10+ Pondok Pesantren Terbaik di Kabupaten Merangin

 

Pesantren di Kabupaten Merangin

Orangtua mana yang tidak ingin melihat anak-anaknya tumbuh dalam lingkungan baik dan memiliki pengetahuan yang bagus dalam bidang agama maupun pegetahuan umum lainnya? Tentu semua orangtua menginginkan hal tersebut untuk masing-masing anaknya. 

Pondok pesantren merupakan salah satu jenis lembaga pendidikan yang bergerak dalam budaya islam dan bertujuan untuk mendidik putrid maupun putra bangsa agar tumbuh menjadi generasi penerus yang beriman. Selain itu ponpes juga mampu melatih jiwa disiplin, tanggung jawab, dan rasa kepedulian santri antar sesama manusia.

Pesantren di Kabupaten Merangin

Pada dasarnya pesantren yang ada di kabupaten Merangin merupakan lembaga pendidikan agama islam yang secara umum bertujuan untuk mempersiapkan kader -kader pembangunan di daerah Jambi yang berilmu, beramal, bertaqwa dan terampil.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Merangin

Berikut dibawah ini beberapa daftar nama pondok pesantren di kabupaten Merangin ialah;

1. Darul Musthafa

Pondok Pesantren Darul Musthafa beralamat di Tiang Pumpung. Pondok pesantren ini mempunyai jumlah santri sekitar 51 santri dengan 6 ustadz yang mengajar. 

2. Ashabul Yamin

Pondok Pesantren Ashabul Yamin beralamat di Jl Dalek Rimba Kartika Kec. Tabir. Santri yang ada di pondok pesantren Ashabul Yamin yaitu berjumlah 87 orang dengan 7 pengajar yang ada disana. 

3. Al-Ishlah

Pondok Pesantren Al-Ishlah beralamat di Jl. Simpang Danau Pauh. Pondok pesantren Al Ishlah juga sudah mempunyai santri yang jumlahnya mencapai 272 santri. Sedangkan jumlah guru atau ustadz yang membimbing yaitu ada 16 orang. 

4. Tahfidz Al-Qur`an Wal Hadits Al-Munawwaroh

Pondok Pesantren Tahfidz Al-Qur`an Wal Hadits Al-Munawwaroh memiliki dua lokasi yaitu beralamat di Kampus Putra, Jl. Sultan Thaha Sei. Misang, Kel. Dusun Bangko, Bangko, Merangin dan Kampus Putri, Jl. Lintas Sumatera Km. 03, Kel Dusun Bangko, Bangko, Merangin. Selain itu pesantren ini juga sudah mempunyai santri sebanyak 560 santri dengan 27 ustadz yang mengajar.

Kurikulum yang digunakan dalam pesantren ini yaitu kurikulum perpaduan antara kurikulum pesantren dengan kurikulum dari departemen agama. Sedangkan tenaga pengajarnya terbagi menjadi 3 bagian yaitu guru bidang studi, murrabi atau pengasuh asrama, dan tenaga administrative.

Beberapa kegiatan ekstrakurikulernya antara lain yaitu arabic intensive, rebana, pencak silat, komputer, pidato, pelatihan imam khotib, dan lain-lain. Fasilitas yang ada di pesantren ini sudah cukup baik yaitu meliputi mushola, asrama putrid dan putra, perpustakaan, dapur, ruang makan santri, kantin, koperasi, lapangan dan sebagainya.

5. Salafiyah Tarbiyah Al-Mujahadah

Pondok Pesantren Salafiyah Tarbiyah Al-Mujahadah berdiri pada tahun 2004. Pondok Pesantren Salafiyah Tarbiyah Al-Mujahadah beralamat di Jl. Pattimura Rt 29 Kel. Pematang Kandis Kec Bangko. Sedangkan jumlah santri yang ada di pesantren ini yaitu ada sekitar 211 orang dan jumlah pengajarnya ada 14 ustadz. 

6. Depati Agung

Pondok Pesantren Depati Agung beralamat di Jln. Bangko-Jangkat Km.45 Desa Pulau Raman. Santri di pesantren Depati Agung berjumlah 794 santri dan jumlah ustadz yang membimbing ada sebanyak 36 ustadz. 

7. Sayyid Musthafa

Pondok Pesantren Sayyid Musthafa berdiri pada tahun 1988. Pondok Pesantren Sayyid Musthafa beralamat di Jl. Sei Aur Rantau Panjang Kel. Kampung Baruh Kec. Tabir. Selain itu jumlah santri yang ada di ponpes ini yaitu ada 298 orang dengan 16 ustadz yang mengajar. 

8. Darul Muttaqien

Pondok Pesantren Darul Muttaqien berdiri pada tahun 2004. Pondok Pesantren Darul Muttaqien beralamat di Pauh Menang. Sedangkan jumlah santrinya yaitu mencapai 146 orang dengan 11 ustadz yang membimbing.

Visi psantren ini yaitu untuk mewujudkan insan yang religius, berakhlakul karimah, cerdas, kompetitif dan berwawasan luas. 

9. Darussalam

Pondok Pesantren Darussalam berdiri pada tahun 2004. Pondok Pesantren Darussalam beralamat di Jl. Kenalip, Kel. Pamenang. Santri yang ada di pondok pesantren Darussalam jumlahnya ada sekitar 58 santri dengan 6 ustadz yang mengajar. 

10. Bustanu Usysyaqil Quran

Pondok Pesantren Bustanu Usysyaqil Quran berdiri pada tahun 2009. Pondok Pesantren Bustanu Usysyaqil Quran beralamat di Jl.Panca Usaha Rt.14 Rw.007 Kode Pos 37352. Sedangkan untuk jumlah santrinya yaitu ada 101 santri dan jumlah ustadz yang mengajar ada 8 orang. 

Itulah tadi daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Merangin, Provinsi Jambi yang bisa kami berikan.

Belum ada Komentar untuk "10+ Pondok Pesantren Terbaik di Kabupaten Merangin"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel