6+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Madiun yang Bagus


Anda pernah menikmati brem atau mungkin merupakan pecinta brem? Ya, makanan satu itu berasal dari Madiun, Jawa Timur. Berjarak 160 km dari Surabaya, di sini terdapat pusat industri kereta api, sehingga sering disebut juga kota industri. Hari jadinya diperingati setiap tanggal 20 Juni 1918. Namun kali ini, yang akan dibahas adalah seputar daftar nama pondok pesantren di Jawa timur, khususnya yang berada di wilayah Kabupaten Madiun. Simak sampai habis ya.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Madiun


Untuk Anda yang ingin menjadi santri di Madiun, berikut daftar berbagai pondok yang ada di tempat tersebut.

Pondok Pesantren Al Mujaddadiyyah

Lokasi pondok ini berada di Jalan H. Moch Noer, Demangan, Taman, Madiun, Jawa Timur.
Cikal bakal dibangunnya pesantren ini berawal pada tahun 1960 dan diprakarsai oleh Kiai Izzuddin. Saat itu bangunan masih berupa masjid yang berdiri di atas tanah hibah seluas 2750 m2. Pembangunan masjid selesai dua tahun kemudian.

Pembangunan pesantren sendiri baru dimulai pada tahun 1979, tepatnya 100 hari setelah wafatnya Kiai Izzuddin. Pembangunan terus berkelanjutan hingga pada tahun 2019 pondok pesantren bisa dibangun di 2 lokasi berbeda.

Bukan hanya mengajarkan ilmu agama dengan sistem sorogan, di pondok ini juga terdapat MTs, MA, dan SMK. Untuk pendidikan agamanya sendiri, pondok ini juga memfasilitasi program tahfidz dan tilawah Al-Quran.

Pondok Pesantren Kanzul Ulum

Pondok beralamat di Jalan Sri Rejeki Nomor 23, Sukosari, Kartoharjo, Madiun, Jawa Timur.
Santri di pondok ini berasal dari berbagai daerah di Indonesia, seperti Surabaya, Nganjuk, Jakarta, Lampung, Bengkulu, Palu, Makassar, dan lainnya. Sistem pendidikannya memadukan antara pendidikan pesantren dengan nasional.

Di pondok ini sudah terdapat PAUD, MI, MTs, dan MA. Untuk pendidikan Islam, ada TPA/TPQ dan Madrasah Diniyah. Selain mengaji kitab kuning, menghafal, dan tilawah Al-Quran, di pondok ini juga terdapat berbagai ekstrakurikuler. Mulai dari latihan pidato, penelitian, bela diri, musik, hingga jurnalistik.

Pondok Pesantren Badii’us Syamsi

Lokasi pondok pesantren ini berada di Pucang Anom, Kebonsari, Madiun, Jawa Timur.
Pondok pesantren ini termasuk pondok pesantren modern yang bukan hanya mengajarkan pendidikan agama, melainkan juga terdapat sekolah umum. Untuk menunjang itu, sudah dibangun MI Plus Badii’us Syamsi dan SMPS Islam Badii’us Syamsi.

Pendirian pondok pesantren dirintis oleh Kiai Mashuri pada tahun 1980. Saat ini pesanten masih dipimpin oleh Kiai Mashuri.

Semakin hari, pondok pesantren terus berkembang menyesuaikan kebutuhan zaman. Saat ini terhitung sudah terdapat 85 santri laki-laki dan 55 santri perempuan.

Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Madiun berikutnya adalah PP Hidayatul Mubtadiin. Alamatnya berada di Kepoh Bener, Kebonsari, Madiun, Jawa Timur.

Pondok ini merupakan pondok salafiyah yang fokusnya hanya pada pendidikan keagamaan. Pertama kali didirikan pada tahun 1996 dan saat ini diasuh oleh KH. Lukman Hidayat. Terdapat cukup banyak santri di sini, yakni sebanyak 200 orang lebih.

Bangunan pondoknya pun unik. Memiliki sebuah terowongan yang sering disebut terowongan akhirat. Di dalam bangunan menyerupai terowongan itu terdapat sebuah masjid yang menjadi pusat aktivitas dari para santri. Selain fokus pada ilmu agama, pondok ini juga mengajarkan kewirausahaan untuk santrinya.

Pondok Pesantren Hidayatul Falah Darussalam

Pondok Pesantren Hidayatul Falah Darussalam berlokasi di Baleboto RT 42 RW 04, Kebonsari, Madiun, Jawa Timur.

Pondok pesantren ini termasuk pondok pesantren ‘ashriyah. Artiya, pondok tersebut menyelenggarakan pendidikan melalui pendekatan modern dengan adanya madrasah atau sekolah.

Didirikan oleh KH. Moh. Zamzami dan saat ini dipimpin oleh Drs. KH. Masruni, M.Pd.I. Jumlah santri laki-lakinya kurang lebih sebanyak 40 orang, sedangkan santri perempuan sebanyak 70 orang.

Pondok Pesantren Subulul Huda

Alamat Pondok Pesantren Subulul Huda berada di Kembang Sawit, Kebonsari, Madiun, Jawa Timur.
Pondok termasuk pondok modern/‘ashriyah yang juga mengajarkan ilmu umum. Di sini sudah terdapat SMP Islam hingga SMK-BP Salafiyah Subulul Huda.

Pendirinya bernama KH. Munhirul Ichwan. Saat ini pondok pesantren dipimpin oleh Kiai Moh. Tafrihan, S.Ag. Santri yang belajar disini sudah cukup banyak, kurang lebih 65 santri laki-laki dan 33 santri perempuan.

Itulah beberapa daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Madiun. Meski belum semua, namun Anda bisa menjadikan daftar ini referensi jika memang berminat menjadi santri di untuk wilayah kota Madiun ini. Trimakasih,

Belum ada Komentar untuk "6+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Madiun yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel