10 Pondok Pesantren di Kabupaten Simeulue yang Terkenal

 

Pesantren di Kabupaten Simeulue

Siapa yang tidak kenal dengan Provinsi Aceh? Kota yang disebut sebagai kelahiran kota beberapa pahlawan nasional seperti Cut Nyak Dien, Cut Nyak Mutia, Teungku Umar dan lain sebagainya. Provinsi Aceh ini terbagi dalam beberapa Kabupaten yang salah satunya ialah Kabupaten Simeulue. 

Kabupaten Simeulue ini merupakan daerah yang lokasinya berada di kurang lebih 150 km dari lepas pantai barat Aceh. Hampir seluruh penduduk yang ada di Kabupaten Simeulue adalah Islam. Sehingga tak jarang dari mereka sangat menekankan pendidikan agama yang baik untuk anak-anaknya. Oleh karena itu keberadaan pesantren yang ada di Aceh, khususnya Kabupaten Simuelue ini cukup banyak dan diminati banyak masyarakat.   

Pesantren di Simeulue

Kabupaten Simeulue merupakan salah satu kabupaten di Aceh yang menjadi daerah  fokus pendidikan dan pesantren. Hal ini dibuktikan dengan program-program yang diusulkan oleh kementerian agama Aceh agar dapat membangun pendidikan di Simeulue.

Selain itu program-program ini juga diwujudkan dengan pembangunan pesantren di daerah Simeulue yang semakin merebak luas.  

Daftar Pesantren di Kabupaten Simeulue

Beberapa daftar pesantren yang ada di Aceh, khususnya Kabupaten Simeulue yaitu diuraikan sebagai berikut ini :

1. Pondok Pesantren Nurul Iman Mutiara 

Pondok Pesantren Pondok Pesantren Nurul Iman Mutiara merupakan salah satu pesantren di Kabupaten Simeulue yang berdiri sekitar tahun 2012. Pondok Pesantren ini lokasinya berada di Desa Sigulai Kecamatan Simeulue Barat.

2. Syekh Banurullah

Kedua yaitu Pondok Pesantren Syekh Banurullah. Ponpes yang satu ini juga berdiri tahun 2000an tepatnya pada tahun 2005. Pondok Pesantren Syekh Banurullah alamatnya berada di Desa Nancala.

3. Darul Aitami 

Beridiri pada tahun 2003, Pondok Pesantren Darul Aitami ini lokasinya berada di Jalan Sinabang - Luang Balu Km. 06. Simeulue 23891.

4. Tgk.Syekh Khalilullah

Berikutnya yang termasuk ponpes di Kabupaten Simeulue adalah Pondok Pesantren Tgk.Syekh Khalilullah. Pesantren ini baru berdiri sekitar 8 tahun yang lalu yaitu pada tahun 2012. Pondok Pesantren Tgk.Syekh Khalilullah alamatnya berada di Desa Kuta Baru Jalan. Latitik.

5. Ma`Had Darul Qur`An

Sama dengan pesantren Tgk. Syekh Khalilullah, maka Pondok Pesantren Ma`Had Darul Qur`An ini juga didirikan pada tahun 2012. Alamat Pondok Pesantren Ma`Had Darul Qur`An yaitu ada di Jalan Tgk Diujung Km. 2.

6. Nurul Maghfirah

Tahun berdirinya Pondok Pesantren Nurul Maghfirah yaitu pada tahun 2003. Pondok Pesantren ini beralamat di Desa Labuhan Jaya, Kecamatan Teupah Selatan, Kabupaten Simeulue.

7. Babul Huda Udep Saree

Pondok Pesantren Babul Huda Udep Saree ini lokasinya berada di Jalan Ibnu Abban. Sedangkan tahun berdirinya sendiri diketahui sejak tahun 2013. 

8. Ma`had Ashabil Qur`an

Berikutnya yaitu Pondok Pesantren Ma`had Ashabil Qur`an. Ponpes ini dikenal masih cukup muda tahun berdirinya yaitu pada tahun 2014. Sedangkan alamat dari Pondok Pesantren Ma`had Ashabil Qur`an yaitu berada di Jalan Labbay Madjid.

9. Madinatul Waliya

Pondok Pesantren Madinatul Waliya didirikan pada tahun 2015. Alamat Pondok Pesantren ini yaitu ada di Jalan Muhammad Amin Desa Ana'ao 23695.

10. Al-Fatah

Pondok pesantren terakhir yang ada di Kabupaten Simeulue yaitu Pondok Pesantren Al-Fatah. Pesantren ini berdiri sejak tahun 2015 dan alamatnya berada di Jalan Ibnu Aban. Pada tahun 2020 data santri yang ada di pesantren Al Fatah yaitu ada sekitar 133 santri, sedangkan pengajar atau ustadznya ada 8 orang. 

Itulah tadi daftar informasi yang bisa diberikan tentang nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Simeulue, Provinsi Aceh.

Belum ada Komentar untuk "10 Pondok Pesantren di Kabupaten Simeulue yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel