10 Pondok Pesantren Terbaik di Kabupaten Muaro Jambi

Pesantren di Kabupaten Muaro Jambi

Pondok pesantren adalah satu satunya lembaga pendidikan islam yang bisa membentuk generasi muda agar mempunyai karakter yang di harapkan oleh sebagian besar masyarakat. Oleh karena itu, karena ponpes ini dianggap sangat penting dan harus menjadi perhatian kita semua maka masyarakat maupun pemerintah harus bekerjasama untuk mendukung setiap pendirian pesantren di masing – masing daerah. 

Tanpa adanya lembaga pendidikan islam yang berkualitas maka generasi islam kedepan dinilai akan semakin rapuh. Hal ini karena umat tidak lagi memahami islam dengan benar, melainkan hanya sekedar tulisan agama islam yang ada di KTP. 

Pesantren di Kabupaten Muaro Jambi

Salah satu ponpes yang selalu dikembangkan dengan baik ialah ponpes di kabupaten Muaro Jambi. Jumlah ponpes di wilayah ini ada 25 pesantren yang diuraikan lebih lanjut sebagai berikut. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Muaro Jambi

Beberapa daftar nama pondok pesantren di kabupaten Muaro Jambi adalah sebagai berikut :

1. Al-Busyra

Pondok Pesantren Al-Busyra beralamat di Jl. Jambi Suak Kandis Km.62 Desa Seponjen. Santri di pondok pesantren Al-Busyra berjumlah 64 santri dengan 7 pengajar yang ada di pesantren. 

2. Riyadhul Amien

Pondok Pesantren Riyadhul Amien beralamat di Jalan. Lintas Sabak Rt. 06 Desa Dano Lamo. Jumlah santri di pondok pesantren ini yaitu ada sebanyak 411 santri dengan 21 ustadz yang membimbing. 

3. Raudhatul Muhajirin

Pondok Pesantren Raudhatul Muhajirin beralamat di Jl. Syekh Muh. Said Ii Desa Tangkit Baru. Pesantren ini mempunyai santri sebanyak 72 santri, sedangkan gurunya yaitu ada sekitar 7 orang. 

4. Al-Faqih 

Pondok Pesantren Al-Faqih beralamat di Jl. Pesantren Rt.12 Desa Kasang Pudak. Pesantren Al – Faqih memiliki santri dengan jumlah sebanyak 157 santri dan 12 ustadz yang mengajar. 

5. An-Nur Tangkit 

Pondok Pesantren An-Nur Tangkit beralamat di Jalan An-Nur Tangkit. Santri di ponpes ini berjumlah 528 santri dengan 24 ustadz yang membimbing.

Misi ponpes An-Nur Tangkit yaitu menjadikan bahasa arab dan bahasa inggris sebagai bahasa pengantar dalam pembelajaran dan percakapan sehari-hari. memberikan akselerasi pelajaran bahasa dan eksakta melalui penambahan jam belajar sore dan malam.

Kegiatan ekstrakurikuler di ponpes ini antara lain seperti pramuka, hadroh, drumband, band, gymnastic dan sebagainya. Pesantren ini menggunakan dua macam kurikulum yaitu kurikulum nasional dan kurikulum pesantren yang mengacu pada pondok modern dan salafi.

Kemudian ponpes An Nur Tangkit juga dilengkapi dengan beberapa fasilitas seperti lab komputer, dapur umum putra dan putri, koperasi pelajar putra dan putri, koperasi wakaf potren an-nur (toko bangunan), tempat keterampilan konveksi, sarana olahraga yang berupa bola kaki, bola volley, bola takraw, futsal, badminton, tennis meja, dan lain-lain. 

6. Al-Baro`ah Jambi

Pondok Pesantren Al-Baro`ah Jambi beralamat di Jalan Perumahan Mawar Putih Rt 34. Santri yang belajar di pondok pesantren Al-Baro’ah Jambi jumlahnya ada sebanyak 56 santri dengan 6 ustadz yang mengajar.

Visi pesantren ini ialah menciptakan manusia berkarakter, sehat, cerdas, kreatif, beriman, berakhlak mulia, bertakwa dan siap menjawab tantangan zaman. 

7. Al-Amin

Pondok Pesantren Al-Amin beralamat di Jl. Pasar Minggu Desa Tanjung Katung. Pesantren ini mempunyai jumlah santri sebanyak 56 santri, sedangkan pengajarnya berjumlah 6 orang. 

8. Al-Hujjah

Pondok Pesantren Al-Hujjah beralamat di Jl. Lintas Timur Km.64 Rt.04 Desa Suko Awin Jaya. Pesantren Al-Hujjah terdiri dari 203 santri dengan 14 ustadz yang mengajar. 

9. Al-Qosim Jambi 

Pondok Pesantren Al-Qosim Jambi beralamat di Jl. Sungai Beluru Rt.01 Desa Talang Belido. Santri di ponpes Al-Qosim Jambi jumlahnya ada sekitar 65 santri dengan 7 guru yang mengajar di ponpes. Pesantren ini memiliki 4 jenjang pendidikan yaitu meliputi Salafiyyah Ulla (SD), Salafiyyah Wustha’ (SMP-Putri), Pondok Tahfidz Qur’an Lil Bana’at ( SMP-PUTRI ), dan Salafiyyah Ulyaa ( SMA-Putra).

10. Ma'had Jauharul Wathon

Pondok Pesantren Ma'had Jauharul Wathon beralamat di Jl. Mayang Patah Rt.04 Desa Setiris. Sedangkan jumlah santri di ponpes ini yaitu ada 88 santri dengan 8 pengajar atau ustadz yang membimbing.

Itulah tadi informasi yang bisa kami bagikan pada semua kalangan berkenaan dengan daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Muaro Jambi. Provinsi Jambi.

Belum ada Komentar untuk "10 Pondok Pesantren Terbaik di Kabupaten Muaro Jambi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel