3+ Pondok Pesantren di Kabupaten Bandung Barat yang Bagus


Kabupaten Bandung Barat secara resmi dibentuk pada awal tahun 2007. Kabupaten ini dapat ditempuh sekitar 40 menit perjalanan dari pusat Kota Bandung. Tidak jauh beda dengan kota atau kabupaten lainnya, di Kabupaten Bandung Barat ini juga memiliki banyak pondok pesantren.

Para santri yang mukim di pesantren Bandung Barat tidak hanya berasal dari kabupaten ini saja melainkan banyak yang dari luar daerah. Apakah Anda tertarik mendaftar di pesantren yang berada di Kabupaten Bandung Barat? Yuk simak informasi lengkap beberapa daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Bandung Barat berikut ini.

Pesantren di Bandung Barat


Pendidikan pesantren diharapkan dapat menghasilkan figur muslim yang berakhlak baik dan mampu menjadi pemimpin ummat. Selain memiliki wawasan agama yang baik, lulusan pesantren juga diharapkan mampu untuk menghadapi segala tantangan di masyarakat.

Untuk itu metode dan sistem pembelajaran di beberapa pesantren selalu dikembangkan untuk membentuk pribadi yang tidak hanya sholeh namun juga kompeten di bidang-bidang yang dikuasainya.

Anda bisa menemukan metode pesantren yang klasik, modern, dan perpaduan antara metode klasik dan modern di pesantren Bandung Barat.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Bandung Barat


Berikut ini daftar lengkap alamat serta profil pondok pesantren yang ada di Kota Magelang, antara lain:

Pondok Pesantren Riyadlul Huda

Pesantren di Kabupaten Bandung Barat yang pertama adalah Pesantren Riyadlul Huda yang didirikan pada tahun 1997 oleh KH. Acep Aminudin. Pesantren Riyadlul Huda menggunakan konsep pendidikan kepesantrenan dan metode pendidikan umum.

Beliau menjelaskan jika di sini konsepnya adalah santri sekaligus siswa bukanlah para siswa yang nyantri. Oleh karena itu, beliau membangun SMA bukan MA karena pendidikan agama akan diberikan penuh di pesantren.

Para santri akan mendapatkan pendidikan umum di sekolah formal dan pendidikan agama di pesantren, sehingga para santri dapat fokus belajar keduanya karena tidak dicampur-campur.

Pondok pesantren ini beralamat di Desa Ngamprah, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, 40552 Provinsi Jawa Barat, nomor telepon (022) 86814737.

Pondok Pesantren Al-Muawanah

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Bandung Barat selanjutnya adalah Pondok Pesantren Al Mu’awanah yang awalnya merupakan sebuah masjid.

Kemudian dibangun sebuah Madrasah oleh KH. K. Sutia Djainudin pada tahun 1987. Perjuangan dakwah beliau dilanjutkan oleh putranya, yaitu KH. Dede Saepudin yang meresmikan pembangunan pesantren.

Pondok Pesantren Al Mu’awanah secara resmi berdiri pada tahun 1995. Pengasuh sekaligus ketua MUI Kecamatan Ngamprah ini menjelaskan jika awalnya terjadi pro kontra di antara masyarakat atas pembangunan pesantren.

Namun, pembangunan akhirnya dapat dilakukan dan pesantren mengalami kemajuan hingga sekarang.

Beliau melakukan berbagai inovasi dalam hal memfasilitasi santri dan menciptakan program pembelajaran yang tepat untuk kemajuan pesantren. Alamat PP Al Mu’awanah berada di Jl. Sukamaju RT 001/01, Cilame, Kecamatan Ngamprah, Kabupaten Bandung Barat, nomor telepon (022) 68002959.

Pondok Pesantren Albidayah

Selanjutnya, ada Pondok Pesantren Albidayah yang didirikan pada tahun 1907 oleh KH. Muhammad Asy’arie. Pada saat itu kondisi pesantren masih sangat sederhana, meski demikian para santri terus berdatangan untuk belajar kepada beliau.

Sepeninggal KH. Muhammad Asy’arie, kepemimpinan pesantren dilanjutkan oleh putra beliau. Pada tahun 1970, Pondok Pesantren Albidayah mendirikan lembaga pendidikan bernama SP-IAIN yang merupakan kepanjangan dari Sekolah Persiapan Institut Agama Islam Negeri.

Namun, lembaga tersebut saat ini berganti menjadi Madrasah Aliyah. Kini, terdapat lembaga pendidikan formal yang diselenggarakan oleh Pondok Pesantren Albidayah Cangkorah, yaitu MA Albidayah, MTs Terpadu Albidayah, MTs Albidayah, serta SMA Albidayah.

Untuk siswa siswi khusus MTsT dan MA Al Bidayah wajib mukim di pesantren, sedangkan siswa siswi untuk MTs dan SMA tidak mukim di pesantren. Pondok Pesantren Albidayah terletak di Jalan Raya Batujajar No. 01, Desa Giriasih, Kecamatan Batujajar, Kabupaten Bandung Barat, nomor telepon (022) 6866134.

Ketiga daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Bandung Barat sangat populer dengan masing-masing memiliki metode dan sistem pembelajaran khusus. Anda dapat memilih sistem serta kondisi pesantren mana yang tepat untuk putra atau putrinya.

Belum ada Komentar untuk "3+ Pondok Pesantren di Kabupaten Bandung Barat yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel