Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren di Kabupaten Pringsewu yang Bagus

 

Pondok Pesantren di Kabupaten Pringsewu

Perkembangan zaman yang semakin maju dengan adanya berbagai teknologi canggih ini membuat masyarakat semakin kehilangan moral, terutama generasi mudanya. Sehingga dari degradasi moral tersebutlah, mulai muncul lembaga pendidikan berbasis islam yang dapat menyeimbangi segala perkembangan zaman agar manusia tetap memiliki akhlak yang baik. 

Pondok pesantren di Indonesia sendiri selalu meningkatkan kualitasnya, salah satunya yaitu beberapa ponpes di kabupaten Pringsewu. Kabupaten ini merupakan kabupaten di Provinsi Lampung yang juga sangat antusias untuk mengembangkan lembaga pendidikan islam berupa ponpes agar generasi mudanya menjadi pemimpin yang berwawasan luas, beriman dan bertaqwa. 

Pesantren di Kabupaten Pringsewu

Letak pondok pesantren di kabupaten Pringsewu tersebar ke beberapa kecamatan yang ada di wilayah tersebut.

Beberapa kecamatannya di kabupaten Pringsewu yang menjadi alamat dari pondok pesantren antara lain adalah kecamatan Banyumas, kecamatan Ambarawa, kecamatan PringSewu, Kecamatan Sukoharjo,  dan lain-lain. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Pringsewu

Berikut dibawah ini yang merupakan beberapa contoh nama pondok pesantren di kabupaten Pringsewu yaitu;

1. Pondok Pesantren Mambaul Hisan

Daftar nama pondok pesantren pertama di kabupaten Pringsewu adalah Pondok Pesantren Mambaul Hisan. Pesantren ini beralamat di J. Pekon Margakaya.

2. Miftahul Falah

Kedua adalah Pondok Pesantren Miftahul Falah yang beralamat di Jl. Marlando Sinar Mulya. Pesantren ini didirikan pada tahun 1966 oleh KH. Abdul Muidz. 

3. Al-Anshor Putri

Pondok Pesantren Al-Anshor Putri beralamat di Way Bayas Panjerejo Gadingrejo Pringsewu. Visi pesantren Al-Anshor Putri adalah menjadi lembaga umat islam yang dapat meningkatkan ilmu dan pusat peradaban Al-Qur’an, agar mewujudkan generasi yang berilmu, bertaqwa, dan berkontribusi bagi islam.

4. Baitul Qur`an

Berikutnya yaitu ada Pondok Pesantren Baitul Qur`an. Alamat pondok pesantren Baitul Qur’an berada di Jl. Diageng Kurniawan, Rt.04 Rw.03,Rejosari, Podosari.

5. Miftahul Huda

Pondok Pesantren Miftahul Huda didirikan pada tahun 1982 oleh Ky. Syamsul Hadi. Pesantren ini alamatnya berada di Jl. Pesantren Sinarjaya Desa Sinarmulya.

6. Madarijul Ulum

Pondok Pesantren Madarijul Ulum beralamat di Jln.Utama Sukorejo No.5 Rt.1 Rw.1 Desa Sukorejo. Pesantren ini memiliki program khusus dan metode-metode pembelajaran yang berkualitas seperti sistem amtsilaty atau metode cara cepat membaca kitab kuning, program tsanawiyah, madrasah aliyah, kelas ibtida`, tsanawy, dan ma`had Aly (salafy).

Sedangkan untuk kurikulum pendidikannya sendiri, pesantren Madarijul Ulum ini menggunakan kurikulum dari pemerintah yang dipadukan dengan kurikulum pesantren. Tujuannya agar santri selain mempeorleh ilmu pendidikan agama islam, juga mengetahui pengetahuan umum lainnya yang dapat menambah wawasan. 

7. Al Hidayah

Pondok Pesantren Al Hidayah didirikan pada tahun 2006 oleh KH. Kaelani. Alamat pondok pesantren Al Hidayah berada di Jalan Way Sekampung.

8. Babus Salam 

Pondok Pesantren Babus Salam beralamat di Jl. Pesantren Rt.1667 Adiluwih.

9. Ypptqmh Ambarawa 

Pondok Pesantren Ypptqmh Ambarawa beralamat di Jl. Sapuhanda No.07 Ambarawa.

10. Zainul Manaqibil Islam ( Zamais) 

Pondok Pesantren Zainul Manaqibil Islam (Zamais) berdiri pada tahun 1988. Pendiri dari pesantren ini adalah KH. Ahmad Safii. Selain itu untuk alamatnya sendiri, pesnatren ini beralamat di Jl. Pesantren Adiluwih Rt.07 Wr.02 Adiluwih.

Itulah saja informasi mengenai adanya daftar nama-nama pondok pesantren terbaik yang ada di wilayah Kabupaten Pringsewu, Lampung. Semoga bisa memberikan wawasan.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren di Kabupaten Pringsewu yang Bagus"