Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

5+ Pesantren di Kabupaten Lingga yang Terkenal

 

Pondok Pesantren di Kabupaten Lingga

Kabupaten Lingga merupakan daerah yang masih terus melestarikan adat istiadat setempat. Beberapa contoh adat istiadat yang ada di kabupaten ini antara lain yaitu adat mendirikan rumah, adat perkawinan, adat penyambutan hari besar agama, dan adat penyambutan bulan safar. 

Selain itu kabupaten Lingga ini juga dikenal memiliki kesenian daerah yang terus dikembangkan hingga saat ini seperti zapin, tari inai, hadroh, gazal dan lain sebagainya. Wilayah di kabupaten Lingga terbagi menjadi 13 kecamatan, 7 keluruhan dan 75 desa dengan jumlah penduduk yang cukup banyak yaitu mencapai 94.962 jiwa. 

Pesantren di Kabupaten Lingga

Kabupaten Lingga diketahui hanya memiliki 5 pondok pesantren yang masing-masing tersebar dalam beberapa kecamatan di kabupaten Lingga. Setiap ponpes tersebut memiliki tenaga pendidik yang berkualitas dan selalu meningkatkan mutu pendidikannya. Tujuannya agar para santri memperoleh pendidikan yang jauh lebih baik lagi. 

Pondok Pesantren di Kabupaten Lingga

Berikut dibawah ini daftar nama pondok pesantren di kabupaten Lingga adalah sebagai berikut : 

1. Baitul Qur`an

Pondok Pesantren Baitul Qur`an berdiri pada tahun 2012. Pondok Pesantren Baitul Qur`an beralamat di Jl. Merak II, Rt.003/004, Kampung Telex, Desa Tanjung Harapan. Pesantren ini memiliki 505 santri dan tenaga pendidik sebanyak 12 orang. 

2. Nurul Qur`an Hidayatullah

Pondok Pesantren Nurul Qur`an Hidayatullah berdiri pada tahun 2009. Pondok Pesantren Nurul Qur`an Hidayatullah beralamat di Jalan Engku Aman Kelang Rt.03 Rw.03 N0.79. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di ponpes ini ada sekitar 159 orang dengan 12 ustadz yang membimbing. 

3. Baitul Mukhlasin 

Pondok Pesantren Baitul Mukhlasin berdiri pada tahun 2017. Pondok Pesantren Baitul Mukhlasin beralamat di Jl. Kedamaian Gg. Punak No 28. Pesantren ini dketahui sudah memiliki santri sebanyak 50 orang. Sedangkan jumlah guru yang mengajar ada 6 orang. 

4. Pondok Pesantren Darul Kalam 

Pondok Pesantren Pondok Pesantren Darul Kalam berdiri pada tahun 2018. Pondok Pesantren Pondok Pesantren Darul Kalam beralamat di Jalan Raya Tanah Merah Sebangka No. 01. Santri yang menempuh pendidikan di ponpes ini jumlahnya mencapai 85 orang dengan 7 ustadz yang membimbing. 

5. Pusat Quran Shahibul Quran

Pondok Pesantren Pusat Quran Shahibul Quran berdiri pada tahun 2017. Pondok Pesantren Pusat Quran Shahibul Quran beralamat di Jl. Pesantren Sekop Darat, Dabo Singkep, Lingga. Jumlah santri yang belajar di ponpes ini yaitu ada sebanyak 628 santri. Sedangkan jumlah tenaga pendidiknya ada 30 ustadz.

Itulah tadi infomasi yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren terbaik yang ada di wilayah Kabupaten Lingga. Semoga bermanfaat untuk semuanya.

Posting Komentar untuk "5+ Pesantren di Kabupaten Lingga yang Terkenal"