5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Purwakarta yang Bagus

Pesantren di Kabupaten Purwakarta

Kabupaten Purwakarta adalah kabupaten di propinsi Jawa Barat yang dekat dengan Jakarta. Jarak dari ibu kota hanya 80 km saja. Oleh sebab itu, pertumbuhan lembaga pendidikan di sini sangat pesat. Termasuk lembaga islam yang ada di daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Purwakarta.

Pesantren di Kabupaten Purwakarta


Pondok pesantren di Kabupaten Purwakarta adalah pencetak insan religius sekaligus berwawasan intelektual. Hal ini didukung dengan sistem ajar salaf-khalaf yang diberikan secara intensif dan disiplin oleh pengajar berpengalaman.

Daftar Nama Pondok Pesantren di Kabupaten Purwakarta


Pondok pesantren di Purwakarta memanja santri dengan berbagai fasilitas pembelajaran bermutu. Selain dibangun lapangan olahraga, klinik dan koperasi santri juga tersedia. Ini dia ponpes dengan kelebihan tersebut:

Pesantren Al Muthohar

Pesantren Al Muthohar adalah pondok klasik di Purwakarta. Sebab, lembaga pendidikan islam tradisional ini sudah ada sejak tahun 1912. Karena itu, pendiri pesantren sempat ikut menikmati masa-masa sulit akibat penjajahan Belanda dan Jepang.

Pesantren yang sampai sekarang masih berdiri ini memiliki lembaga pendidikan lengkap. Di antaranya sudah dibangun RA, SMP dan Aliyah. Sedangkan pendidikan non formalnya ada Madrasah Diniyah Takmiliyah dan kepesantrenan.

Pondok pesantren yang mengajarkan seni membaca Al Quran (Qiroah) dan tenis meja ini berada di Ciboga Hilir Plered Palinggihan Kabupaten Purwakarta.

Pondok Pesantren Alhikamussalafiyah

Pesantren Alhikamussalafiyah merupakan pondok tertua di Purwakarta. Kabarnya pesantren ini berdiri tahun 1840. Namun pada tahun 1957 sempat tutup karena semua santri menyelamatkan diri pasca pemberontakan DI/TII.

Kini pesantren salaf bersejarah ini masih eksis mendidik santri. Bahkan pihak pondok sudah mendirikan perguruan tinggi islam bernama UNINUS.

Selain universitas, lembaga yang diampu lainnya adalah RA, MTS dan Aliyah. Sedangkan pendidikan non formal ada Madrasah DIniyah dan pondok pesantren khusus anak-anak.

Di pesantren modern ini santri dididik kepemimpinan dan berorganisasi. Mereka juga diwajibkan menjadi anggota organisasi seperti osis, pramuka dan PMR. Pondok yang rutin mengadakan kajian kitab kuning dan diskusi ilmiah ini berada di Cipulus Nagrog Wanayasa Kab Purwakarta.

Pesantren Uswatun Hasanah

Sesuai dengan namanya pesantren Uswatun Hasanah adalah pencetak santri beradap, cerdas dan berakhlak baik. Maka dari itu, pondok yang berdiri 1988 ini layak dijadikan pilihan. Karena menganut sistem pendidikan tradisional-modern santri yang lulus akan mendapatkan dua ijazah. Yaitu ijazah pesantren dan ijazah sekolah formal.

Untuk pendidikan umum pengasuh masih menyediakan dua lembaga yaitu MTS dan MA. Sedangkan untuk lembaga pesantren ada Tahfidz, Madrasah Diniyah dan Tahassus Kitab Kuning.

Pondok yang memiliki perpustakaan digital lengkap dengan internet ini berada di Jalan Jenderal Ahmad Yani Cipaisan Purwakarta Jawa Barat.

Pesantren Nurul Ilmi

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Purwakarta ke lima adalah Pesantren Nurul Ilmi. Ini bisa dibilang pondok baru karena peresmiannya tahun 2013 lalu.

Keunikan pondok yaitu tidak banyak merekrut santri dan santriwati. Bahkan saat ini jumlah santri mukim hanya 70 orang. Sekalipun begitu, ini tidak menyurutkan pihak pondok untuk memberikan pendidikan bermutu.

Pendidikan formal di pesantren Nurul Ilmi hanya SMP Terpadu. Sedangkan yang lain diisi Madrasah Diniyah dan Majelis Taklim. Pondok yang sebagian besar santrinya calon kader IPNU/IPPNU ini berada di Jalan Pemuda II Desa Lebak Cihuni Pasawahan Purwakarta.

Pondok Pesantren As Syafe’iyah

Pesantren As Syafe’iyah adalah pesantren sederhana yang didirikan tahun 1996. Visi pondok adalah mencetak insan kamil berilmu dan berakhlakul karimah. Pondok Pesantren As Syafe’iyah masih mengusung sistem ajar salaf atau tradisional. Maka dari itu, kajian keislaman di sini lebih kental dibandingkan materi umum.

Pesantren yang rutin mengadakan sholawatan ini berada di Jl Cikeris RT 02/01 Kecamatan Bojong Kabupaten Purwakarta Jawa Barat.

Daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Purwakarta di atas bisa menjadi solusi bagi orang tua yang ingin memondokkan putra-putrinya. Dijamin, kualitasnya tidak kalah dengan pesantren di daerah yang lain.

Belum ada Komentar untuk "5+ Pondok Pesantren di Kabupaten Purwakarta yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel