6 Pondok Pesantren di Kabupaten Pelawan yang Terkenal

Pondok Pesantren di Kabupaten Pelawan

Siapa sangka bahwa pendidikan agama merupakan pendidikan paling utama yang perlu diberikan kepada anak-anak. Hal ini karena dengan memiliki bekal pendidikan agama yang baik, maka setiap anak bisa lebih mengandalkan dirinya dan dapat menentukan mana yang baik dan buruk. 

Agar setiap anak bisa memperoleh pendidikan agama secara lebih mendalam, maka orangtua selalu berusaha untuk memberikan pendidikan yang terbaik bagi mereka. Salah satunya yaitu dengan memasukannya ke pondok pesantren agar dapat hidup mandiri, melatih rasa tanggung jawab, dan memiliki pengetahuan nilai-nilai agama yang lebih baik lagi untuk kehidupan di masa mendatang. 

Pesantren di Kabupaten Pelalawan

Salah satu pesantren yang berkualitas dan unggul ialah pesantren di kabupaten Pelalawan. Jumlah pesantren di daerah ini yaitu ada 6 pesantren. Sedangkan jumlah santrinya secara keseluruhan mencapai 1.190 santri yang terbagi dari 1.029 santri pemukim asli dan sebanyak 161 santri yang asalnya dari luar daerah. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Pelalawan

Pesantren yang ada di kabupaten Pelalawan mempunyai visi dan misi yang sudah dibentuk sejak pendirian masing-masing pesantren.

Sehingga dengan sebaik mungkin, setiap pesantren berusaha untuk meningkatkan kualitasnya agar para santri mendapatkan pendidikan yang lebih baik lagi. Berikut di bawah ini beberapa contoh daftar pesantren di kabupaten Pelalawan ialah :

1. Najmah Riau

Yang pertama ialah Pondok Pesantren Najmah Riau. Pondok pesantren Najmah Riau beralamat di Jalan Lintas Bono Desa Petodaan Rt 005/ Rw 002. Jumlah santri yang ada di pesantren ini yaitu ada 70 orang dengan 7 ustadz yang mengajar. 

2. Al Muslimun

Selanutnya yaitu ada Pondok Pesantren Al Muslimun yang alamatnya ada di Jalan Lintas Timur Km 29,5. Ponpes Al Muslimun mempunyai santri yang jumlahnya mencapai 350 orang. Sedangkan jumlah pengajar ada sekitar 19 orang.

Kegiatan yang dilakukan di pesantren ini dimulai dari pagi hingga sore yaitu belajar dikelas. Pada saat selesai sholat ashar dan menjelang magrib biasanya para santri mengikuti tausiah agama, dan di malam harinya belajar kelompok. Sementara itu hari libur bagi santri ditetapkan setiap hari jumat. 

3. Madinatul Munawwarah

Ketiga ialah Pondok Pesantren Madinatul Munawwarah. Pesantren ini didirikan pada tahun 2003. Pondok Pesantren Madinatul Munawwarah beralamat di Jalan Lintas Timur- Lubuk Terap. Pesantren ini memiliki jumlah santri sebanyak 52 santri dan 6 orang pengajar yang ada di sana. 

4. Hidayatul Ma`rifiyah

Daftar pesantren di kabupaten Pelalawan yang berikutnya yaitu Pondok Pesantren Hidayatul Ma`rifiyah yang berdiri pada tahun 1993.

Pondok Pesantren Hidayatul Ma`rifiyah beralamat di Jl. Lintas Timur Km 72 Rt 004 / Rw 001 Pangkalan Kerinci. Sedangkan jumlah santri yang ada di pesantren ini yaitu ada sebanyak 304 orang dengan 16 ustadz yang membimbing. 

5. Manbaul Maarif

Kelima adalah Pondok Pesantren Manbaul Maarif yang lokasinya berada di Dusun Ii Seminai Tunggal Jalan Pertanian Gang Pendidikan No. 2. Santri di ponpes ini jumlahnya ada 241 orang. Sedangkan jumlah ustadz yang mengajar ada sekitar 16 orang. 

6. Amanatulhuda Surya Indah

Terakhir adalah Pondok Pesantren Amanatulhuda Surya Indah berdiri pada tahun 2015. Pondok Pesantren Amanatulhuda Surya Indah beralamat di Jalan KH Hasyim Asy'ari.

Jumlah santri di pondok pesantre Amanatulhuda Surya Indah yaitu ada sebanyak 79 santri dengan 5 ustadz yang mengajar. pendiri pondok pesntren ini bernama H. Sugito, S.Pd.I beliau mendirikan pesantren dengan berpedoman nilai-nilai agama islam yang sesuai ahlussunnah waljamaah.

Itulah tadi daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Pelawan, Provinsi Riau yang bisa kami berikan. Semoga bermanfaat.

Belum ada Komentar untuk "6 Pondok Pesantren di Kabupaten Pelawan yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel