Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6+ Pondok Pesantren Terbaik di Kabupaten Belitung

 

Pondok Pesantren di Kabupaten Belitung

Salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Bangka Belitung dengan luas wilayah mencapai 2.293,69 Km² adalah kabupaten Belitung. Kabupaten ini beribukota di Kota Tanjung Pandan. 

Daerah di kabupaten Belitung ini terdiri dari 98 pulau besar maupun kecil. Selain itu wisata alam yang ada di kabupaten Belitung juga begitu indah dan menarik seperti pantai Tanjung Kelayang, pantai Lengkuas, pantai Tanjung Tinggi dan lain sebagainya. 

Pesantren di Kabupaten Belitung

Pondok pesantren di kabupaten Belitung berjumlah 6 pesantren. Berdasarkan banyaknya pesantren tersebut, maka diketahui jumlah santri yang terdapat di kabupaten Belitung secara keseluruhan yaitu ada 363 santri. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Belitung

Daftar nama Pondok Pesantren di Sumatra, Khususnya Kabupaten Belitung yaitu sebagai berikut ini;

1. Fathurrahman

Daftar nama pondok pesantren pertama di kabupaten Belitung adalah Pondok Pesantren Fathurrahman. Alamat pondok pesantren Fathurrahman yaitu berada di Jalan Munir No. 34.

2. Daarul Arofah

Pondok Pesantren Daarul Arofah beralamat di Jalan Tanjung Tinggi Desa Keciput. Pesantren Daarul Arofah merupakan pesantren yang menerapakan sistem tradisional dan modern karena melaksanakan sistem sekolah atau madrasah dan sistem pesantren (asrama).

Walaupun pesantren ini semakin berkembang dengan lebih modern namun tetap mempertahankan ajaran-ajaran seperti kitab kuning, dan tradisi-tradisi Salaf.

3. Baitussalam

Urutan ketiga ponpes di kabupaten Belitung yaitu Pondok Pesantren Baitussalam. Pesantren ini lokasinya berada di Jalan Kesehatan.

4. At Taqwa 

Selanjutnya yaitu ada Pondok Pesantren At Taqwa. Pesantren At Taqwa alamatnya berada di Jalan Air Ketekok Gang Pinang No. 25.

5. Achmad Dahlan

Berikutnya yaitu Pondok Pesantren Achmad Dahlan. Lokasi ponpes Achmad Dahlan berada di Jalan K.H Achmad Dahlan Km. 4,5.

6. Madinah El Wihdah

Terakhir adalah Pondok Pesantren Madinah El Wihdah yang beralamat di Jl. Air Saga Rt. 14/17 Ds. Air Saga. Jumlah santri yang menimba ilmu di pondok pesantren Madinah El Wihdah yaitu ada sekitar 43 orang. Sedangkan jumlah guru yang mengajar ada sebanyak 6 orang.

Nah, itulah saja daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Belitung, Provinsi Bangka Belitung. Semoga saja memberikan wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkannya.

Posting Komentar untuk "6+ Pondok Pesantren Terbaik di Kabupaten Belitung"