8+ Pondok Pesantren di Kabupaten Trenggalek yang Bagus


Salah satu provinsi di Jawa Timur yang terletak di pesisir selatan Jawa adalah Kabupaten Trenggalek. Selain banyak pendidikan formal, di wilayah Trenggalek juga terdapat banyak pondok pesantren yang tersebar di seluruh wilayah Trenggalek.

Berikut ini daftar nama pondok pesantren di Jawa Timur, khususnya wilayah Kabupaten Trenggalek yang bisa Anda jadikan rujukan.

Pesantren di Trenggalek


Beragam pesantren di Trenggalek berdiri sejak lama, meski begitu sistem pengajaran yang diberikan disesuaikan dengan zaman dan mengkombinasikannya dengan pendidikan formal. Fasilitas yang diberikan juga tak kalah dengan pesantren di daerah lain sesuai dengan biaya yang harus dibayarkan pada pihak pesantren.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Trenggalek


Dengan mengetahui informasi mengenai daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Trenggalek dapat membantu Anda dalam mencari pesantren yang diinginkan. Antar pesantren memiliki perbedaan program dan fasilitas yang disediakan sesuai dengan biaya pendidikan pesantren.

Pondok Pesantren Darussalam

Pondok Pesantren Darussalam terletak di Sumberingin, Karangan, Trenggalek yang sudah didirikan sejak tahun 1720. Tak hanya untuk memperdalam ilmu agama islam saja, di Pondok Pesantren Darussalam juga memiliki fasilitas pendidikan formal, mulai dari MI, MTs, dan MA.

Selain itu, ada juga Madrasah Diniyah yang juga diperuntukkan untuk masyarakat sekitar. Selain fasilitas yang lengkap di pesantren, beragam kegiatan ekstrakurikuler di bidang agama islam juga bisa dipilih santri untuk menambah ketrampilannya.

Pondok Pesantren Hidayatullah

Terletak di Jalan Raya Trenggalek Pule, KM. 22, Trenggalek, Pesantren Hidayatullah telah berdiri sejak tahun 1977 dan kini memiliki santri lebih dari 1.000 santri. Berada di lahan seluas 20.000 meter persegi, Pondok Pesantren Hidayatullah memiliki berbagai pendidikan formal dan nonformal yang bisa diakses juga oleh masyarakat sekitar.\

Selain itu,pesantren juga memiliki LPK tata busana dan komputer serta Lembaga Pemberdayaan Masyarakat untuk melayani masyarakat yang membutuhkan ketrampilan.

Pondok Pesantren Hidayatut Thullab

Pondok Pesantren Hidayatut Thullab merupakan salah satu pesantren tertua di Trenggalek yang berdiri sejak tahun 1790. Terletak di Jalan Kamulan-Durenan, Trenggalek, Pesantren Hidayatut Thullab memiliki fasilitas yang mendukung kegiatan pembelajaran di pesantren.

Selain itu, adanya pendidikan formal dan nonformal yang disediakan tidak hanya dikhususkan untuk para santri, tetapi juga untuk masyarakat sekitar.

Pondok Pesantren Modern Raden Paku

Pondok Pesantren Modern Raden Paku merupakan pesantren yang menerapkan tiga kurikulum dalam sistem pembelajarannya, yaitu kurikulum Kementerian Agama, kurikulum pondok modern, dan kurikulum salafiyah.

Pesantren ini terletak di Jalan Ki Mangun Sarkoro No.17B, Trenggalek. Pesantren ini menawarkan program pendidikan 6 tahun yang dimulai sejak santri masuk MTs hingga lulus MA. Fasilitas yang ada di pesantren ini cukup lengkap dengan beragam kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti oleh para santri.

Pondok Pesantren Qomarul Hidayah

Terletak di Gondang, Tugu, Trenggalek, Pondok Pesantren Qomarul Hidayah telah berdiri sejak zaman penjajahan Belanda.

Di pesantren ini, santri tidak hanya dapat memperdalam ilmu agama saja, tetapi juga terdapat pendidikan formal yang bisa diikuti oleh para santri. Selain itu, beragam lembaga pendidikan juga bisa diikuti oleh masyarakat sekitar.

Pondok Pesantren Mamba’ul Huda

Pondok Pesantren Mamba’ul Huda merupakan pesantren di Trenggalek, tepatnya Jalan Raya Baruharjo, Durenan. Selain untuk mencetak generasi muda yang memahami kitab kuning, berbagai kegiatan di pesantren juga diperuntukkan bagi masyarakat sekitar.

Pondok Pesantren Darunnajah

Pondok Pesantren Darunnajah telah berdiri sejak tahun 1950. Terletak di Jalan Soekarno-Hatta no.22A, Trenggalek, Pesantren ini memiliki berbagai pendidikan formal, mulai dari MI, SMP, dan MA yang bisa diikuti oleh masyarakat sekitar.

Untuk mengembangkan ketrampilan santri, berbagai kegiatan ekstrakurikuler bidang agama, seperti tahfidz Quran, kaligrafi, dan seni sholawat bisa dipilih sesuai dengan yang diinginkan santri.

Pondok Pesantren Al Kautsar

Pondok Pesantren Al Kautsar terletak di Durenan, Trenggalek. Fokus pada pesantren ini adalah program tahfidz Quran untuk para santrinya. Selain untuk memperdalam agama islam, pesantren juga terdapat fasilitas pendidikan formal untuk para santri dan masyarakat sekitar.

Meskipun beberapa pondok pesantren berdiri sejak zaman penjajahan, fasilitas yang disediakan cukup lengkap dan modern. Dengan adanya daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Trenggalek dapat menjadi rujukan dalam mencari pondok pesantren terbaik menurut Anda.

Belum ada Komentar untuk "8+ Pondok Pesantren di Kabupaten Trenggalek yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel