10 Pondok Pesantren di Kabupaten Simalungun Yang Terkenal

Pesantren di Kabupaten Simalungun

Pondok pesantren merupakan lembaga pendidikan islam yang tidak hanya mengajarkan ilmu-ilmu agama sesuai al quran dan as sunnah. Akan tetapi pondok pesantren ini mengajarkan generasi muda atau para santri untuk memiliki akhlak baik, bermoral, dan berkepribadian dengan baik pula.

Pondok pesantren sendiri sudah tersebar ke seluruh nusantara, salah satunya yaitu di Sumatera Utara yang ada di Kabupaten Simalungun. Kabupaten ini terdiri dari 32 kecamatan yang mana beberapa dari kecamatan tersebut terdapat pondok pesantren yang digunakan belajar para santriawan maupun santriwati. 

Pesantren di Kabupaten Simalungun

Jumlah pesantren yang ada di Kabupaten Simalungun ini ada sekitar 10 pesantren. Pesantren disini memiliki tujuan yang sangat mulia yaitu membentuk dan menciptakan generasi islam yang berkahlak baik, cerdas dan memiliki ketrampilan yang bisa diandalkan dalam semua bidang pengetahuan.  

Daftar Pesantren di Kabupaten Simalungun

Daftar pesantren di Kabupaten Simalungun diuraikan sebagai berikut dibawah ini :

1. Al Kautsar

Pondok Pesantren Al Kautsar berdiri pada tahun 1986. Alamat Pondok Pesantren Al Kautsar ini yaitu berada di Jalan Pelita No. 08 Karang Anom. Pesantren al kautsar juga memiliki beberapa visi diantaranya yaitu untuk beribadah an mengharapkan ridho Allah S.W.T serta mengimplementasikan fungsi kepemimpinan dimuka bumi.

Selain itu pesantren ini juga bertujuan untuk membentuk sumber daya manusia ( SDM ) yang Muttaqin dan Muhsinin, berbudi tinggi, berpengetahuan luas, berbadan sehat, berfikiran bebas dan beramal ikhlas, kreatif, dan mandiri. 

2. Al Barokah

Pondok Pesantren Al Barokah berdiri sejak tahun 2000an, tepatnya di tahun 2011. Lokasi Pondok Pesantren Al Barokah ini yaitu berada di Jalan Gotong Royong, Desa Silinduk. Pendiri pondok pesantren ini ialah seorang tokoh masyarakat yang memiliki hati mulia yaitu bernama H. Syamsir Siregar dan H. Amri Siregar.

Umumnya santri tamatan ponpes ini tetap bisa melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi yang bukan dibidang agama, misalkan seperti tehnik, militer, hukum, bahkan kepolisian. Di tahun 2020 santri yang ada di pesantren ini jumlahnya mencapai 292 orang dengan 8 orang ustadz yang mengajar. 

3. Pondok Pesantren Modern Darul Muttaqin

Berdirinya Pondok Pesantren Modern Darul Muttaqin ini yaitu sudah dilakukan sejak tahun 1993. Sedangkan untuk alamat lengkap Pondok Pesantren Pondok Pesantren Modern Darul Muttaqin yaitu berada di Jalan Duriat Huta Ii Karang Anyar. Pesantren ini memiliki jumlah santri sekitar 168 orang dengan 12 orang ustadz yang membimbing. 

4. Surya Agung 

Berikutnya ialah Pondok Pesantren Surya Agung yang berdiri pada tahun 2000. Pondok Pesantren Surya Agung beralamat di Jl Ir H A E Nainggolan Mm dengan jumlah santri sekitar 100 orang dan pengajar atau ustadz yang jumlahnya mencapai 8 orang. 

5. Nurul Iman

Pondok Pesantren Nurul Iman berdiri pada tahun 1994. Alamat Pondok Pesantren Nurul Iman ini berada di Silau Dunia.

Perlu anda ketahui bahwa dalam sejarahnya nama pertama pondok pesantren ini adalah Jabal Uhud, kemudian diganti karena alasan dana dan lain sebagainya. Jumlah santri yang ada di ponpes ini juga sudah sekitar 100 santri lebih. 

6. Baitussalam

Pondok Pesantren Baitussalam berdiri pada tahun 1989. Sedangkan alamatnya berada di Simpang Mangga. Jumlah santri di pesantren baitussalam yaitu ada 51 orang dengan 6 orang ustadz yang mengajar. 

7. Luqman

Pondok Pesantren Luqman berdiri pada tahun 1987 dan alamatnya berada di Jalan Besar Bandar Tongah No.31. Santri yang ada di ponpes ini berjumlah sekitar 225 orang dengan 14 ustadz yang mengajar. 

8. Pondok Pesantren Syekh Salman Daim Bandar

Selanjutnya yaitu Pondok Pesantren Syekh Salman Daim Bandar. Alamat ponpes ini berada di Bandar Tinggi Kode Pos 21257, Kecamatan Bandar Simalungun. 

9. Pondok Pesantren Darul Arqam Bandar

Alamat Pondok Pesantren Darul Arqam, Bandar berada di Desa Rembang Susu, Kecamatan Bandar Simalungun. 

10. Pondok Pesantren Istiqomah, Maligas Tongah

Alamat pondok pesantren ini yaitu berada di Maligas Tongah, Kecamatan Tanah Jawa, Simalungun.

Nah, itulah tadi informasi yang bisa di bagikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Simalungun.

Belum ada Komentar untuk "10 Pondok Pesantren di Kabupaten Simalungun Yang Terkenal"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel