6+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Blitar yang Paling Tenar


Kabupaten Blitar secara administratif masuk dalam wilayah Provinsi Jawa Timur. Sebelumnya, pusat pemerintahan Kabupaten Blitar berada di Kota Blitar namun kini telah dipindahkan ke Kanigoro.

Untuk sektor pendidikan, kabupaten ini tidak hanya menyediakan lembaga pendidikan formal namun juga non-formal seperti pondok pesantren. Terdapat banyak sekali jumlah pondok pesantren yang berada di Jawa Timur, khususnya Blitar.

Pesantren di Kabupaten Blitar


Pesantren adalah tempat untuk menuntut ilmu agama Islam dengan lebih mendalam. Dari 22 kecamatan yang ada di Kabupaten Blitar, hampir semuanya ada lembaga pendidikan pondok pesantren.

Jadi, untuk yang ingin belajar dan meningkatkan ilmu tentang agama Islam dapat dengan mudah menemukan pondok pesantren di kabupaten ini.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Blitar


Di mana saja lokasi pondok pesantren (ponpes) yang ada di Kabupaten Blitar? Berikut ini daftar lengkapnya:

Pondok Pesantren Nurul Ulum 2 Sutojayan Kabupaten Blitar

Pondok pesantren yang pertama bernama Nurul Ulum 2 yang terletak di Jl. Diponegoro No.105, Kecamatan Sutojayan, Blitar 66172. Ponpes ini didirikan oleh KH. Agus Muadzin pada tahun 1997. Pondok pesantren yang berdiri di atas tanah sekitar 4000 m2 ini merupakan wakaf dari Yayasan Nahdlatul Ulama.

Mulanya, Pondok Pesantren Nurul Ulum 2 merupakan Madrasah Diniyah Nidzomiyah dan menjadi tempat kegiatan rutin keagamaan setiap harinya. Para santri yang mengaji di sini sebagian pulang ke rumah dan sebagian ada yang menetap.

Pada 2010, atas desakan warga setempat, pertimbangan pengurus ponpes, dan keputusan pengurus NU di Blitar, akhirnya dibangun juga sekolah formal berupa Madrasah Tsanawiyah. Sekolah tersebut diberi nama MTs Maarif NU 2 Sutojayan Blitar, yang mewajibkan semua siswa harus menetap atau tinggal di pesantren.

Pondok Pesantren Al-Falah Siraman Kesamben Blitar

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Blitar berikutnya adalah Al-Falah. Ini merupakan pondok pesantren salaf yang didirikan oleh KH. Nurul Huda.

Lokasi dari Ponpes Al-Falah Siraman ini berada di Desa Siraman, Kesamben, Blitar. Pondok pesantren Al-Falah Blitar ini memiliki santri putra dan juga santri putri dengan berbagai kegiatan mengaji setiap harinya dari sistem setoran hingga klasikal.

Pondok Pesantren Asy Syukur

Pondok Pesantren Asy Syukur beralamat di Desa Sembon Satriyan, Kanigoro, Blitar. Tidak hanya memiliki pondok pesantren salaf, Ponpes Asy-Syukur juga memiliki lembaga pendidikan formal, yaitu SMP Plus Asy-Syukur Sembon Kanigoro Blitar dan SMK Islam Kanigoro.

Jadi, selain mencetak generasi penerus yang beriman dan bertaqwa, Ponpes Asy Syukur juga membekali para santri dengan ilmu pengetahuan umum.

Pondok Pesantren Tarbiyatus Sholihin

Pondok pesantren berikutnya adalah Pondok Pesantren Tarbiyatus Sholihin yang berada di RT.03/RW.02, Utara, Kec. Kanigoro, Blitar. Ponpes ini bisa jadi alternatif untuk para orang tua yang ingin putra atau putrinya tinggal di pesantren dan juga sekolah formal sekaligus.

Pondok Pesantren Ibadurrohman Blitar

Ponpes satu ini merupakan ponpes yang didirikan khusus untuk yatim dan dhuafa bernama Ponpes Ibadurrohman. Pembina dari Pondok Pesantren Ibadurrohman Blitar adalah Dr. HM. Zainuddin, M.Pd.

Ponpes yang beralamat di Jalan Kolonel Sugiono Gang 2 no.7 ngegong, Gedong, Blitar ini melakukan pembinaan dan pemeliharaan pada para santri.

Tidak hanya mencukupi kebutuhan sehari-hari mulai makanan, minuman, pakaian, dan tempat tinggal, ponpes ini juga memberikan kasih sayang, bimbingan akhlak, dan pelajaran agama sebaik mungkin.

Pondok Pesantren Putra Putri Roudlotul Muta'allimin

Ponpes yang ada di Kabupaten Blitar berikutnya adalah Pondok Pesantren Putra Putri Roudlotul Muta'allimin. Ponpes yang juga sekaligus memiliki Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah ini memiliki banyak perestasi yang diperoleh dari beragam lomba.

Para santriwan dan santriwati diharapkan tidak hanya berakhlak sholih dan sholihah melainkan juga cerdas dan terampil seperti visi dan misi dari ponpes Roudlotul Muta’allimin.

Pondok Pesantren Putra Putri Roudlotul Muta'allimin terletak di Minggirsari 2, Kecamatan Kanigoro, Blitar, 66171, Provinsi Jawa Timur. Untuk keterangan lebih jelas tentang kegiatan dan informasi lainnya, Anda dapat melihat situs ini http://pondok-minggirsari.blogspot.com.

Selain keenam pondok pesantren di atas, masih ada puluhan daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Blitar lainnya.

Setiap pesantren memiliki metode dan kebijakan yang berbeda satu sama lainnya, pastikan Anda datang ke pesantren langsung untuk melihat dan mengetahui bagaimana kondisi di sana. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "6+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Blitar yang Paling Tenar"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel