5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Jepara yang Terbaik

Pesantren di Jepara

Pesantren dianggap sebagai lingkungan yang tepat untuk mendidik calon generasi bangsa agar beriman dan bermanfaat untuk sesamanya. Orangtua pun mempercayakan pendidikan pesantren untuk putra maupun putri dengan harapan putra atau putrinya menjadi manusia yang lebih baik dan juga memiliki pemahaman baik tentang agama.

Nah, untuk masyarakat di Jawa Tengah, Kabupaten Jepara bisa menjadi alternatif untuk mencari deretan pondok pesantren terbaik. Dimana saja lokasi pesantrennya, yuk simak informasi selengkapya mengenai daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Jepara berikut ini.

Pesantren di Jepara


Ada banyak pesantren ternama yang berada di Jepara. Para santri tidak hanya berasal dari masyarakat Jepara atau sekitarnya melainkan banyak juga dari luar Pulau Jawa. Kepopuleran sistem pembelajaran dan kiai yang mengasuh pesantren menjadi poin utama kenapa banyak orang yang ingin belajar di sebuah pesantren.

Bahkan, santri yang berasal dari daerah yang sangat jauh pun tidak sedikit karena memiliki antusias tinggi belajar di pesantren yang diinginkan.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Jepara


Untuk lebih lebih jelasnya, berikut beberapa daftar pondok pesantren di Jawa Tengah, khususnya Kabupaten Jepara, antara lain:

Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati

Salah satu pesantren ternama di Kabupaten Jepara adalah Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati yang terletak di Dk. Sidorejo, Bangsri. Pesantren ini terkenal dengan metode Amtsilati yang ditemukan dan dikembangkan oleh pengasuh Pesantren Darul Falah Amtsilati sendiri, yaitu Kiai Taufiqul Hakim.

Beliau mengarang kitab Amtsilati bertujuan untuk menciptakan metode membaca kitab kuning dengan nahwu shorof yang mudah dan praktis.

Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati berkembang sangat pesat sejak didirikan pada tahun 2001. Bahkan, saat itu luas pesantren hanya beberapa meter saja dan kini luasnya mencapai 5 hektar. Jumlah santri pun terus berkembang pesat dan kini lebih dari 2500 santri dari seluruh pelosok Indonesia belajar di Pondok Pesantren Darul Falah Amtsilati Bangsri Jepara.

Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari Bangsri

Pesantren di Jepara yang kedua adalah Pondok Pesantren Hasyim Asy’ari Bangsri yang berdiri pada tahun 1956 oleh KH. Mc. Amin Sholeh.

Sepeninggal beliau, pesantren ini dipimpin oleh Bu Nyai Hj. Aizzah Amin sholeh beserta putra-putrinya yang kini memiliki santri sebanyak 1700an orang. Sistem pembelajaran yang diterapkan di Pondok pesantren Hasyim Asy’ari Bangsri adalah semi modern dimana masih ada sistem sorogan, klasikal dan sekolah formal di MTs dan MA Hasyim Asyari.

Pondok pesantren Hasyim Asy’ari Bangsri memiliki dua lokal dengan pengasuh yang berbeda. Alamat pesantren ini terletak di Depan Masjid Besar An-Nur Bangsri atau tepatnya di Jl. Bangsri-Jepara, Kecamatan Bangsri, Kabupaten Jepara, 59453 Jawa Tengah, nomor telepon 0812-2830-0050.

Pondok Pesantren Darussalam

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Jepara yang ketiga adalah Pondok Pesantren Darussalam yang didirikan pada tahun 1908 oleh Kiai H. Abdul Qodir.

Setelah beliau wafat, kepemimpinan pesantren dilanjutkan oleh putra-putranya dan kini diasuh oleh Kyai Saifur Rijal Aqib. Pesantren Darussalam Saripan juga menyelenggarakan pendidikan formal mulai MI hingga MA. Pesantren ini beralamat di Jalan KH. Wahid Hasyim 120, Saripan Timur, Kabupaten Jepara, nomor telepon (0291) 593906.

Pondok Pesantren Roudlotul Mubtadiin Balekambang

Ini adalah pesantren tertua yang ada di Jepara didirikan pada tahun 1884 oleh Hadlratus Syaikh KH. Hasbullah. Estafet kepemimpinan pesantren kini dibawah asuhan KH. Ma’mun Abdullah yang merupakan putera dari KH. Abdullah Hadziq.

Beliau membuat perkembangan yang sangat pesat di Pesantren Balekambang. Hal tersebut terbukti dengan jumlah santri yang meningkat, pembangunan sekolah baru, hingga sejumlah jurusan baru di pesantren yang menggunakan sistem modern ini.

Pondok Pesantren Tahfidz Zhilalul Quran

Pesantren selanjutnya yang ada di Jepara ini terletak di Raguklampitan 17/04 Gendolo, Kecamatan Batealit, Kabupaten Jepara. Sistem pembelajaran Pesantren Tahfidz  Zhilalul Quran adalah hafalan alqur'an serta pengamalan nilai-nilai Al-Quran dalam kehidupan sehari-hari.

Pesantren ini menyelenggarakan pendidikan formal seperti Tk plus Qiraati, SMP (Tahfidz), dan Madrasah Aliyah (Tahfidz). Sedangkan lembaga pendidikan non-formal di sini, yaitu Ponpes Tahfidz Putra-putri, Tahfidz Anak-Anak, TPQ metode Qiraati, Diniyah Awaliyyah, dan Diniyah Wustho.

Disarankan untuk datang langsung ke alamat daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Jepara jika ingin mendaftarkan putera atau puterinya. Semoga artikel atas informasi ini bermanfaat untuk segenap pembaca sekalian. Trimakasih,

Belum ada Komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Jepara yang Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel