10 Pondok Pesantren Terbaik di Kota Banda Aceh

Pesantren di Kota Banda Aceh

Kota Banda Aceh merupakan salah satu kota yang ada di Provinsi Aceh. Kota ini disebut sebagai kota Islam yang paling tua di Asia Tenggara. Pada kota ini pula berbagai kegiatan ekonomi, politik, sosial dan budaya dilaksanakan. 

Selain itu Kota Banda Aceh ini terdiri dari dari beberapa kecamatan yang jumlahnya ada 9 kecamatan dengan 90 desa atau gampong. Dari berbagai kecamatan dan desa yang ada di Kota Banda Aceh ini terdapat beberapa pondok pesantren yang digunakan sebagai lembaga pendidikan islam bagi generasi muda. 

Pesantren di Banda Aceh

Pondok pesantren Aceh, khususnya di Kota Banda Aceh berjumlah sekitar 26 pesantren. Masing-masing pesantren tersebut melaksanakan kurikulum pendidikan secara terpadu yaitu mengkombinasikan pendidikan umum dengan pendidikan islam. Contoh pondok pesantren yang ada di Kota Banda Aceh diuraikan lebih lanjut dibawah ini. 

Daftar Pondok Pesantren di Kota Banda Aceh

Berikut dibawah ini yang merupakan pondok pesantren Sumatra, khususnya di Kota Banda Aceh adalah;

1. Babun Najah

Pondok Pesantren Babun Najah merupakan salah satu contoh pesantren di Banda Aceh yang alamatnya berada di Jalan Kebun Raja Desa Doy. Pesantren ini memiliki jumlah santri yang cukup banyak hingga mencapai 1000 santri, tepatnya yaitu 936 santri.

Sedangkan jumlah ustadz yang mengajar ada 42 orang. Perlu anda ketahui bahwa pesantren babun najah ini merupakan ponpes terpadu yang menerapkan sistem pendidikan umum dengan pendidikan agama. Kemudian pesantren babun najah juga sudah berdiri sejak 27 tahun yang lalu, tepatnya pada tanggal 28 April 1994.

Para perlopor atau yang memprakarsai ponpok ini yaitu ada 3 tokoh yang bernama H.Rusli Bintang seorang pengusaha di Aceh, Drs.Tgk.H.Muhammad Ismy, LC yang merupakan ulama Aceh dan tokoh masyarakat yaitu Drs.H.M.Saleh. 

2. Ulumul Qur`an Pagar Air

Pondok Pesantren Ulumul Qur`an Pagar Air didirikan sejak tahun 1989 dan lokasinya berada di Jalan Rel Ka Lama Desa Pagar Air. Jumlah santri yang ada di pondok pesantren ini yaitu ada sekitar 507 santri dengan 25 orang ustadz.

Sedangkan yang menjadi visi dan misi dalam ponpes Ulumul Qur’an Pagar Air yaitu mewujudkan terbentuknya para hafizh dan hafizhah yang unggul, berprestasi dan berpengetahuan luas, untuk mengembalikan kejayaan islam di aceh. 

3. Dayah Terpadu Inshafuddin

Ketiga yaitu ada Pondok Pesantren Dayah Terpadu Inshafuddin. Ponpes ini alamatnya berada di Jalan Taman Sri Ratu Safiatuddin No. 10. Santri yang ada di ponpes ini berjumlah 556 santri dan jumlah ustadznya yaitu ada sekitar 27 orang.

Dayah  Terpadu  Inshafuddin  memiliki luas  lahan  seluas  6825  M2. Sedangkan fasilitas yang ada di ponpes ini meliputi asrama, ruang belajar, lab kimia, raung makan, mes guru, lab bahasa, kamar mandi dan lain sebagainya. 

4. Darul Ulum

Pondok Pesantren Darul Ulum termasuk contoh pesantren berikutnya di Banda Aceh yang alamat lengkapnya berada di Jalan Syiah Kuala No. 5 Kec. Kuta Alam Banda Aceh. Pesantren ini didirikan pada tanggal 1 Juni 1990. Sedangkan jumlah santri di Darul Ulum yaitu ada 933 santri dengan 23 ustadz. 

5. Markaz Al-Ishlah Al-Aziziyah

Pondok Pesantren Markaz Al-Ishlah Al-Aziziyah beralamat di Jalan Tgk.Mohd Hasan No: 38 Lueng Bata Kota Banda Aceh.

6. Madinatul Fata

Pondok Pesantren Madinatul Fata ini letaknya berada di Jalan. Mesjid Al - Qurban No. 5 Banda Aceh. Santri yang ada di pesantren ini berjumlah 184 santri. 

7. Mabdaul `Ulum Al-Aziziyah

Pondok Pesantren Mabdaul `Ulum Al – Aziziyah beralamat di Jalan Dayah. Santri di ponpes ini jumlahnya ada 140 orang dengan 8 ustadz yang mengajar. 

8. Babul Jannah

Pondok Pesantren Babul Jannah, beralamat di Jalan Tgk Yusuf Dusun Pande Meuh Desa Ceurih. Santri di Babul Janna berjumlah 201 orang, sedangkan ustadz yang mengajar ada 12 orang. 

9. Darul Mu`alimin 

Pondok Pesantren Darul Mu`alimin alamatnya ada di Jalan H. Adam. Ponpes ini memiliki santri yang jumlahnya 201 orang. 

10. Ishlahiyah

Terakhir ialah Pondok Pesantren Ishlahiyah. Pesantren ini berada di Jalan T. Iskandar Km 2 No. 48 Lambhuk dan jumlah santrinya ada 99 orang.

Itulah tadi daftar nama-nama pondok pesantren di Kota Banda Aceh yang bisa kami informasikan kepada pembaca sekalian. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "10 Pondok Pesantren Terbaik di Kota Banda Aceh"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel