5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Jember yang Bagus


Pondok pesantren adalah sebuah lembaga yang memiliki fungsi utama sebagai kegiatan tafaqquh fi ad-din (pendidikan/ pendalaman agama Islam) serta syiar agama Islam. Di Kabupaten Jember, keberadaan pondok pesantren jumlahnya lumanyan banyak. Anda dapat dengan mudah menemukan pondok pesantren di kabupaten ini.

Untuk informasi selengkapnya tentang daftar nama pondok pesantren di Jawa Timur, khususnya yang berada di wilayah Kabupaten Jember dan sekitarnya.

Pesantren di Kabupaten Jember


Kabupaten Jember memiliki 31 kecamatan yang terdiri dari 22 kelurahan serta 226 desa. Jumlah pondok pesantren yang tersebar di seluruh wilayah Kabupaten Jember sekitar 300 lebih. Jadi, untuk masyarakat Jember dan sekitarnya tidak perlu kerepotan untuk mendaftarkan putra atau putri di pesantren.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Jember


Ratusan pondok pesantren di Kabupaten Jember ini memiliki peraturan, sistem pembelajaran atau metode yang tentu berbeda antara ponpes satu dengan yang lainnya. Lantas, apa saja ponpes yang ada di Kabupaten Jember? Berikut daftar selengkapnya.

Pondok Pesantren Al-Qodiri

Pertama ada Ponpes Al-Qodiri yang terletak di Jalan Manggar No.139A, Desa Gebang, Kecamatan Patrang, Jember yang didirikan oleh KH Achmad Muzakki Syah pada 6 Juni 1987.

Pada awal pendiriannya, jumlah santri yang ada di sini hanya 9 orang, namun jumlah santri saat ini sekitar 3000an orang yang datang dari berbagai pelosok tanah air. Lahan pesantren pun diperluas dan dilakukan renovasi sedemikian rupa di atas tanah mencapai 29 hektar.

Ponpes Al-Qodiri merupakan lembaga pendidikan keagamaan yang memiliki banyak lembaga di dalamnya seperti Tahfidul Qur’an, Madrasah Diniyah, TK, SD, MTs, MA, SMK, STAI, hingga STIKES.

Pondok Pesantren Islam ASHRI (Ash-Shiddiqi Puteri)

Selanjutnya ada Pondok Pesantren Islam Ash-Shiddiqi Puteri yang didirikan oleh KH. Abd. Chalim Shiddiq. Pondok pesantren yang berdiri pada tahun 1931 ini terletak di Jl. KH Shiddiq, Kaliwates, Jember dan masih dalam lingkungan kompleks peninggalan Almarhum KH. M. Shiddiq.

Pondok Pesantren Islam ASHRI (Ash-Shiddiqi Puteri) adalah salah satu daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Jember yang menyediakan pendidikan formal, yaitu MI, MTs, dan MA.

Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris)

Berikutnya ada Pondok Pesantren Nurul Islam (Nuris) yang terletak di Jalan Pangandaran No.48, Kec. Sumbersari, Kab. Jember. Pesantren ini berdiri pada tahun 1981 oleh KH. Muhyiddin Abdusshomad.

Pesantren yang populer dengan nama Ponpes Nuris ini mengawali program pendidikan non-formal Madrasah Diniyah. Selanjutnya, pada tahun 1982 membangun SMP Nuris, TK Nuris pada tahun 1985, SMA Nuris pada tahun 1989, serta STM Nuris pada tahun 2003.

Kini, lembaga pendidikan Nurul Islam memiliki banyak sekali lembaga pendidikan formal dan non-formal, seperti Madrasah Diniyah, PAUD, TK, MI, MTs, MA, SMP, SMA, serta SMK.

Pondok Pesantren Al-Jauhar

Pondok pesantren di Kabupaten Jember yang berikutnya adalah Pondok Pesantren Al-Jauhar. Pesantren salaf ini terletak di Gg. 3, Tegal Boto Lor, Sumbersari, Kabupaten Jember. Pondok Pesantren Al-Jauhar didirikan oleh K.H Sodiq Machmud SH yang merupakan cucu dari ulama ternama Jember, yaitu K.H Sodiq Machmud SH.

Program pendidikan yang disediakan ponpes ini diantaranya adalah 1. Taman Pendidikan Al-Qur’an, Madrasah Diniyah, Wetonan Kitab Kuning (Kitab Salaf), Retorika Pidato, English Club, dan lainnya.

Pondok Pesantren Darus Sholah

Terakhir, ada Pondok Pesantren Darus Sholah yang didirikan oleh Gus Yus pada 27 Rajab 1987. Pesantren yang berlokasi di Jalan Moh. Yamin No.25, Tegal Besar Kulon, Kecamatan Kaliwates,  Jember 68132 ini dibangun di atas tanah seluas 8 hektar.

Pondok pesantren Darus Sholah semakin berkembang pesat dan santri yang datang pun semakin banyak dari berbagai pelosok daerah. Lantas, Gus Yus memutuskan untuk mendirikan lembaga pendidikan sekolah umum, yaitu TK Full Day, SD Plus, SMP Plus, MA, serta SMA Unggulan BPPT.

Puluhan kegiatan ekstrakurikuler pun dihadirkan untuk meningkatkan kemampuan para santri dalam berbagai bidang. Kegiatan ekstrakurikuler tersebut antara lain, Tahfidz al-Qur’an, Bahtsul Ma’sail, Pengajian Kitab Kuning, Hadrah/Rebana, Pengembangan Jurnalistik dan Publish, Drum Band, Bela Diri, dan banyak lainnya.

Ternyata pondok pesantren tidak hanya menjadi tempat untuk mendapat pendidikan agama sebaik mungkin, namun juga tempat untuk mengembangkan bakat di bidang pengetahuan umum lainnya.

Tidakkah Anda tertarik untuk mendaftarkan putra atau putri Anda di salah satu daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Jember yang telah disebutkan di atas. Semoga saja ya informasi ini memberikan referensi bagi pembaca sekalian, trimakasih.

Belum ada Komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Jember yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel