10 Pondok Pesantren di Kabupaten Aceh Jaya Yang Terbaik

Pesantren di Kabupaten Aceh Jaya

Kabupaten Aceh Jaya merupakan salah satu Kabupaten di Provinsi Aceh yang dibentuk tahun 2002, wilayah ini merupakan hasil dari pemekaran kabupaten Aceh Barat. Daerah di kabupaten Aceh Jaya termasuk daerah yang memiliki potensi baik di bidang pertanian. Sehingga banyak jenis tanaman yang dihasilkan mulai dari palawija, buah-buahan, sayuran, dan padi. 

Selain memiliki perkembangan yang baik dalam sektor ekonomi di bidang pertanian. Ternyata kabupaten Aceh Jaya termasuk kabupaten di Provinsi Aceh yang memperhatikan lembaga pendidikan untuk kemajuan generasi mudanya. Beberapa lembaga pendidikan formal maupun non formal berada di kabupaten tersebut. Salah satu lembaga pendidikan non formal yang selalu dikembangkan yaitu pondok pesantren. 

Pesantren di Aceh Jaya

Pesantren yang ada di Aceh, khususnya kabupaten Aceh Jaya yaitu ada sekitar 32 pesantren. Dari jumlah pesantren ada sekitar 3.859 santri yang aslinya dari Aceh itu sendiri, sedangkan sebanyak 959 berasal dari luar Aceh. 

Daftar Nama Pondok Pesantren di Aceh Jaya

Pesantren di Aceh Jaya ini tersebar ke beberapa tempat, yang mana masing-masing pesantren memiliki visi untuk mewujudkan generasi muda yang berilmu, berakhlak, dan beragama. Dibawah ini yang termasuk daftar pesantren di Aceh Jaya adalah :

1. Darul Nidham 

Pondok Pesantren Darul Nidham salah satu contoh pesantren di Kabupaten Aceh Jaya yang alamatnya berada di Gampong Tanoh Anoe.

2. Madinatul Ulum Diniyah Islamiyah

Pondok Pesantren yang berikutnya yaitu Madinatul Ulum Diniyah Islamiyah. Pesantren ini sudah berdiri sekitar 23 tahun yang lalu tepatnya pada tahun 1998. Alamat Pondok Pesantren Madinatul Ulum Diniyah Islamiyah yaitu ada di Gle Putoh. Jumlah santri yang ada di pesantren ini yaitu ada 90 santri, sedangkan jumlah ustadz ada 6 orang. 

3. Bustanul Aidarusiyah

Tahun berdirinya Pondok Pesantren Bustanul Aidarusiyah yaitu pada tahun 1911. Alamat Pondok Pesantren Bustanul Aidarusiyah ini sendiri yaitu ada di Desa Leupe. Jumlah santri di pesantren ini yaitu ada sekitar 151 santri, sedangkan ustadznya berjumlah 12 orang. 

4. Darul Mukhlishin

Ponpes selanjutnya yang ada di Aceh Jaya yaitu Pondok Pesantren Darul Mukhlishin. Tahun berdirinya pondok pesantren ini yaitu pada tahun 1950. Sedangkan alamat Pondok Pesantren Darul Mukhlishin yaitu berada di Jalan Geulumpang Payong. Santri yang ada di pesantren ini yaitu berjumlah 176 santri dengan 13 orang ustadz. 

5. Darul `Arifin

Pondok Pesantren Darul `Arifin merupakan pesantren di Aceh Jaya yang sudah ada sejak tahun 1900an, tepatnya yaitu pada tahun 1963. Alamat Pondok Pesantren Darul `Arifin ini berada di Jalan Banda Aceh Calang Km 71 Lamno Aceh Jaya. Sedangkan jumlah santri di pesantren ini yaitu ada 69 santri dengan 6 ustadz.  

6. Dayah Budi

Tahun berdirinya Pondok Pesantren Dayah Budi yaitu pada tahun 1964. Alamat lengkap Pondok Pesantren ini yaitu berada di Jalan Poe Teumeureuhom Desa Jangeut. Kemudian untuk jumlah santri yang terdapat di pesantren ini yaitu ada sekitar 904 santri dengan 149 orang ustadz. 

7. Babul Ulum

Selanjutnya yaitu ada Pondok Pesantren Babul Ulum. Pesantren yang satu ini sudah berdiri sekitar 30 tahun lamanya, tepatnya yaitu pada tahun 1991. Alamat  Pondok Pesantren Babul Ulum yaitu berada di Desa Tanoh Manyang. Sedangkan jumlah santrinya yaitu ada 309 santri dan dibimbing oleh 8 orang ustadz. 

8. Pesantren Guppi

Pondok Pesantren Pesantren Guppi juga termasuk salah satu pesantren di Aceh Jaya yang berdiri tahun 1900an, yaitu pada tahun 1982. Alamat lengkap Pondok Pesantren Pesantren Guppi ini berada di Jalan Banda Aceh Calang Km. 81,Desa Babah Krueng. Jumlah santri yang ada di pesantren guppy yaitu ada 118 santri dengan 9 orang ustadz. 

9. Khairatun Hisaan

Pondok Pesantren Khairatun Hisaan didirikan sejak tahun 1992. Pondok Pesantren Khairatun Hisaan ini alamatnya berada di Gampong Leupe. Jumlah santrinya yaitu ada 191 santri dan jumlah ustadz ada 14 orang. 

10. Nurul Huda Al-`Aziziyyah

Terakhir yaitu Pondok Pesantren Nurul Huda Al-`Aziziyyah. Tahun pembuatan pondok pesantren ini yaitu pada tahun 1994. Sedangkan alamat dari Pondok Pesantren Nurul Huda Al-`Aziziyyah yaitu ada di Desa Meutara. Pesantren ini mempunyai jumlah santri 185 orang dengan 12 ustadz.

Itulah tadi daftar nama-nama informasi tentang pondok pesantren yang ada di Kabupaten Aceh Jaya, Provinsi Aceh.

Belum ada Komentar untuk "10 Pondok Pesantren di Kabupaten Aceh Jaya Yang Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel