6+ Pondok Pesantren di Kota Megelang yang Terkenal

Pesantren di Kota Megelang

Keberadaan pondok pesantren di tengah-tengah masyarakat dianggap memiliki andil besar dalam peningkatan kualitas pendidikan agama. Selain menyediakan berbagai kegiatan belajar agama, tidak sedikit pesantren yang juga memiliki program pendidikan formal dan berbagai kegiatan ekstrakurikuler.

Nah, di Kota Magelang Jawa Tengah juga terdapat sejumlah pondok pesantren di beberapa kecamatan. Untuk lebih jelasnya, simak ulasan lengkap mengenai daftar nama pondok pesantren di Kota Megelang di bawah ini.

Pesantren di Magelang


Kota Magelang merupakan sebuah kota di Provinsi Jawa Tengah yang letaknya berada di tengah Kab. Magelang karena sebelumnya Kota Magelang merupakan ibukota dari Kab. Magelang. Namun, kini Kota Magelang memperoleh kebijakan untuk berdiri sendiri menjadi sebuah kota.

Perlu Anda ketahui bahwa Magelang adalah daerah yang memiliki tingkat pendidikan paling maju se-Karesidenan Kedu. Pendidikan pesantren di kota ini juga berjalan sangat baik ditandai dari banyaknya pesantren yang tersebar di 3 kecamatannya.

Daftar Pondok Pesantren di Kota Magelang


Berikut ini daftar lengkap alamat serta profil pondok pesantren yang ada di Kota Magelang, antara lain:

Pondok Pesantren Tidar

Pondok Pesantren Tidar berdiri pada tahun 1983 oleh KH. Musyarofi Zarkasyi. Sejarah berdirinya ponpes ini diawali dari beliau yang mengadakan sebuah Pengajian Mengaji Tidar (PMT) di kampung Malangan Kelurahan Tidar pada tahun 1980. Pondok Pesantren Tidar kini telah berkembang pesat dan memiliki lembaga pendidikan formal dan non-formal.

PP Tidar memiliki lembaga pendidikan non-formal berupa Madrasah Diniyah dan Tahfidzul Qur'an. Sedangkan lembaga pendidikan formal meliputi TK Bustanul Athfal AL- Kautsar, TK Al-Qur’an, TPA, TPQ, Kulliyatul Mu’allimn Al- Islami, Wajar Dikdas tingkat Ula, serta Wajar Dikdas tingkat Wustho. Lokasi pesantren ini berada di Tidar Dudan, Kelurahan Tidar Utara, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang, nomor telepon 0856-2864-511.

Pondok Pesantren Sirojul Huda

Daftar nama pondok pesantren di Kota Megelang berikutnya adalah PP Sirojul Huda yang berada di Jl. Sumba Wates Tengah no 146 RT 07/ RW 02, Kec. Magelang Utara, Kota Magelang. Pesantren ini merupakan pesantren khusus santri laki-laki.

Para santri yang belajar ilmu agama islam di sini berasal dari berbagai background pendidikan mulai SMP, SMA, mahasiswa, hingga para pekerja. Pendiri dari PP Sirojul Huda adalah Almaghfirullah KH. M. Sirodj (Alm), dan kini ponpes ini diasuh oleh KH. Syahrowardi.

Pondok Pesantren Annur

Selanjutnya ada Pondok Pesantren Annur yang terletak di Jl. Sunan Giri 18, Kelurahan Jurangombo, Kecamatan Magelang Selatan, Kota Magelang, nomor telepon 0293-368252. Pondok pesantren salafiyah ini memiliki banyak santri yang datang dari berbagai daerah tidak hanya Magelang. Pendiri dari Pondok Pesantren Annur adalah Kyai Nawawi Turmudzi.

Pondok Pesantren Al Ichsan

Tipe pondok pesantren satu ini adalah kombinasi yang menggabungkan antara salafiyah dan modern. Pondok Pesantren Al Ichsan terletak di Jl. Sumbo No. 228 Wates Bening Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang, nomor telepon 0293-66748.

Jumlah santri di pesantren AL Ichsan sekitar 50an orang. Pondok Pesantren Al Ichsan didirikan oleh KH. Moch Ichsan, dan kini dipimpin oleh KH. M. Muchlas.

Pondok Pesantren Assagafiyah

Profil pondok pesantren di Magelang yang kelima adalah Pondok Pesantren Assagafiyyah yang didirikan dan diasuh oleh KH. Zainal Abidin Assegaf. Pondok pesantren salafiyah ini berada di Kebon Dalem, Potrobangsan, Kecamatan Magelang Utara, Kota Magelang, nomor telepon 0812-2538-111. Jumlah santri putra dan santri putri kurang lebih 50an orang.

Pondok Pesantren Al Iman

Terakhir ada Pondok Pesantren Al Iman yang didirikan pada tahun 1942 oleh Ustadz Yunus Alwan. Pada tahun pertama, kurikulum yang diterapkan di pesantren adalah kurikulum salafiyah, kemudian pada tahun kedua ditambah dengan sistem klasikal yang berlangsung selama 21 tahun.

Pesantren yang terletak di Jalan Talun Km 1 Patosan, Sedayu, Kecamatan Muntilan, Kabupaten Magelang ini kemudian terus mengembangkan dan menyempurnakan kurikulum yang ada di pesantren. Kini Pondok Pesantren Al Iman diasuh oleh Kiai Muhammad Zuhaery, MA.

Metode pembelajaran di pesantren dianggap salah satu yang terbaik untuk mendidik anak menjadi pribadi yang berakhlak dan berilmu. Apa Anda tertarik mendaftarkan putra atau putri Anda di salah satu daftar nama pondok pesantren di Kota Megelang?

Belum ada Komentar untuk "6+ Pondok Pesantren di Kota Megelang yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel