5+ Pondok Pesantren di Jakarta Timur yang Terkenal

Pesantren di Jakarta Timur

Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang mempunyai tujuan utama untuk syiar Agama Islam dan kegiatan mendalami Agama Islam. Sama dengan daerah lainnya, menemukan pondok pesantren di Jakarta Timur bukan perkara sulit.

Anda akan dengan mudah menemukan sejumlah pesantren yang sesuai keinginan di kota ini. Informasi lengkap tentang beberapa daftar nama pondok pesantren di Jakarta Timur akan diulas selengkapnya berikut ini.

Pesantren di Jakarta Timur


Menurut data pada tahun 2017, terdapat 38 pesantren di Jakarta Timur yang tersebar di 10 kecamatan. Kecamatan Pasar Rebo terdapat 1 pesantren, Kecamatan Ciracas 3 pesantren, Kecamatan Cipayung 11 pesantren, Kecamatan Kramat Jati 2 pesantren, dan Kecamatan Jatinegara 2 pesantren.

Kemudian, Kecamatan Duren Sawit 5 pesantren, Kecamatan Matraman 1 pesantren, Kecamatan Pulo Gadung 3 pesantren, Kecamatan Cakung 9 pesantren, serta Kecamatan Cipayung 1 pesantren.

Daftar Pondok Pesantren di Jakarta Timur


Hanya 5 profil pesantren di Jakarta Timur yang akan diulas secara lengkap di bawah ini, antara lain:

Pesantren Az-Ziyadah Jakarta Timur

Pesantren ini berdiri pada tahun 1948 yang awalnya merupakan kegiatan pengajian di masjid Al-Husna yang fokus pada tafsir alqur’an dan kitab kuning. Sistem pembelajaran pada saat itu berupa sorogan atau sistem bandongan.

Bangunan asrama santri dan madrasah akhirnya dibangun pada tahun 1971. Sistem pembelajaran diganti menjadi klasikal karena jumlah santri pada saat itu mencapai 6.600 dari tingkat MI hingga MA.

Pondok Pesantren Az-Ziyadah terletak di Jl. Madrasah Tanah 80 No.01, Klender, Kecamatan Duren Sawit, 13470 Jakarta Timur.

Pondok Pesantren Al Hamid

Daftar nama pondok pesantren di Jakarta Timur kedua adalah PP Al Hamid yang diprakarsai oleh Gus Miek dan diwujudkan oleh muridnya asal Jakarta, H. Hamid. Gus Miek merupakan pengasuh PP Al Falah Ploso Kediri yang sangat disegani dan dikagumi umat muslim.

H. Hamid melaksanakan keinginan gurunya dengan membangun pesantren di atas tanah seluas ±85.000 M². Kini bangunan pesantren tersebut menjadi asrama santri putra PP AL Hamid. Sedangkan asrama santri putri berada di lokasi kedua tepatnya di Kelurahan Pondok Ranggon di atas tanah seluas ±45.000 M².

Selain pondok pesantren Al Hamid Putra dan Al Hamid Putri, H. Hamid juga membangun MA, MTs, MI Terpadu, TK, Mushola, Koperasi, dan berbagai fasilitas penunjang lainnya. Untuk pengembangan serta pengelolaan, pesantren ini tetap berada di bawah pengawasan pengasuh PP Al Falah Kediri.

Pondok Pesantren Tapak Sunan

Ketiga, ada Pondok Pesantren Tapak Sunan yang awalnya merupakan majlis ta’lim bulanan di bawah Yayasan Ittihadul Anwar dan ydipimpin oleh KH. Drs. Muhammad Nuruddin Munawwar. Akhirnya, beliau memutuskan untuk membangun pesantren yang dinamakan dengan Tapak Sunan.

Selain pesantren, Madin, dan TPA, Yayasan ini juga memiliki lembaga pendidikan formal seperti RA, Sekolah Dasar Islam Tapak Sunan (SDITS), MTs, dan MA.

Lokasi pesantren ini berada di tengah perkampungan warga tepatnya di Jl. Kayumanis AMD 28, Kelurahan Balekambang, Kecamatan Kramat Jati, Condet, Jaktim, nomor telepon 021-8013940/ 021-80886463.

Pondok Pesantren Husnayain

Pondok pesantren yang keempat ini bernama PP Husnayain yang terletak di Jl. Raya Lapan No.25, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, nomor telepon (021) 8710969. Pendiri Pesantren Husnayain ini adalah KH. Kholil Ridwan yang memiliki keinginan kuat untuk terus berdakwah, bahkan posisi Anggota DPR RI ditolaknya karena lebih memilih mengasuh pesantren.

Sistem pembelajaran di PP Husnayain mengadopsi kurikulum pesantren dan Kemendikbud dimana para santri harus menyelesaikan pendidikan selama 6 tahun plus satu tahun. Setelah selesai, para santri akan lulus dan memperoleh ijazah pesantren, SMP, dan SMA.

Pondok Pesantren Minhaajurrosyidiin

Pondok pesantren di Jaktim yang kelima ini bernama Pondok Pesantren Minhaajurrosyidiin yang didirikan oleh sejumlah pensiunan POLRI dan TNI pada tahun 1995.

Pesantren yang berdiri di atas lahan seluas 4 hektar ini memiliki ratusan santri dari berbagai daerah, bahkan ada yang berasal dari Singapora, Malaysia, Vietnam, Kamboja, dan Suriname. PP Minhaajurrosydin berada diJalan SPG 7 No.17, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, nomor telepon (021) 8400033.

Apakah di antara kelima daftar nama pondok pesantren di Jakarta Timur tersebut ada yang cocok dengan keinginan Anda?

Belum ada Komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Jakarta Timur yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel