10 Pondok Pesantren di Kabupaten Rokan Hulu yang Bagus

 

Pesantren di Kabupaten Rokan Hulu

Provinsi Riau terdiri dari beberapa kabupaten yang salah satunya ialah kabupaten Rokan Hulu. Kabupaten yang satu ini juga memiliki sebutan istimewa yang lainnya yaitu Negeri Seribu Suluk. 

Pada kehidupan sehari-harinya, masyarakat di kabupaten Rokan Hulu ini memakai adat istiadat dan bahasa Minangkabau. Selain itu daerah ini juga mempunyai wisata yang sangat banyak, antara lain seperti air terjun rokan timur, hutan kota, bukit pak yusri, air panas pawan, rumah batu serombau dan lain-lain. 

Pesantren di Kabupaten Rokan Hulu

Kabupaten Rokan Hulu, selain mempunyai banyak tempat wisata juga memiliki beberapa pondok pesantren yang digunakan sebagai sarana belajar bagi para santri untuk memperoleh pendidikan agama secara lebih mendalam.

Jumlah pesantren di kabupaten ini yaitu ada sebanyak 21 pesantren dengan jumlah santri 3.557 yang asalnya dari pemukim asli sedangkan sekitar 819 berasal dari luar pemukim. 

Daftar Pondok Pesantren Di Kabupaten Rokan Hulu

Berikut dibawah ini beberapa contoh daftar psantren di kabupaten Rokan Hulu ialah :

1. An-Nabawiyah

Pondok Pesantren An-Nabawiyah beralamat di Jalan Raya Rokan-Ujungbatu KM 4 Pasir Rambah. Pesantren ini mempunyai santri yang jumlahnya mencapai 214 santri. Sedangkan jumlah pengajarnya ada sekitar 14 ustadz. 

2. Riyadhul Ulum

Pondok Pesantren Riyadhul Ulum beralamat di Jl. Setia Budi Ujung Desa Ujungbatu Timur. Santri yang ada di pesantren Riyadhul Ulum jumlahnya yaitu 122 santri dengan 9 ustadz yang mengajar. 

3. Darul Qur`an Darussalam

Pondok Pesantren Darul Qur`an Darussalam beralamat di Jl. Bukit Intan Makmur. Selain itu ponpes Darul Quran Darussalam juga telah memiliki santri sebanyak 44 santri dengan 6 orang pengajar. 

4. Darussalam 

Pondok Pesantren Darussalam berdiri pada tanggal 9 Juli 1956 dan beralamat di Jl. Rantau Berangin Desa Kabun. Santri di pondok pesantren ini jumlahnya mencapai 372 santri dan jumlah ustadz yang mengajar ada sebanyak 21 ustadz.

Sedangkan beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang ada di ponpes Darussalam yaitu meliputi kajian kitab kuning, tahfidz quran, beladiri, paskibra, PMR, olahraga, barjanzi, qosidah, marawis dan lain sebagainya.  

5. As Shohwah Islamiyah

Pondok Pesantren As Shohwah Islamiyah beralamat di Jl. Jenderal Sudirman Desa Ujung Batu Timur. Pesantren As Shohwah Islamiyah mempunyai santri yang berjumlah 87 orang. Sedangkan jumlah guru atau ustadz yang mengajar yaitu 7 orang. 

6. Khalid Bin Walid

Pondok Pesantren Khalid Bin Walid beralamat di Jl. Tuanku Tambusai Pasir Pengaraian. Pesantren ini mempunyai jumlah santri sekitar 641 santri dan jumlah pengajarnya ada 32 ustadz. Visi pesantren Khalid Bin Walid yaitu untuk mencetak generasi muslim berilmu dan bertaqwa.

Sedangkan misi yang dijalankan ialah melakukan pembelajaran dengan berlandaskan agama islam, melakukan kegiataan keagamaan secara optimal, meningkatkan prestasi akademik dan lain-lain.

Kurikulum yang digunakan dalam pesantren ini yaitu menggunakan perpaduan kurikulum antara kementerian pendidikan, kementerian agama, dan kurikulum dari pesantren Khalid Bin Walid itu sendiri. 

7. Bahrul Ulum

Pondok Pesantren Bahrul Ulum beralamat di Jl. Utama Desa Pasir Utama. Santri yang terdapat di pesantren Bahrul Ulum jumlahnya yaitu 215 santri dengan 14 ustadz yang mengajar. 

8. Hidayatul Mubtadiin

Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin beralamat di Jl. Desa Muara Intan. Pesantren ini mempunyai jumlah santri yaitu sekitar 81 santri dengan 7 orang ustadz yang mengajar. 

9. Rhaudatussalam Rambah 

Pondok Pesantren Rhaudatussalam Rambah beralamat di Jl. Raya Pasir Pengaraian-Ujung Batu Desa Sukamaju. Santri di pesantren Rhaudatussalam Rambah jumlahnya yaitu ada 321 santri. Sedangkan jumlah pengajarnya mencapai 18 ustadz.

Mengenai kurikulum yang digunakan dalam pesantren ini, pada umumnya kurikulumnya mengadopsi dari kurikulum pondok pesantren Modern Darussalam Gontor. Selain itu di pesantren Rhaudatussalam Rambah ini juga menerapkan program wajib hafalan quran. Kegiatan ekstrakurikuler di pesantren ini antara lain seperti kaligrafi, pramuka, dan pidato. 

10. Darul Ulum

Pondok Pesantren Darul Ulum beralamat di Jl. Jenderal Sudirman Desatandun. Pesantren ini mempunyai santri yang jumlahnya ada sekitar 95 santri dengan 8 ustadz yang mengajar.

Itulah tadi daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Rokan Hulu, Provinsi Riau yang bisa kami berikan. Semoga berguna.

Belum ada Komentar untuk "10 Pondok Pesantren di Kabupaten Rokan Hulu yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel