7+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Pacitan yang Terkenal


Salah satu kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang berada di perbatasan Provinsi Jawa Tengah adalah Kabupaten Pacitan. Terkenal dengan pantainya yang indah, di Pacitan juga terdapat berbagai lembaga pendidikan agama yang bisa Anda jadikan rujukan sebagai tempat mondok.

Untuk membantu Anda mencari pesantren di Pacitan, berikut daftar nama pondok pesantren di Jawa Timur, khususnya wilayah Kabupaten Pacitan.

Pesantren di Pacitan


Pesantren di Pacitan terletak di seluruh wilayah Pacitan yang mudah diakses menggunakan beragam moda transportasi.

Selain untuk memperdalam ilmu agama, beberapa pesantren juga menyediakan lembaga pendidikan formal yang berada di wilayah pesantren. Hal ini dapat mempermudah santri untuk memperoleh ilmu agama dan ilmu umum sekaligus.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Pacitan


Melihat informasi mengenai daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Pacitan dapat menjadi rujukan untuk mendapatkan pesantren yang Anda inginkan. Fasilitas yang tersedia di tiap pondok pesantren pun berbeda dengan pesantren yang lain. Meskipun begitu, ada keunggulan dari masing-masing pesantren yang perlu Anda ketahui.

Pondok Pesantren Tremas

Pondok Pesantren Tremas terletak di daerah Semanten, Pacitan dan berdiri sejak tahun 1830. Fasilitas di pesantren ini cukup lengkap dengan berbagai jenjang pendidikan yang bisa ditempuh oleh para santri.

Selain terdapat pendidikan formal pada pesantren, terdapat beberapa pengajian yang harus diikuti oleh para santri. Untuk mendukung bakat dan minat santri, pesantren juga menyediakan beragam kegiatan ekstrakurikuler yang bisa dipilih oleh para santri.

Pondok Pesantren Modern Al Anwar

Terletak di Ploso, Pacitan, Pondok Pesantren Modern Al Anwar berada 2,5 km dari pusat Kota Pacitan. Awalnya, pesantren ini bermula dari tempat mengaji masyarakat sekitar menggunakan metode Krapyak.

Seiring waktu berjalan, terbentuklah sistem pendidikan yang berkiblat pada Pondok Pesantren Gontor. Salah satu program unggulan dari pesantren ini adalah penguasaan Bahasa Inggris dan Bahasa Arab.

Dan hingga kini jumlah santri di pesantren ini lebih dari 200 santri yang berasal dari berbagai daerah di Indonesia.

Pondok Pesantren Al Fatah

Berdiri sejak tahun 1866, Pondok Pesantren Al Fatah terletak di Kikil, Arjosari, Pacitan. Selain fokus pada pendidikan agama islam, pesantren ini juga menyelenggarakan pendidikan formal hingga membuka Sekolah Tinggi Agama Islam Al Fatah (STAIFA) dengan program studi Ekonomi Syariah dan PGRA. Selain itu ada beragam kegiatan ekstrakurikuler untuk meningkatkan pengembangan diri para santri.

Pondok Pesantren Al Mubarok

Pondok Pesantren Al Mubarok merupakan salah satu pondok pesantren di Pacitan yang terletak di Jalan Raya Pacitan-Punung KM.3, Bukit Sundeng, Bangunsari. Di pesantren ini terdapat tingkatan pendidikan dengan rentang waktu sekitar 8 tahun.

Selain menggunakan kurikulum yang sesuai dengan pemerintah, biaya pendidikan di pesantren ini juga gratis lengkap dengan asrama untuk santri putra dan putri. Untuk menambah ketrampilan santri ada juga program tahassus untuk memperdalam berbagai kitab kuning.

Pondok Pesantren Nahdlatussuban

Terletak di Arjowinangun, Pacitan, Pondok Pesantren Nahdlatussuban merupakan salah satu pesantren tua di Kabupaten Pacitan.

Tak hanya fokus di pendidikan non formal, seperti madrasah diniyah dan program tahfidz Quran, di pesantren ini juga terdapat pendidikan formal mulai dari SMP dan MA. Untuk mengembangkan ketrampilan santri, pesantren juga menyediakan beragam kegiatan ekstrakurikuler yang bisa dipilih oleh para santri.

Pondok Pesantren Al Islam

Pondok Pesantren Al Islam berdiri sejak tahun 1961 yang terletak di Joresan, Mlarak, Pacitan. Pesantren ini dikhususkan bagi santri yang telah lulus SD, sehingga pendidikan yang akan ditempuh di pesantren ini selama 6 tahun mulai dari MTs hingga MA.

Kurikulum yang dianut di pesantren ini meliputi kurikulum dari Kementerian Agama dan metode Salafiyah. Selain itu, ada juga kegiatan ekstrakurikuler yang terdiri dari muhadloroh atau pidato dan drum band.

Pondok Pesantren Nurudh Dholam

Pondok Pesantren Nurudh Dholam atau Pondok Pesantren Bleber terletak di Sidomulyo, Kebonagung. Pesantren ini memiliki program diniyah dan tahfidz Quran dengan pendidikan formal mulai dari MI, MTs, dan SMK. Beragam kegiatan ekstrakurikuler bisa santri ikuti untuk mengembangkan ketrampilan santri.

Meskipun beberapa pesantren memiliki usia yang cukup tua, kualitas pendidikan pesantren yang ditawarkan tak kalah dengan pesantren modern. Melihat informasi daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Pacitan dapat menjadi rujukan Anda untuk memilih pesantren di Pacitan.

Belum ada Komentar untuk "7+ Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Pacitan yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel