putri yang terdiri dari 9 kamar.

Pondok Pesantren Mansya'ul Huda juga memiliki lembaga pendidikan formal berupa MTs-SA Alawiyah serta SMK Alawiyah. Sedangkan kegiatan ektrakulikuler di ponpes Mansya'ul Huda, antara lain jahit menjahit, memasak, perbengkelan, berbagai jenis kegiatan olahraga, retorika Da’wah, dan banyak lainnya.

Itulah beberapa daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Banyuwangi, semoga bermanfaat untuk Anda yang sedang mencari informasi terkait. Anda berminat mendaftarkan putra atau putrinya mondok di pesantren?

Belum ada Komentar untuk "6+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Banyuwangi yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel