10+ Pondok Pesantren di Kabupaten Bungo Yang Terbaik

 

Pesantren di Kabupaten Bungo

Perlu anda ketahui bahwa kabupaten Bungo merupakan kabupaten yang ada di Jambi dan merupakan hasil pemekaran dari kabupaten Bungo Tebo. Ibu kota kabupaten Bungo adalah Muara Bungo. 

Selain itu di daerah ini sebagian besar warganya menganut agama islam yaitu dengan presentase 98,6%, sedangkan yang lainnya beragama Kristen protestan, katolik, hindu, dan budha. Banyaknya warga yang beragama islam, maka tidak heran apabila kabupaten Bungo ini juga memiliki banyak pondok pesantren yang didirikan dari belasan bahkan puluhan tahun yang lalu. 

Pesantren di Kabupaten Bungo

Pondok pesantren di kabupaten Bungo jumlahnya yaitu ada 28 pesantren. Jumlah santri yang berasal dari daerah asal kurang lebih yaitu 4.305 santri, sedangkan sebanyak 328 berasal dari luar pemukiman atau luar daerah. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Bungo

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar nama pondo pesantren di kabupaten Bungo adalah :

1. PPs. Nurul Khoiriah

Pondok Pesantren PPs. Nurul Khoiriah beralamat di Ds. Lubuk Benteng Kec. Bathin III. Santri di ponpes ini berjumlah 42 santri dengan 13 ustadz yang mengajar. 

2. Pondok Pesantren Al-Ihsan

Pondok Pesantren Al-Ihsan beralamat di Lan Ilir Dusun Baru Pusat Jalo Muko-Muko Batin VII. Pesantren ini mempunyai jumlah santri sekitar 57 santri dengan 6 guru yang mengajar. 

3. Nurul Musthofa

Pondok Pesantren Nurul Musthofa beralamat di Desa Candi Tanah Sepenggal. Santri yang menempuh pendidikan di ponpes Nurul Musthofa yaitu ada 289 santri dengan 13 ustadz yang membimbing. 

4. Pondok Pesantren Diniyyah Muara Bungo

Pondok Pesantren Diniyyah Muara Bungo beralamat di Kecamatan Rimbo Tengah, Kabupaten Bungo. Santri di ponpes ini jumlahnya ada sekitar 50 orang. Sedangkan jumlah ustadz yang mengajar ada 6 orang. 

5. Pondok Modern Nurul Islam 

Pondok Pesantren Modern Nurul Islam didirikan pada tanggal 22 Juni 2007  dan alamatnya berada di Kecamatan Rimbo Tengah, Kabupaten Bungo. Pesantren ini memiliki santri yang jumlahnya ada sekitar 72 orang, sedangkan ustadz yang mengajar ada 7 orang. 

6. Pondok Pesantren Miftahul Huda

Pondok Pesantren Miftahul Huda beralamat di Desa Purwosari, Kec. Pelepat Ilir. Pesantren Miftahul Huda mempunyai santri dengan jumlah 24 santri dengan 6 pengajar. 

7. Nurul Yakin

Pondok Pesantren Nurul Yakin beralamat di Kampung Ilir, Dusun Senamat Ulu. Santri yang belajar di ponpes Nurul Yakin jumlahnya ada sekitar 88 santri dengan 8 pengajar. 

8. Pondok Pesantren Al-Muballighin

Pondok Pesantren Al-Muballighin didirikan pada tanggal 5 Mei 2005 dan beralamat di Jl. Merangin, No. 36. Sedangkan jumlah santri yang belajar di ponpes ini yaitu ada 138 santri dan 10 ustadz yang membimbing.

Visi pesantren ini yaitu berani, ikhlas, dan sabar. Sedangkan misi-misi yang dilakukan ialah menciptakan siswa maupun siswi agar paham Al-Qur’an dan hadits, menciptakan siswa maupun siswi yang bermoral dan berakhlak mulia, berwawasan agama dan mampu mengimbangi pendidikan umum maupun pendidikan agama dengan baik.

Beberapa kejuaraan yang pernah diraih ialah juara pada acara mtq ke-II tingkat kecamatan pasar muara bungo tahun 2016, juara pada acara mtq ke-III tingkat kecamatan pasar muara bungo tahun 2017, juara pada acara mtq ke-IV tingkat kecamatan pasar muara bungo tahun 2018, juara pada acara mtq ke-IV tingkat kecamatan pasar muara bungo tahun 2019, juara pada acara kemah akbar madrasah tahun 2018 dan lain-lain

9. Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah 

Pondok Pesantren Tarbiyah Islamiyah beralamat di Desa Tanjung Agung, Kec. Muko-Muko Bathin VII. Pesantren ini memiliki jumlah santri sekitar 74 santri dengan 7 ustadz yang mengajar. selain itu ponpes Tarbiyah Islamiyah ini dianggap sebagai salah satu ponpes tertua yang ada di kabupaten Bungo.

Bahkan di pesantren ini juga memiliki program kemasyarakatan yang sangat baik yaitu bernama khitmatul ummah atau pengabdian terhadap masyarakat. 

10. Qiroatul Qur`An

Pondok Pesantren Qiroatul Qur`An beralamat di Jl. Lorong Masjid At-Taqwa Rt. 04 Rw. 03 Sungai Binjai. Santri di ponpes ini jumlahnya ada sekitar 369 santri dengan 21 pengajar.

Itulah tadi informasi yang bisa kami bagikan terkait dengan daftar nama-nama pondok pesantren di yang ada di Kabupaten Bungo, Provinsi Jambi.

Belum ada Komentar untuk "10+ Pondok Pesantren di Kabupaten Bungo Yang Terbaik"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel