10 Pondok Pesantren di Kabupaten Nagan Raya yang Terkenal

 

Pesantren di Kabupaten Nagan Raya

Siapa sangka jika di masa yangs serba canggih dengan adanya berbagai teknologi ini justru membuat hati orangtua semakin khawatir dengan perkembangan dan pergaulan anak-anaknya. Oleh karena itu tidak sedikit orangtua yang berusaha untuk membentengi diri anak dengan iman agar memiliki pegangan hidup yang baik dan benar.

Salah satu cara yang dilakukan orangtua yaitu dengan memilihkan sekolah terbaik untuk anak-anaknya yang tidak hanya mengajarkan pengetahuan umum saja, tetapi juga pendidikan agama. Pondok pesantren menjadi lembaga pendidikan agama Islam yang saat ini menjadi pilihan tepat bagi orangtua, khususnya yang ada di Kabupaten Nagan Raya untuk menanamkan karakter baik pada anak agar memiliki pengetahuan, beragama dan berakhlak baik. 

Pesantren di Kabupaten Nagan Raya

Salah satu contoh pesantren yang terus berkembang yaitu pesantren di Provinsi Aceh yang letaknya ada di Kabupaten Nagan Raya.

Disisi lain Kota Aceh sendiri memang dikenal sebagai kota yang memiliki aturan agama dengan baik. Oleh karena itu pesantren yang ada di Aceh pun selalu dikembangkan setiap saat, dan salah satunya yaitu beberapa pesantren yang ada di Nagan Raya itu sendiri. 

Daftar Nama Pesantren di Nagan Raya

Pesantren di Nagan Raya terdiri dari beberapa tempat yang dijelaskan sebagai berikut ini :

1. Nurul Ikhwah

Pertama yaitu Pondok Pesantren Nurul Ikhwah. Pesantren ini memiliki alamat lengkap yaitu berada di Gampong Puwodadi Kecamatan Kuala Pesisir. Jumlah santri yang terdapat dipesantren ini yaitu ada 85 santri dengan 8 ustadz. 

2. Baitul Mukminin 

Pondok pesantren kedua yang ada di Kabupaten Nagan Raya adalah Pondok Pesantren Baitul Mukminin.

Tahun berdirinya pesantren Baitul Mukminin yaitu pada tahun 1979. Sedangkan alamat Pondok Pesantren ini yaitu berada di Jalan Balam III, Gampong Rantau Selamat Kecamatan Tadu Raya. Santri yang ada di pesantren Baitul Mukminin berjumlah 208 santri dan jumlah ustadznya ada 15 orang. 

3. Darul Hidayah

Alamat Pondok Pesantren Darul Hidayah yaitu ada di Jalan Simpan Makdan, Desa Karang Anyar, Kec. Darul Makmur, Kab. Nagan Raya. Sedangkan jumlah santri yang ada di ponpes ini yaitu ada 100 santri dengan 7 orang ustadz yang mengajar. 

4. Yayasan Raudhatul Ulum

Berikutnya yaitu ada Pondok Pesantren Yayasan Raudhatul Ulum. Pesantren ini baru didirikan sekitar 20 tahun yang lalu tepatnya pada tahun 2001. Alamat dari Pondok Pesantren Yayasan Raudhatul Ulum yaitu berada di Jalan Alue Bata-Kuala Tadu. Jumlah santrinya sendiri yaitu ada 92 santri dan pengajar atau ustadz ada sekitar 8 orang. 

5. Darul Ulum

Pondok Pesantren Darul Ulum dirikan pada tahun 2010. Ponpes ini beralamat di Blang Mesjid Kecamatan Beutong dengan jumlah santri sekitar 96 santri dan 8 orang ustadz.  

6. Nurun Nabati

Pondok Pesantren Nurun Nabati, dirikan pada tahun 2000an, tepatnya yaitu di tahun 2010. Sedangkan alamat dari Pondok Pesantren Nurun Nabati ini sendiri yaitu berada di Meunasah Dayah. Jumalh santri di ponpes ini yaitu ada 96 santri, sedangkan jumlah pengajar atau ustadznya ada 8 orang. 

7. Syarif Syahiliyah

Pondok Pesantren Syarif Syahiliyah termasuk salah satu contoh pesantren yang ada di Nagan Raya. Ponpes ini didirikan pada tahun 2009.

Alamat dari Pondok Pesantren Syarif Syahiliyah yaitu berada di Jalan Blang Baro Rambong, Gampong Meunasah Krueng, Kecamatan Beutong. Santri yang ada di pesantren ini yaitu ada 95 santri dengan 8 orang ustadz. 

8. Bustanul Jannah

Pondok Pesantren Bustanul Jannah merupakan pesantren di Nagan Raya yang berdiri sejak 11 tahun yang lalu, tepatnya di tahun 2010. Alamat Pondok Pesantren ini yaitu berada di Jalan Suak Tiyong No. 89, Gp. Lhok Pange Kec. Seunagan Timur dan memiliki jumlah santri sebanyak 189 santri. 

9. Darul Hikmah

Tahun berdirinya Pondok Pesantren Darul Hikmah yaitu pada tahun 2006. Sedangkan alamat dari Pondok Pesantren Darul Hikmah itu sendiri yaitu ada di Gampong Kabu Baroh Kecamatan Seunagan Timur. Pesantren ini juga memiliki santri yang jumlahnya sekitar 144 santri. 

10. Raudhatul Ulum

Pesantren di Nagan Raya yang terakhir yaitu Pondok Pesantren Raudhatul Ulum. Ponpes ini didirkan pada tahun 2001. Alamat dari Pondok Pesantren Raudhatul Ulum yaitu berada di Pasi Luah. Sedangkan jumlah santrinya ada 144 orang. 

Itulah tadi informasi yang bisa kami berikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Nagan Raya, Provinsi Aceh.

Belum ada Komentar untuk "10 Pondok Pesantren di Kabupaten Nagan Raya yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel