4+ Pondok Pesantren di Kabupaten Wonosobo yang Bagus

Pesantren di Wonosobo

Wonosobo merupakan salah satu kabupaten yang berbatasan dengan Kabupaten Purworejo, Kebumen, Kendal, dan beberapa kabupaten lainnya. Luas wilayah kabupaten ini sendiri adalah 984,68 km2. Jumlah penduduknya per tahun 2014 lalu sekitar 900.653 jiwa.

Dengan jumlah penduduk yang demikian banyak, tidak heran jika Wonosobo memiliki pondok pesantren cukup banyak. Jumlahnya bahkan lebih dari angka 100 pondok pesantren.

Pondok Pesantren di Wonosobo


Pondok pesantren di Wonosobo seperti umumnya pondok pesantren di kabupaten lain. Ada pondok pesantren yang memiliki santri ratusan, ada juga pondok pesantren yang jumlah santrinya hanya puluhan. Usia pondok pesantren tersebut juga berbeda-beda.

Daftar Pondok Pesantren di Wonosobo


Dari sekian daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Wonosobo, beberapa di antaranya adalah:

Pesantren Al Mubaarok Manggisan Wonosobo

Tahun 1998 Pondok Pesantren Al Mubaarok ini berdiri. Saat itu, hanya ada 5 santri yang menimba ilmu di pesantren tersebut. Berbeda dengan sekarang. Jumlah santri di pondok pesantren ini sudah jauh lebih banyak.

Pondok pesantren yang menjadikan kitab kuning sebagai kajian utama ini berada di Dusun Manggisan, Desa Mudal, Kecamatan Mojotengah. Meski demikian, unit pendidikan formal tetap dapat ditemukan di pesantren ini. Sebab, pendidikan diniyah yang ada di pondok pesantren ini adalah pendidikan diniyyah formal, bukan non formal seperti kebanyakan madrasah diniyyah pondok pesantren.

Madrasah diniyyah Pondok Pesantren Al Mubaarok diakui setara dengan tingkat SMP serta SMA. Apalagi, pondok pesantren ini juga memiliki Ma’had Aly yang sejajar dengan perguruan tinggi.

Pondok Pesantren Al-Hikam Darussalikin Tempelsari

Letak pondok pesantren ini ada di Jalan Kertek Purworejo km 5 Tempelsari, Desa Maduretno, Kecamatan Kalikajar, kabupaten wonosobo. Pondok pesantren ini adalah satu di antara pondok pesantren yang diakui ijazahnya setara dengan SMP, juga SMA. Artinya, ijazah yang dikeluarkan oleh pondok pesantren ini bisa digunakan untuk mendaftar perguruan tinggi.

Hal ini sekaligus yang menjadi keunggulan Pondok Pesantren Al-Hikam Darussalikin. Dengan begitu, selain terus mengkaji kitab salaf atau kitab kuning, santri tetap bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Meski demikian, pondok pesantren ini tetap memiliki unit formal. Unit pendidikan formal tersebut adalah Madrasah Tsanawiyah dan Madrasah Aliyah.

Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an (PPTQ) Al-Asy’ariyyah

Alamat pondok pesantren ini adalah Jalan Kiai Haji Asy’ari nomor 9, Desa Kalibeber, Kecamatan Mojotengah. Pondok pesantren yang menjadi tempat santri menghafal Al-Qur’an ini merupakan pesantren tua. Tidak heran, jika pengasuh dan pendirinya dulu sempat bersinggungan dengan penjajah.

Jika Anda tahu Al-Qur’an akbar yang disimpan di TMII, Anda pasti tahu nama KH. Muntaha al hafidz. Beliau adalah pengasuh generasi ke empat pondok pesantren ini.

Kepemimpinan Pondok Pesantren Al-Asy’ariyyah terus dilanjutkan oleh generasi selanjutnya hingga sekarang. Lantas apakah hanya menghafal Al-Qur’an saja santri yang ada di pondok pesantren ini? Jawabannya, tidak. Sebab, di pondok pesantren ini, santri juga diajarkan ilmu tauhid serta ilmu fiqih.

Asrama Perguruan Islam Pondok Pesantren Jawar

Pondok pesantren ini terletak di daerah pemukiman yang padat. Diasuh oleh Kiai Muahmmad Nur Yasin, pondok pesantren yang berdiri pada tahun 1972 ini tetap menjaga khasanah keilmuan salafi. Karena itu, pondok pesantren ini tetap menjadikan Kitab Ihya’ Ulumiddin sebagai salah satu kitab kajian wajib bagi santri.

Pondok pesantren ini juga memiliki beberapa jenjang pendidikan yakni, ibtidaiyyah, Tsanawiyyah, aliyyah, dan Ihya’ Ulumiddin yang dikaji setelah aliyyah.

Jenjang yang pertama adalah jenjang untuk persiapan, ditempuh selama dua tahun. Pondok pesantren ini beralamat di Jalan Jawar RT 1 RW 1, Dusun Jawar, Desa Blederan, Kecamatan Mojotengah, Wonosobo.

Tidak semua pondok pesantren yang ada di Wonosobo memiliki akses informasi yang mudah. Maksudnya, rata-rata informasi pondok pesantren tersebut didapat dari mulut ke mulut. Sering, pilihan pondok pesantren yang dituju adalah hasil rekomendasi dari kerabat atau orang-orang dekat. Itu sebabnya, informasi tentang pondok pesantren di Wonosobo cukup sulit didapat.

Namun begitu, kiranya daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Wonosobo yang sudah disebutkan di atas cukup bisa menjadi bagian dari referensi Anda.

Belum ada Komentar untuk "4+ Pondok Pesantren di Kabupaten Wonosobo yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel