Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

8+ Pesantren Terbaik di Jakarta Timur yang Banyak Menjadi Pilihan

Pesantren di Jakarta Timur

Pesantren merupakan lembaga pendidikan yang mempunyai tujuan utama untuk syiar Agama Islam dan kegiatan mendalami Agama Islam. Sama dengan daerah lainnya, menemukan pondok pesantren di Jakarta Timur bukan perkara sulit.

Anda akan dengan mudah menemukan sejumlah pesantren yang sesuai keinginan di kota ini. Informasi lengkap tentang beberapa daftar nama pondok pesantren di Jakarta Timur akan diulas selengkapnya berikut ini.

Pesantren di Jakarta Timur


Menurut data pada tahun 2017, terdapat 38 pesantren di Jakarta Timur yang tersebar di 10 kecamatan. Kecamatan Pasar Rebo terdapat 1 pesantren, Kecamatan Ciracas 3 pesantren, Kecamatan Cipayung 11 pesantren, Kecamatan Kramat Jati 2 pesantren, dan Kecamatan Jatinegara 2 pesantren.

Kemudian, Kecamatan Duren Sawit 5 pesantren, Kecamatan Matraman 1 pesantren, Kecamatan Pulo Gadung 3 pesantren, Kecamatan Cakung 9 pesantren, serta Kecamatan Cipayung 1 pesantren.

Daftar Pondok Pesantren di Jakarta Timur


Hanya 8 profil pesantren di Jakarta Timur yang akan diulas secara lengkap di bawah ini, antara lain:

1. Pesantren Az-Ziyadah Jakarta Timur

Pesantren ini berdiri pada tahun 1948 yang awalnya merupakan kegiatan pengajian di masjid Al-Husna yang fokus pada tafsir alqur’an dan kitab kuning. Sistem pembelajaran pada saat itu berupa sorogan atau sistem bandongan.

Bangunan asrama santri dan madrasah akhirnya dibangun pada tahun 1971. Sistem pembelajaran diganti menjadi klasikal karena jumlah santri pada saat itu mencapai 6.600 dari tingkat MI hingga MA.

Pondok Pesantren Az-Ziyadah terletak di Jl. Madrasah Tanah 80 No.01, Klender, Kecamatan Duren Sawit, 13470 Jakarta Timur.

2. Pondok Pesantren Al Hamid

Daftar nama pondok pesantren di Jakarta Timur kedua adalah PP Al Hamid yang diprakarsai oleh Gus Miek dan diwujudkan oleh muridnya asal Jakarta, H. Hamid. Gus Miek merupakan pengasuh PP Al Falah Ploso Kediri yang sangat disegani dan dikagumi umat muslim.

H. Hamid melaksanakan keinginan gurunya dengan membangun pesantren di atas tanah seluas ±85.000 M². Kini bangunan pesantren tersebut menjadi asrama santri putra PP AL Hamid. Sedangkan asrama santri putri berada di lokasi kedua tepatnya di Kelurahan Pondok Ranggon di atas tanah seluas ±45.000 M².

Selain pondok pesantren Al Hamid Putra dan Al Hamid Putri, H. Hamid juga membangun MA, MTs, MI Terpadu, TK, Mushola, Koperasi, dan berbagai fasilitas penunjang lainnya. Untuk pengembangan serta pengelolaan, pesantren ini tetap berada di bawah pengawasan pengasuh PP Al Falah Kediri.

3. Pondok Pesantren Tapak Sunan

Ketiga, ada Pondok Pesantren Tapak Sunan yang awalnya merupakan majlis ta’lim bulanan di bawah Yayasan Ittihadul Anwar dan ydipimpin oleh KH. Drs. Muhammad Nuruddin Munawwar. Akhirnya, beliau memutuskan untuk membangun pesantren yang dinamakan dengan Tapak Sunan.

Selain pesantren, Madin, dan TPA, Yayasan ini juga memiliki lembaga pendidikan formal seperti RA, Sekolah Dasar Islam Tapak Sunan (SDITS), MTs, dan MA.

Lokasi pesantren ini berada di tengah perkampungan warga tepatnya di Jl. Kayumanis AMD 28, Kelurahan Balekambang, Kecamatan Kramat Jati, Condet, Jaktim, nomor telepon 021-8013940/ 021-80886463.

4. Pondok Pesantren Husnayain

Pondok pesantren yang keempat ini bernama PP Husnayain yang terletak di Jl. Raya Lapan No.25, Kecamatan Pasar Rebo, Jakarta Timur, nomor telepon (021) 8710969. Pendiri Pesantren Husnayain ini adalah KH. Kholil Ridwan yang memiliki keinginan kuat untuk terus berdakwah, bahkan posisi Anggota DPR RI ditolaknya karena lebih memilih mengasuh pesantren.

Sistem pembelajaran di PP Husnayain mengadopsi kurikulum pesantren dan Kemendikbud dimana para santri harus menyelesaikan pendidikan selama 6 tahun plus satu tahun. Setelah selesai, para santri akan lulus dan memperoleh ijazah pesantren, SMP, dan SMA.

5. Pondok Pesantren Minhaajurrosyidiin

Pondok pesantren di Jaktim yang kelima ini bernama Pondok Pesantren Minhaajurrosyidiin yang didirikan oleh sejumlah pensiunan POLRI dan TNI pada tahun 1995.

Pesantren yang berdiri di atas lahan seluas 4 hektar ini memiliki ratusan santri dari berbagai daerah, bahkan ada yang berasal dari Singapora, Malaysia, Vietnam, Kamboja, dan Suriname. PP Minhaajurrosydin berada diJalan SPG 7 No.17, Kecamatan Cipayung, Jakarta Timur, nomor telepon (021) 8400033.

6. Pesantren Tahfidzul Qur'an Al-Umamah

Informasi lainnya tentang pondok pesantren untuk menghafal Al-Qur'an yang ada di Jakarta Timur ialah PonPes Tahfidzul Qur'an Al-Umamah yang alamatnya sendiri berada di Jalan Pertanian Sel. No.14, RW.3, Klender, Kecamatan Duren Sawit, Kota Jakarta Timur. Dimana untuk pondok ini sendiri banyak melahirkan para pemelihara nilai-nilai Alqur'an.

7. Pondok Pesantren Al-Utsmani

Info tentang adanya Pesantren Tahfizh Al Qur'an Al-Utsmani ini berada di Jakarta Timur tepatnya dialamat Jalan Munggang No.6, RT.8/RW.1, Balekambang, Kecamatan Kramat Jati. Belajar di pesantren ini sediri memanglah khusus pemantapan makhroj, sifat dan tajwidnya.

8. Pondok Pesantren Assalafiyah Rawa Badung

Info tentang adanya pondok pesantren yang terbaik lainnya ialah Pondok Pesantren Assalafiyah Rawa Badung dengan alamat lengkap berada di Jalan Swadaya Pam No.11, RT.6/RW.7, Jatinegara, Kecamatan Cakung, Kota Jakarta Timur.

Apakah di antara kelima daftar nama pondok pesantren di Jakarta Timur tersebut ada yang cocok dengan keinginan Anda?

4 komentar untuk "8+ Pesantren Terbaik di Jakarta Timur yang Banyak Menjadi Pilihan"

Anonim 14 Mei 2022 pukul 12.42 Hapus Komentar
Saya ingin daftar gimana yah
Anonim 27 Juni 2022 pukul 05.25 Hapus Komentar
Anak saya menerima KJP apakah pesantren ini mendapatkan kjp
Anonim 14 Januari 2024 pukul 18.34 Hapus Komentar
Kalau buat anak yatim gratis gak
Anonim 25 Januari 2024 pukul 06.15 Hapus Komentar
Saya mau tanya masuk dan gmna soal biaya nya