Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Dompu

 

Pondok Pesantren di Kabupaten Dompu

Kabupaten Dompu merupakan kabupaten di provinsi Nusa Tenggara Barat yang letaknya ada ditenga Pulau Sumbawa. Wilayah di kabupaten Dompu ini dikenal sebagai daerah penghasil madu dan susu kuda liar. 

Selain itu kabupaten Dompu memiliki luas wilayah sebesar 2.321,55 km². Kabupaten ini juga terdiri dari 8 kecamatan, 72 desa, dan 9 kelurahan. Beberapa nama kecamatannya antara lain ialah kecamatan Kempo, kecamatan Woja, Kecamatan Pajo, dan lain-lain. 

Pesantren di Dompu

Kabupaten Dompu memiliki bangunan lembaga pendidikan agama islam yang disebut pondok pesantren sebanyak 48 bangunan. Berdasarkan banyaknya jumlah ponpes di kabupaten Dompu ini, diketahui bahwa jumlah santri secara keseluruhan yaitu mencapai 8.790 orang yang berasal dari 5.146 santri mukim dan 3.644 santri tidak mukim. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Dompu

Berikut dibawah ini beberapa daftar nama pondok pesantren di kabupaten Dompu adalah : 

1. Al-Kautsar Mubarok

Pondok Pesantren Al-Kautsar Mubarok beralamat di Jln Lintas Lakey Desa Ranggo Kec.Pajo Kab.Dompu. Jumlah santri yang belajar di ponpes Al – Kautsar Mubarok yaitu ada sekitar 58 orang dengan 6 ustadz yang mengajar. 

2. An-Nur 

Pondok Pesantren An-Nur beralamat di Jl.Lintas Malaju Desa Malaju Kecamatan Kilo. Sedangkan jumlah santri yang menimba ilmu di ponpes ini yaitu berjumlah 213 orang dan ada sekitar 14 tenaga pendidik di ponpes tersebut. 

3. Al Ikhlas Dorobata 

Pondok Pesantren Al Ikhlas Dorobata beralamat di Lingkungan Kandai Satu Kelurahan Kandai Satu. Pesantren Al Ikhlas Dorobata memiliki 65 santri dan 7 ustadz yang mengajar. 

4. Al Ittihad I

Pondok Pesantren Al Ittihad I berdiri pada tahun 1994. Pondok Pesantren Al Ittihad I beralamat di Desa Kampasi Meci. Selain itu jumlah santri yang belajar di ponpes ini yaitu ada sebanyak 388 santri dengan 21 ustadz pembimbing. 

5. Al-Yaminy

Pondok Pesantren Al-Yaminy beralamat di Jln. Sultan Mt. Sirajuddin No. 36 Kel. Simpasai - 84216. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di ponpes Al – Yaminy jumlahnya yaitu ada sekitar 359 santri. Sedangkan jumlah guru yang mengajar ada sebanyak 19 orang. 

6. Yasmin Dorebara 

Pondok Pesantren Yasmin Dorebara berdiri pada tahun 2009. Pondok Pesantren Yasmin Dorebara beralamat di Jalan Lintas Mbawi Km 05 Desa Dorebara. Pesantren ini diketahui sudah mempunyai 202 santri dan 14 ustadz yang membimbing. 

7. Hidayatut Thoalibin 

Pondok Pesantren Hidayatut Thoalibin beralamat di Jalan Lintas Calabai Desa Soritatanga. Perlu diketahui bahwa nama ponpes Hidayatut Thoalibin ini merupakan nama yang jarang diketahui masyarakat secara luas.

Sedangkan nama yang lebih familiar ditelinga masyarakat adalah Pondok Tengah, Pondok Kamulan atau Pondok Durenan. Selain itu pesantren ini juga mengadakan beberapa kegiata ekstrakurikuler yang dapat mengembangkan skill santri seperti basket, voli, pramuka, komputer, jurnalistik dan lain sebagainya. 

8. Ash-Siddik

Pondok Pesantren Ash-Siddik beralamat di Jalan Lintas Pantai Ria Desa Mumbu Kecamatan Woja Kabupaten Dompu. Santri di ponpes Ash-Siddik jumlahnya ada sekitar 108 orang dengan 8 guru yang mengajar. 

9. Al-Inayah

Pondok Pesantren Al Inayah beralamat di Jalan Pendidikan No. 45 - 46 Desa Doromelo. Sedangkan jumlah santrinya sendiri, pesantren ini mempunyai 231 santri dan 14 tenaga pendidik. 

10. Nasrul Ulum

Pondok Pesantren Nasrul Ulum beralamat di Dusun Karang Punik Desa.Kampasi Meci. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di pesantren Nasrul Ulum berjumlah 78 orang dengan 7 ustadz yang mengajar.

Itulah saja daftar nama-nama pondok pesantren yang berada di wilayah Kabupaten Dompu, Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Dompu"