10 Pondok Pesantren di Kabupaten Sarolangun yang Bagus

Pesantren di Kabupaten Sarolangun

Pondok pesantren atau disingkat ponpes merupakan lembaga pendidikan islam yang secara tidak langsung juga memberikan kontibusinya dalam pendidikan nasional. Hal ini dibuktikan dengan adanya lulusan-lulusan pondok pesantren yang turut berpartisipasi dalam pembangunan. 

Oleh karena itu, tidak salah apabila setiap daerah pemerintahnya terus memberikan perhatian terhadap pondok pesantren, karena dapat mencerdaskan kehidupan bangsa dan meningkatkan kualitas sumber daya manusia. Salah satu daerah yang juga fokus pada peningkatkan kualitas ponpes ialah kabupaten Sarolangun, Jambi. 

Pesantren di Kabupaten Sarolangun

Pesantren di kabupaten Sarolangun jumlahnya ada sekitar 22 pesantren. Masing – masing pesantren ini memiliki visi dan misi yang berbeda-beda, akan tetapi secara keseluruhan bertujuan untuk mencetak generasi islam yang tanggung, beriman, bertaqwa dan berpengetahuan luas. 

Pondok Pesantren di Kabupaten Sarolangun

Berikut di bawah ini yang merupakan beberapa contoh daftar nama pondok pesantren di kabupaten Sarolangun adalah :

1. Nurul Haq 

Daftar nama pondok pesantren di kabupaten Sarolangun yang pertama adalah Pondok Pesantren Nurul Haq beralamat di Jl. Sarolangun-Tembesi. Jumlah santri yang ada di ponpes ini yaitu ada sekitar 204 santri dengan 14 ustadz yang mengajar. 

2. Hafidz Al-Fatah

Pondok Pesantren Hafidz Al-Fatah beralamat di Jl. Lintas Sumatera,Km. 24. Desa Teluk Kecimbung. Sedangkan untuk jumlah santrinya sendiri yaitu berjumlah sekitar 81 santri dan pengajarnya ada 7 orang. 

3. Pontrn Assyafi'iyah

Pondok Pesantren Pontrn Assyafi'iyah beralamat di Jl. Pesantren. Santri di pondok pesantren Pontrn Assyafi’iyah berjumlah 59 santri dengan 6 guru yang mengajar. 

4. Babussalam

Pondok Pesantren Babussalam beralamat di Desa Mentawak Baru dan didirikan sejak tahun 1992 oleh seseorang yang bernama Hadrotussyaikh Ky Irfan. Ponpes ini mempunyai jumlah santri sebanyak 92 santri dengan 8 orang ustadz yang membimbing.

Kegiatan ekstrakurikuler yang ada di pesantren Babussalam antara lain seperti futsal, volley, tahsin, tahfidz, pramuka, praktek ubudiyah, hadroh, khutbah 3 bahasa, seni baca quran, dan lain-lain. Sedangkan fasilitasnya meliputi gedung sekolah, pesantren, UKS, masjid, lapangan serbaguna, aula, perpustakaan, kanti, koperasi sekolah dan sebagainya.  

5. Al Hidayah

Pondok Pesantren Al Hidayah beralamat di Jl. Cokro Aminoto Aur Gading dan sudah didirikan sejak tahun 1982, oleh karena itu pesantren ini dianggap sebagai sala satu pesantren tertua yang ada di Jambi. Pesantren ini memiliki jumlah santri sebanyak 240 santri dengan 16 guru yang mengajar disana. 

6. Al Fattah

Pondok Pesantren Al Fattah beralamat di Jl. Kh. Sayuthi, No. 01 Ds. Payolebar. Selain itu ponpes Al Fattah juga telah memiliki santri sekitar 135 santri dengan 9 ustadz yang mengajar. 

7. Nurul Jadid

Pondok Pesantren Nurul Jadid beralamat di Pasar Singkut. Jumlah santri di ponpes ini yaitu ada 126 santri dengan 9 ustadz yang membimbing. 

8. Salaful Muhajirin

Pondok Pesantren Salaful Muhajirin didirikan oleh seseorang yang bernama KH Rofii Ahmad, S.Ag, M.Pd.I tepatnya pada tahun 2002. Ponpes ini lokasinya berada di Jalan Poros. Dusun PurwosarI desa Bukit Burau.

Selain itu, santri yang ada di pondok pesantren Salaful Muhajirin berjumlah 130 santri dengan 9 guru yang mengajar.

Ponpes yang satu ini memiliki 3 program pendidikan yaitu pendidikan formal, non formal dan takhassus. Mengenai program takhassus ini sendiri, diperuntukkan bagi santri yang memiliki kemauan tinggi untuk menghafal quran, agar menjadi seorang hafidz maupun hafidzoh.  

9. Asalamah45 

Pondok Pesantren Asalamah45 beralamat di jl Lintas sumatera. Pondok pesantren Asalamah45 juga sudah mempunyai santri dengan jumlah 112 santri dan 8 ustadz yang mengajar di sana. 

10. Al Manar

Pondok Pesantren Al Manar beralamat di Jl. Sarolangun Muara Tembesi Km 14 dan didirikan sejak tahun 2000. Pesantren ini mempunyai santri yang terdiri dari 238 santri putra dan 152 santri putri dengan 68 pengurus pesantren.

Sedangkan untuk alumni pesantren sendiri ada sekitar 357 orang, baik putri maupun putra. Kegiatan ektrakurikuler di ponpes ini antara lain ialah tahsin dan tahfidz al- pelatihan organisasi dan leadership, pramuka, qur’an, memanah, ekskul seni budaya, pidato 3 bahasa, dan silat.

Itulah daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Sarolangun, Provinsi Jambi yang bisa diberikan.

Belum ada Komentar untuk "10 Pondok Pesantren di Kabupaten Sarolangun yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel