10 Pondok Pesantren Terbaik di Kabupaten Batang Hari

 

Pesantren di Kabupaten Batang Hari

Kabupaten Batang Hari beribu kota di Muara Bulian. Kabupaten Batang Hari ini ternyata juga dikenal sebagai daerah yang tingkat pertumbuhan penduduknya tinggi. sehingga tidak heran apabila di wilayah ini banyak sekali jumlah penduduknya. 

Banyaknya jumlah penduduk tersebut, membuat pemerintah harus memperhatikan kualitas sumber daya manusianya. Agar dengan SDM yang baik, maka manusia bisa memberikan kontribusi yang baik pula untuk pembangunan. Salah satu cara yang dilakukan pemerintah untuk meningkatkan kualitas SDM ialah dengan memberikan pendidikan terbaik bagi masyarakatnya. Pendidikan tersebut berupa sekolah umum maupun pondok pesantren yang bisa memberikan bekal pengetahuan maupun agama untuk setiap generasi muda. 

Pesantren di Kabupaten Batang Hari

Pondok pesantren di kabupaten Batang Hari tersebar ke beberapa kecamatan diantaranya seperti kecamatan mersam, maro sebo ulu, maro sebo ilir, pemayung, dan lain-lain. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Batang Hari

Daftar nama pondok pesantren di kabupaten Batang Hari antara lain adalah sebagai berikut ini :

1. Zulhijjah

Pondok Pesantren Zulhijjah berdiri pada tahun 1995. Pondok Pesantren Zulhijjah beralamat di Jalan Gajah Mada (Simpang Koni) Rt 17 Rw 01. Jumlah santri yang ada di ponpes ini yaitu ada sekitar 685 santri dengan 28 pengajar yang ada disana.

Program pendidikan di pesantren ini terbagi menjadi 3 jenis yaitu madrasah tsanawiyah pondok pesantren zulhijjah, madrasah aliyah pondok pesantren zulhijjah, dan sekolah menengah awal pondok pesantren zulhijjah.

Visi yang diemban dalam pesantren zulhijjah ialah untuk mewujudkan lulusan yang berkualitas, berbudi pekerti luhur, berprestasi di bidang agama, dan mempraktekkan nilai ajaran islam dalam kehidupan sehari-hari.

Ponpes Zulhijah juga memiliki kegiatan wajib yang harus dilakukan para santri yaitu seperti belajar ceramah, membaca yasin setiap malam jumat, belajar tablik, belajar membaca alquran, tilawah, tahfidz, dan belajar menulis kaligrafi. 

2. PP. Darussalam

Pondok Pesantren PP. Darussalam beralamat di Desa Sengkati Baru. Santri di ponpes PP Darussalam jumlahnya yaitu ada sebanyak 175 santri dengan 12 ustadz yang mengajar. 

3. As-Sulthon

Pondok Pesantren As-Sulthon didirikan pada tahun 2014 dan beralamat di Jl. Lintas Jambi- Muara Bungo Kel. Kembang Paseban Kec. Mersam. Pesantren As-Sulthon memiliki santri dengan jumlah sebanyak 200 santri dengan 16 guru yang mengajar di pesantren.

Pesantren ini menerapkan program pembelajaran secara modern, akan tetapi penanaman akhlak kepada santri tetap menjadi prioritas yang utama. 

4. Masdarul Hikam

Pondok Pesantren Masdarul Hikam berdiri sejak tahun 2000. Ponpes ini alamatnya berada di Desa Sungai Pulai. Santri di pondok pesantren Masdarul Hikam berjumlah sekitar 112 santri dengan 8 ustadz yang membimbing.

Visi dari pesantren Masdarul Hikam adalah mewujudkan generasi muda yang berkulitas, mengedepankan akhlak yang mulia serta memiliki ketrampilan hidup. Sedangkan beberapa fasilitas yang ada dipondok antara lain seperti asrama, MCK, mushola, ruang belajar, ruang guru, aula dan lain sebagainya. 

5. Nurul Jadid

Pondok Pesantren Nurul Jadid beralamat di Desa Rambutan Masam dan mempunyai santri yang jumlahnya mencapai 90 orang. Sedangkan jumlah guru yang mengajar ada sebanyak 8 orang. 

6. Nurul Ihsan 

Pondok Pesantren Nurul Ihsan beralamat di Jl.Sarolangun Km.07 Rt.01. pesantren ini mempunyai santri yang berjumlah kira-kira 148 santri dengan 11 ustadz yang membimbing. 

7. Madinah

Pondok Pesantren Madinah beralamat di Jalan Sarolangun,Rt 05 Rw 01. Santri di ponpes Madinah berjumlah 44 orang dengan 6 guru atau ustadz yang mengajar. 

8. PP. Qur'an Para Sahabat

Pondok Pesantren PP. Qur'an Para Sahabat beralamat di Desa Pelayangan. Jumlah santri di ponpes ini yaitu ada sebanyak 99 santri, sedangkan jumlah ustadz yang mengajar ada sekitar 9 orang. 

9. Al Falah

Pondok Pesantren Al Falah beralamat di Jalan Rambutan Manis Rt 03 Desa Malapari. Pesantren Al Falah memiliki santri yang jumlahnya 81 orang dengan 6 pengajar. 

10. Al Muhajirin

Pondok Pesantren Al Muhajirin beralamat di Jalan Lintas Jambi-Muara Bungo. Sedangkan santri yang menuntut ilmu di pesantren ini berjumlah 84 santri dengan 7 ustadz yang mengajar.

Itulah tadi informasi yang bisa kami bagikan pada semua kalangan terkait dengan nama-nama pondok pesantren di Kabupaten Batang Hari.

Belum ada Komentar untuk "10 Pondok Pesantren Terbaik di Kabupaten Batang Hari"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel