9 Pondok Pesantren Terbaik di Kota Dumai

 

Pondok Pesantren di Kota Dumai

Orangtua mana yang tidak senang melihat putra maupun putrinya menjadi penghafal quran? Tentu semua orangtua akan merasa bahagia dan bangga. Salah satu cara yang dapat mengantarkan anak menjadi hafidz quran ialah dengan memilih pendidikan agama yang paling baik bagi mereka.

Pendidikan tersebut bisa melalui pondok pesantren. Dimana melalui ponpes inilah, anak-anak akan dibimbing untuk menjadi penghafal quran yang bukan hanya sekedar menghafal tapi juga dididik agar dapat memahami sekaligus menerapkan segala isi quran dengan baik dalam kehidupannya. 

Pesantren di Kota Dumai

Pondok pesantren di Kota Dumai merupakan salah satu ponpes yang memiliki kualitas baik. Selain itu jumlah ponpes di Kota Dumai yaitu ada sekitar 9 pesantren dengan penjelasan lebih lengkap dibawah ini :

Daftar Pondok Pesantren Di Kota Dumai

Beberapa nama daftar pesantren di Kota Dumai ialah sebagai berikut ini :

1. Al Furqan

Pertama yaitu Pondok Pesantren Al Furqan beralamat di Jl. Tuanku Tambusai. Santri yang terdapat di pondok pesantren ini jumlahnya yaitu ada sekitar 97 santri dengan 8 ustadz yang mengajar. 

2. Miftahul Jannah

Daftar pesantren kedua yang ada di kota Dumai ialah pondok pesantren Miftahul Jannah. Alamat ponpes ini yaitu berada di Gg. Sepakat Jl.Dr.Wahidin Purnama Dumai Barat Kota Dumai Riau Purnama Dumai Barat. Sedangkan jumlah santri yang menimba ilmu di pondok ada sebanyak 45 orang dengan 6 pengajar atau ustadz. 

3. Baiturrahman

Pondok Pesantren Baiturrahman beralamat di Jl. Inpres Ii Kelurahan Bagan Besar. Pondok pesantren ini mempunyai jumlah santri sebanyak 110 orang dengan 8 orang ustadz yang membimbing. 

4. Al Imam Abi Yazid Al Basthomiy

Pondok Pesantren Al Imam Abi Yazid Al Basthomiy beralamat di Jl. Pawang Sidik Kelurahan Bukit Nenas. Santri di pesantren Al Imam Abi Yazid Al Basthomiy jumlahnya ada sekitar 158 santri dengan 12 guru atau pengajar yang ada di pondok. 

5. Hidayatullah

Pondok Pesantren Hidayatullah beralamat di Jl. Abdul Rabkhan Km. 04, Rt 14. Jumlah santri yang ada di pesantren ini yaitu ada sekitar 194 santri dengan 14 ustadz yang mengajar. sedangkan kegiatan ekstrakurikuler di pesantren ini meliputi karate, basket, futsal, grup belajar dan lainnya. pesantren ini juga disebut-sebut sebagai pondok pesantren terbaik yang ada di Dumai karena memiliki guru yang kompeten di bidang keahlian mengajarnya.

Bahkan ketersediaan fasilitas juga sudah cukup melengkap antara lain seperti ruang kelas, asrama, laboratorium, perpustakaan, lapangan olahraga, kantin, masjid dan sebagainya. 

6. Baitul Qur`an

Pondok Pesantren Baitul Qur`an beralamat di Jl. Pu Rt. 21 Kel. Basilam Baru Jec. Sungai Sembilan Dumai Riau 28834. Jumlah santri di ponpes ini jumlahnya ada sebanyak 192 santri. Sedangkan jumlah ustadz yang mengajar ada sekitar 14 ustadz. 

7. Al-Imam Asy-Syafi`i

Pondok Pesantren Al-Imam Asy-Syafi`i beralamat di Jl. Tengku Sulung Gg. Amaliyah Rt. 09 Kampung Muda Kel. Bagan Besar Kec. Bukit Kapur Dumaii-Riau. Pesantren ini didirikan pada tahun 2007. Jumlah santri di ponpes ini yaitu ada 254 santri dengan 16 ustadz yang membimbing.

Visi pesantren Al ImAM Asy Syafi’I ialah membentuk generasi robbani dengan cara pengkajian dan penerapan agama Islam yang berlandaskan Al Quran dan As Sunnah sesuai dengan pemahaman salaful ummah. Sedangkan program unggulan dari ponpes ini ialah mencetak para Hafidz dan Hafidzah atau penghafal quran. 

8. Al Amin

Pondok Pesantren Al Amin beralamat di Jl. Prof. M. Yamin No. 45 Batang Merawan. Pesantren Al Amin mempunyai santri sebanyak 163 santri dengan 12 ustadz yang mengajar.

Visi dari ponpes ini ialah membentuk manusia muslim yang taat, berilmu, beramal, berbudaya, mukhlis dan mandiri. Sedangkan beberapa program unggulannya yaitu seperti pidato bahasa asing, hifdzil qur’an, hifdzil matan nahwu wa Shorfi, dan life skill. 

9. Al Harokah Darunnajah 12

Pondok Pesantren Al Harokah Darunnajah 12 beralamat di Jl. Harapan. Santri di pondok pesantren Al Harokah Darunnajah 12 jumlahnya ada sekitar 190 santri. Sedangkan untuk pengajarnya sendiri berjumlah 14 ustadz.

Pesantren ini menerapkan 3 kurikulum yang dipadukan yaitu antara kurikulum Pondok Modern Darussalam Gontor, Kurikulum Nasional dan Pesantren Salafiah. Bahkan pesantren ini juga menyediakan fasilitas wisma bagi tamu yang hendak menginap dengan adanya puluhan kamar wisma yang ada full AC dan kamar mandi dalam.

Itulah tadi daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kota Dumai, Provinsi Riau yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "9 Pondok Pesantren Terbaik di Kota Dumai"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel