Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

6 Pondok Pesantren Terbaik di Kota Padang Panjang

 

Pesantren di Kota Padang Panjang

Melihat perkembangan zaman yang semakin maju dan modern ini tentu membuat sebagian orangtua merasa khawatir akan pergaulan anak-anaknya. Terlebih bagi orangtua yang tidak bisa memantau anaknya selama 24 jam dalam sehari, karena harus bekerja dan aktivitas yang lainnya. 

Oleh karen itu, sebagian orang tua memilih pendidikan agama islam untuk mendidik dan membimbing anak-anaknya agar memiliki benteng agama dengan baik. Tujuannya agar para anak tidak salah dalam bergaul dan memiliki iman yang baik. Sehingga lembaga pendidikan agama islam seperti pondok pesantren semakin diminati oleh masyarakat di masa sekarang ini. 

Pesantren di Kota Padang Panjang

Salah satu pondok pesantren yang memiliki kualitas baik dan diminati oleh banyak masyarakat ialah ponpes di kota Padang Panjang.

Walaupun jumlah ponpes di kota ini hanya ada 6 pesantren. Namun kualitas dari masing-masing pesantren selalu ditingkatkan dan diperbaiki. Tujuannya agar para santri juga mendapatkan pendidikan dengan baik. 

Daftar Pesantren Di Kota Padang Panjang

Daftar pesantren di kota Padang Panjang tersebut dijelaskan secara lebih lengkap sebagai berikut ini :

1. Perguruan Diniyyah Puteri

Pondok Pesantren Perguruan Diniyyah Puteri berdiri pada tanggal 1 November 1923. Pondok Pesantren Perguruan Diniyyah Puteri beralamat di Jl. Abdul Hamid Hakim No. 30. Pesantren ini mewajibkan para santri putrinya untuk memiliki 3 karakter unggul diantara yaitu ahli ibadah dan berakhlak baik, kuat dan tegar dijalan Allah, dan cerdas serta terampil dalam khalifah dimuka bumi ini.

Selain itu pesantren ini memang dikhususkan untuk para perempuan yang hendak memperdalam ilmu agama dengan metode yang modern yaitu tetap mengembangkan pengetahuan umum secara baik. Pesantren ini didirikan oleh Ibu Rahmah El Yunusiyyah sejak zaman penjajahan Belanda di Indonesia.

Hingga saat ini pesantren ini sudah berkembang dengan begitu pesat dan memiliki 5 program pendidikan mulai dari Tk hingga Perguruan Tinggi dengan tujuan utamanya mencetak kecerdasan pada generasi Islam. 

2. Thawalib Putra Padang Panjang

Pondok Pesantren Thawalib Putra Padang Panjang berdiri pada tahun 1911. Pondok Pesantren Thawalib Putra Padang Panjang beralamat di Jln. Abdul Hamid Hakim No.12.

Visi dari ponpes ini ialah untuk mewujudkan konsistensi pendidikan yang baik dengan memperdalam ilmu-ilmu agama islam agar santri menjadi muslim maupun muslimah yang cerdas, berakhlaq mulia, menguasai dan mengamalkan ilmu agama.

Selain diajarakan tentang ilmu agama islam, dalam pesantren ini juga ada beberapa kegiatan ekstrakurikuler yang bisa diikuti para santri diantaranya seperti kaligrafi, rebana, kepramukaan, pencak silat, olahraga dan lain sebagainya. 

3. Kauman Mauhammadiyah 

Pondok Pesantren Kauman Mauhammadiyah berdiri pada tahun 1927. Pondok Pesantren Kauman Mauhammadiyah beralamat di Jl. Ri. Dt. Sinaro Panjang No. 28 Tanah Pak Lambiak Padang Panjang. Visi pesantren Kauman Muhammadiya yaitu untuk mewujudkan santri yang berakhlak mulia, berjiwa interprenuership, bermanfaat bagi Umat dan bangsa, serta unggul dalam bidang IPTEKS. 

4. Terpadu Serambi Mekkah

Pondok Pesantren Terpadu Serambi Mekkah beralamat di Jalan Ahmad Yani No 1 Kelurahan Ngalau Padang Panjang 27124.

5. Thawalib Gunung

Pondok Pesantren Thawalib Gunung beralamat di Jl. H. Piobang No. 18. Pesantren ini memiliki fasilitas yang cukup unik dan lain dari ponpes lainnya. fasiltas sarana prasarana tersebut yaitu adanya gedung workshop menjahit balai latihan kerja.

Dimana kegunaan dari gedung tersebut yaitu untuk melatih skill para santri diluar dari ilmu agamanya. Sehingga setelah lulus nantinya santri diharapkan bisa memiliki bekal atau kemampuan lain untuk memasuki dunia masyarakat yang sesungguhnya. 

6. Thawalib Putri 

Pondok Pesantren Thawalib Putri beralamat di Jl. H. Agus Salim No. 19 Kampung Jambak.

Itulah tadi daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kota Padang Panjang, Provinsi Sumatra Barat.

Posting Komentar untuk "6 Pondok Pesantren Terbaik di Kota Padang Panjang"