10 Pondok Pesantren di Kabupaten Solok yang Bagus

 

Daftar Pesantren di Kabupaten Solok

Pernahkah anda pergi ke Provinsi Sumatera Barat? Provinsi ini memiliki banyak kabupaten, salah satunya ialah Kabupaten Solok. Mengenal lebih jauh terkait Kabupaten Solok pada dasarnya daerah ini dianggap sebagai salah satu pusat produksi terbesar yang ada di Sumatera Barat. 

Sehingga kegiatan perekonomian di wilayah ini bisa dikatakan sudah sangat baik. Selain itu Kabupaten Solok juga sangat terkenal akan keindahan alamnya dan dibuktikan dengan beberapa sektor pariwisata yang sangat bagus seperti danau singkarak, danau di atas, danau di bawah, danau tuo dan lain – lain. 

Pesantren di Kabupaten Solok

Kabupaten soslok selain dikenal dengan keindahan alam dan kegiatan ekonominya yang baik juga memiliki kualitas pendidikan agama islam yang unggul. Hal ini dibuktikan dengan berdirinya beberapa pondok pesantren di Kabupaten Solok yang mempunyai tujuan untuk mewujudkan generasi muda agar paham ilmu agama dengan baik serta berakhlak mulia.

Daftar Pesantren di Kabupaten Solok

Beberapa daftar pesantren di Kabupaten Solok yaitu diuraikan sebagai berikut ini :

1. PPS Nurul Yaqin Al-`Arifi

Pondok Pesantren PPS Nurul Yaqin Al-`Arifi beralamat di Jr. Data Cinangkiak. Santri yang ada di PPS Nurul Yaqin Al – Arifi yaitu ada sebanyak 101 santri dengan 7 ustadz yang mengajar. 

2. Pondok Pesantren Darul Ilmi

Pondok Pesantren Darul Ilmi beralamat di Jr. Kubang Gajah Nagari Singkarak. Pesantren Darul Ilmi memiliki santri yang jumlahnya kurang dari 100 orang yaitu hanya sekitar 74 santri dengan 16 ustadz atau pengajar. 

3. Darussalam

Pondok Pesantren Darussalam beralamat di Jl. Lintas Sumatera Km 9 Sumani Solok. Jumlah santri di ponpes ini cukup banyak yaitu sekitar 221 santri dengan 14 ustadz yang membimbing. 

4. Mti Paninggahan 

Pondok Pesantren Mti Paninggahan beralamat di Jrg Subarang Nagari Paninggahan. Santri di pesantren Mti Paninggahan yaitu ada sekitar 298 orang. Sedangkan jumlah pengajarnya ada sebanyak 16 ustadz. 

5. Syekh Abdul Halim Al-Khalidi

Pondok Pesantren Syekh Abdul Halim Al-Khalidi beralamat di Taratak Teleng Sarik Alahan Tigo Kecamatan Hiliran Gumanti. Pesantren ini mempunyai santri yang jumlahnya 100 santri dengan jumla ustadz sebanyak 8 orang. 

6. Darussalam

Pondok Pesantren Darussalam beralamat di Jr. Pinti Kayu Nagari Sarik Alahan Tigo. Pesantren Darussalam mempunyai santri yang jumlahnya ada sekitar 90 orang. Untuk jumlah pengajarnya sendiri ada sebanyak 7 ustadz. 

7. Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi El Hakim

Pondok Pesantren Sekolah Tinggi Ilmu Ekonomi El Hakim lokasinya berada di Jalan Raya Dt. Tumangguang No. 4 Sulit Air. Jumlah santri di ponpes ini yaitu ada sekitar 102 orang. Sedangkan jumlah ustadz yang mengajar ada sekitar 7 orang. 

8. Pondok Pesantren Dr M Natsir

Pondok Pesantren Dr M Natsir beralamat di Jln. Raya Padang Muaro Labuah, Batu Bagiriek Alahan Panjang. Santri di ponpes Dr M Natsir berjumlah 362 santri dengan 19 ustadz yang membimbing. Pondok pesantren Dr M Natsir memiliki sejarah panjang dalam pendiriannya. Awal mulanya sebelum pondok ini dibangun, telah didirikan sebuah yayasan terlebih dahulu yang bernama Yayasan Nurul Iman.

Setelah itu mulailah dikembangkan yayasan tersebut dan ponpes ini mulai dibangun dengan perjuangan tokoh masyarakat yang ada di daerah tersebut. Apabila dilihat dari segi georafis, ponpes ini mempunyai letak yang strategis, karena terletak di pinggir jalan.

Selain itu daerah pesantren juga dikeliling pemandangan alam yang sangat menyejukan mata. Sehingga hal ini menjadi salah satu kelebihan atau keuntungan dari pesantren selain sarana prasarana yang mendukung pula.  

9. Syekh Abdul Aziz

Pondok Pesantren yang berikutnya adalah pesantren Syekh Abdul Aziz beralamat di Jr. Dalam Nagari Nagari Koto Hilalang. Jumlah santri di ponpes ini yaitu ada sekitar 130 santri dengan 9 guru atau ustadz.

10. Muhammadiyah Saningbakar

Terakhir yaitu ada Pondok Pesantren Muhammadiyah Saningbakar beralamat di Simpang Mesjid Taqwa Muhammadiyah Saningbakar. Santri yang ada di pondok pesantren Muhammadiyah Saningbakar berjumlah 115 santri dengan 7 ustadz yang mengajar.

Itulah tadi informasi yang bisa kami berikan pada segenap pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Solok, Sumatra Barat. Semoga memberikan manfaat.

Belum ada Komentar untuk "10 Pondok Pesantren di Kabupaten Solok yang Bagus"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel