Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Terbaik di Kota Pekanbaru yang Menjadi Pilihan

 

Pondok Pesantren di Kota Pekanbaru

Kota Pekanbaru adalah bagian daripada kota yang dikenal memiliki pertumbuhan ekonomi yang sangat baik di Provinsi Riau. Bahkan kota ini disebut juga sebagai pusat ekonomi terbesar yang ada di Pulau Sumatera. Ada banyak masyarakat yang melakukan urbanisasi maupun transmigarasi di daerah ini. Selain itu masyarakat yang ada di sini pada umumnya bekerja dengan cara berdagang dan tenaga professional lainnya. 

Wilayah ini memiliki 15 kecamatan dengan 83 kelurahan. Beberapa dari kecamatan tersebut terdapat pondok pesantren yang digunakan untuk mendidik para santri agar mempunyai bekal agama dan kepribadian yang lebih baik lagi. 

Pesantren di Kota Pekanbaru

Pesantren di Kota Pekanbaru jumlahnya ada sekitar 26 pesantren. Jumlah santri yang berasal dari daerah asal yaitu ada sebanyak 6.931, sedangkan 767 santri asalnya berasal dari luar daerah. 

Daftar Nama Pondok Pesantren di Kota Pekanbaru

Berikut dibawah ini daftar pesantren di Kota Pekanbaru yaitu :

1. Pondok Pesantren Imam An Nawawi

Pondok Pesantren Imam An Nawawi berdiri pada tahun 2016. Pondok Pesantren Pondok Pesantren Imam An Nawawi beralamat di Jl. Raya Pekanbaru - Pelalawan KM. 19. Jumlah santri yang ada di pesantren ini yaitu sekitar 105 santri dengan 9 ustadz yang mengajar. 

2. Pondok Pesantren Tahariyah Musthafawiyah

Pondok Pesantren Tahariyah Musthafawiyah berdiri pada tahun 2017. Pondok Pesantren Pondok Pesantren Tahariyah Musthafawiyah beralamat di Jl. Surya KM 3 Garuda Sakti. Santri di ponpes ini jumlahnya mencapai 72 santri dengan 5 orang ustadz yang membimbing. 

3. Aar Rahmi

Pondok Pesantren Aar Rahmi beralamat di Jl. Badak Ujung dan mempunyai santri yang jumlahnya ada 77 santri. Sedangkan jumlah pengajarnya ada 7 ustadz. 

4. Dar El Hikmah

Pondok Pesantren Dar El Hikmah beralamat di Jalan Manyar Sakti Km. 12. Santri di pondok pesantren Darel Hikmah berjumlah sudah mencapai 1500 orang. Bahkan menurut Martharina Situmeang pondok pesantren ini memiliki suasana yang asri, tenang, nyaman dan indah. Bahkan para ustadzah nya yang baik, ramah dan bersahaja.

5. Al-Kautsar

Pondok Pesantren Al-Kautsar berdiri pada tahun 1988. Pondok Pesantren Al-Kautsar beralamat di Jln. Hangtuah Ujung Km. 6,5 Rt. 04 / Rw. 15 Kelurahan Bencah Lesung. Selain itu ponpes ini juga sudah mempunyai santri sebanyak 491 santri dengan 25 ustadz yang membimbing. 

6. Al-Mujhtahadah

Pondok Pesantren Al-Mujhtahadah berdiri pada tahun 2014. Pondok Pesantren Al-Mujhtahadah beralamat di Jl. Handayani Gg. Ros No. 61. Santri di ponpes yang satu ini jumlahnya ada 93 santri dengan 8 ustadz yang mengajar. sistem kurikulum yang ada di pesantren ini yaitu kurikulum dari kementerain agama dan kurikulum diniyah yang berisi tentang hafalan quran, kitab kitab klasik, dan kitab kuning. 

7. Al-Munawwarah

Pondok Pesantren Al-Munawwarah berdiri pada tahun 1986. Pondok Pesantren Al-Munawwarah beralamat di Jl. Pesantren No.42. pesantren ini mempunyai santri yang jumlahnya 139 santri dengan 11 ustadz yang membimbing. Visi pesantren Al Munawwarah adalah menghasilkan lulusan yang berilmu, bertaqwa, beriman, berakhlak mulia, terampil, dan mandiri.

Sedangkan misi-misi yang dilakukan ialah memberikan ilmu pendidikan yang membentuk pribadi beriman, menanamkan sikap disiplin, mandiri, kreatif dan menanamkan rasa persaudaraan secara lebih mendalam dengan sesama. Kurikulum yang digunakan dalam pesantren ada 3 macam yaitu kurikulum departeman agama, kurikulum pendidikan nasional, dan kurikulum pondok. 

8. Imam Ibnu Katsir

Pondok Pesantren Imam Ibnu Katsir berdiri pada tahun 2013. Pondok Pesantren Imam Ibnu Katsir beralamat di Jl. Belidang Kelurahan Muara Fajar. Santri di pesantren Imam Ibnu Katsir berjumlah 54 orang dengan 6 ustadz yang mengajar. 

9. Pondok Al Ikhwan 

Pondok Pesantren Al Ikhwan berdiri pada tahun 1989. Pondok Pesantren Pondok Al Ikhwan beralamat di Jl. Pesantren No. 52 Kelurahan bebatuan Kecamatan Tenayan Raya. Selain itu jumlah santri yang ada di pesantren ini yaitu sekitar 316 santri dengan 18 pengajar. 

10. Diniyah Puteri 

Pondok Pesantren Diniyah Puteri berdiri pada tahun 1965. Pondok Pesantren Diniyah Puteri beralamat di Jl. Kh. Ahmad Dahlan No. 100 B dan telah memiliki santri yang jumlahnya ada sekitar 84 santri dengan 7 ustadz yang mengajar.

Santri di pesantren ini selain diajarkan pengetahuan agama juga diajarkan mengenai pengetahuan umum serta beberapa pengetahuan kompetensi lainnya mulai dari komputer, bahasa arab, bahasa inggris, menjahit, menyulam, membordir dan lain-lain.

 Nah, itulah saja daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kota Pekanbaru, Provinsi Riau. Semoga bisa memberikan informasi yang mendalam.

5 komentar untuk "10+ Pesantren Terbaik di Kota Pekanbaru yang Menjadi Pilihan"

Ilme Teuidang 5 Januari 2022 pukul 07.13 Hapus Komentar
thanks infoya
Admin 27 Juli 2022 pukul 19.10 Hapus Komentar
Sama-sama kak :)
Anonim 27 September 2022 pukul 23.15 Hapus Komentar
Dapat info jumlah santri darul hikmah dari mana min soalnya sekarang yang mukim / mondok sudah 1500 orang
Anonim 2 November 2022 pukul 21.02 Hapus Komentar
DAREL HIKMAH 125???
Anonim 3 Januari 2023 pukul 02.13 Hapus Komentar
parah ini masak darul hikmah di tulis segit