10 Pondok Pesantren Terbaik di Kabupaten Rokan Hilir

Pondok Pesantren di Kabupaten Rokan Hilir

Semakin hari, perkembangan zaman dirasa selalu mempunyai kemajuan yang begitu baik. Tentunya hal tersebut ada dampak positif maupun negatifnya dan yang perlu diperhatikan ialah pengaru negatifnya itu sendiri.

Bisa dilihat dengan semakin modernnya zaman di masa sekarang ini, maka banyak pergaulan remaja yang semakin bebas dilakukan. Hal ini membuat resah para orangtua dalam mendidik anak-anaknya. Oleh karen itu salah satu pilihannya yaitu dengan memberikan bimbingan dan pendidikan terbaik bagi setiap anak agar bisa memilih hal baik dan buruk. Pendidikan tersebut bisa diperoleh dari pondok pesantren yang memberikan ajaran tentang agama Islam, sekaligus melatih para anak untuk memiliki karakter yang lebih mandiri dan berakhalk baik. 

Pesantren di Kabupaten Rokan Hilir

Pesantren di kabupaten Rokan Hilir jumlahnya ada 12 pesantren. Santrinya secara keseluruhan berjumlah 6.546 santri. Sebanyak 4.479 santri berasal dari daerah pemukiman itu sendiri, sedangkan 2.067 dari luar pemukiman. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Rokan Hilir

Daftar pesantren di kabupaten Rokan Hilir yaitu diuraikan sebagai berikut ini :

1. Bidayatul Hidayah 

Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah berdiri pada tahun 2012. Pondok Pesantren Bidayatul Hidayah beralamat di Jl.Simpang Benar Km.3. Sedangkan jumlah santri yang menimba ilmu di pesantren Bidayatul Hidayah yaitu mencapai hingga ribuan orang atau tepatnya sekitar 2.222 santri dan untuk jumlah pengajarnya yaitu sebanyak 94 ustadz.   

2. Khulafaur Rasyidin 

Pondok Pesantren Khulafaur Rasyidin berdiri pada tahun 2011. Pondok Pesantren Khulafaur Rasyidin beralamat di Jl. Jend. Sudirman Gg. Sepakat. Santri di pondok pesantren ini jumlahnya yaitu ada sekitar 250 santri dengan 19 ustadz yang mengajar.

Tujuan didirikannya ponpes ini ialah untuk membentuk generasi terbaik umat islam agar memiliki kepribadian muslim dan muslimah yang tangguh, beramal shalihah, berakhlak, dan beraqidah. 

3. Al- Asasiyyah

Pondok Pesantren Al- Asasiyyah berdiri pada tahun 2007. Pondok Pesantren Al- Asasiyyah beralamat di Jl. Lingkar Bagansiapiapi. Pesantren Al – Asasiyyah mempunyai santri yang jumlahnya mencapai 254 santri. Sedangkan jumla guru yang mengajar yaitu ada sebanyak 7 orang. 

4. Al Irfanul Hakim

Pondok Pesantren Al Irfanul Hakim berdiri pada tahun 2009. Pondok Pesantren Al Irfanul Hakim beralamat di Jl Thamrin No. 09 Tangga Batu. 

5. Al-Husna

Pondok Pesantren Al-Husna berdiri pada tahun 2003. Pondok Pesantren Al-Husna beralamat di Jln. Besar Dusun Salak. Jumlah santri yang belajar di pondok pesantren Al – Husna yaitu ada sebanyak 354 santri dengan 19 ustadz yang membimbing. 

6. Darul Arofah

Pondok Pesantren Darul Arofah berdiri pada tahun 1997. Pondok Pesantren Darul Arofah beralamat di Jl. Lintas Timur Pujud Mahato Km.5 Sei Meranti Darussalam. Pesantren ini mempunyai santri yang jumlahnya mencapai 614 santri.

Sedangkan jumlah ustadz yang mengajar di ponpes Darul Arofah yaitu ada sekitar 30 orang. Kegiatan ekstrakurikuler yang ada di ponpes ini juga bermacam-macam mulai dari bidang olahraga, bidang seni, maupun bidang keagamaan sendiri.

Selain itu visi dari pesantren Darul Arofah ialah untuk mewujudkan lembaga pendidikan islam yang unggul, mandiri, berprestasi, dan berkarakter islam agar dapat mempersiapkan para ulama. 

7. At-Thohiriyah

Pondok Pesantren At-Thohiriyah berdiri pada tahun 2005. Pondok Pesantren At-Thohiriyah beralamat di Jl. Lintas Pujud-Bagan Batu Sri Kayangan. Santri di ponpes At-Thohiriyah berjumlah 318 santri dengan 18 orang ustadz yang mengajar. Visi pesantren ini yaitu untuk mnciptakan sumber daya manusia yang berkualitas, beragama, dan berakhlak karimah. 

8. Al-Qur`an

Pondok Pesantren Al-Qur`an berdiri pada tahun 1986. Pondok Pesantren Al-Qur`an beralamat di Jl. Utama. Rt.01/Rw.01. Teluk Piyai. Pesantren Al-Quran memiliki santri yang jumlahnya yaitu ada sebanyak 209 santri dengan 14 orang ustadz yang mengajar. 

9. Roudhotul Jannah

Pondok Pesantren Roudhotul Jannah berdiri pada tahun 1997. Pondok Pesantren Roudhotul Jannah beralamat di Jl. Teladan No 103. Pesantren Roudhotul Jannah memiliki santri sebanyak 268 orang dengan 16 ustadz yang membimbing. 

10. Al-Muhsinin

Pondok Pesantren Al -Muhsinin berdiri pada tahun 2002. Pondok Pesantren Al -Muhsinin beralamat di Jl. Rimba Utama RT.021/RW.006. Sedangkan jumlah santri yang menuntut ilmu di pesantren ini berjumlah 45 orang dan guru yang mengajar ada 6 orang. 

Itulah tadi daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Rokan Hilir, Provinsi Riau yang bisa kami berikan.

Belum ada Komentar untuk "10 Pondok Pesantren Terbaik di Kabupaten Rokan Hilir"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel