10+ Pondok Pesantren Terbaik di Kabupaten Tebo

 

Pesantren di Kabupaten Tebo

Pondok pesantren adalah institusi yang paling kokoh dan kuat dalam hal membentengi umat dari berbagai kerusakan moral maupun akidah serta munculnya aliran-aliran menyimpang. Oleh karena itu ponpes sangat penting sebagai lembaga pendidikan islam yang dapat memberikan bekal ilmu agama maupun pengetahuan umum lainnya untuk generasi muda. 

Melalui ponpes, generasi muda tidak hanya akan diberi pengetahuan agama islam saja, melainkan juga dibimbing dan diarahkan pada kemampuan atau bakat yang ada dalam dirinya. Karena ponpes di masa sekarang ini jauh lebih modern dengan berbagai program unggul yang ditawarkan namun tetap fokus utamanya ialah mendidik santri dengan akhlak dan adab yang terpuji. 

Pondok Pesantren di Kabupaten Tebo

Salah satu pondok pesantren yang selalu mengembangkan kualitasnya adalah ponpes di Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi.

Jumlah pondok pesantren di daerah ini ada sekitar 35 pesantren. Jumlah santrinya bukan hanya berasal dari daerah kabupaten Tebo melainkan juga berasal dari luar daerah yang jumlahnya mencapai 1.675 santri, sedangkan dari pemukiman sendiri berjumlah 7.087 santri. 

Daftar Pondok Pesantren Di Kabupaten Tebo

Beberapa daftar nama pondok pesantren di kabupaten Tebo adalah sebagai berikut ini;

1. Minhajul Islah

Pondok Pesantren Minhajul Islah beralamat di Jl. Padang Lama. Santri yang menempuh pendidikan di pesantren Minhajul Islah ini jumlahnya ada sekitar 106 santri dengan 8 ustadz yang mengajar.  

2. Al-Hariri 

Pondok Pesantren Al-Hariri beralamat di Jalan Lingkar Barat Km 40. Rt: 008 Desa Betung Bedarah Barat. Pesantren Al-Hariri memiliki jumlah santri sekitar 399 santri. Sedangkan jumlah guru yang mengajar ada 21 orang. 

3. Pondok Pesantren Baabussalam 

Pondok Pesantren Baabussalam alamatnya berada di Jalan Lintas Tebo, Provinsi Jambi. Pesantren ini memiliki jumlah santri yang belajar di pondok sebanyak 563 santri dengan 28 ustadz yang membimbing. 

4. All-Inayah

Pondok Pesantren All-Inayah beralamat di Jl. Lesmana Rt/Rw 005/010 Desa Perintis Kec. Rimbo Bujang Kab Tebo. Ponpes All-Inayah memiliki santri sebanyak 583 santri. Sedangkan jumlah pengajarnya ada 28 ustadz. 

5. Nurul Huda

Pondok Pesantren Nurul Huda beralamat di Jl. 24 Desa Perintis. Santri di ponpes Nurul Huda berjumlah 94 santri dan 8 ustadz yang mengajar. 

6. Darul Ulum

Pondok Pesantren Darul Ulum beralamat di Jl. Merak. Pesantren ini memiliki santri sebanyak 55 santri dengan 6 ustadz yang membimbing. 

7. Raudhatul Mujawwidin

Pondok Pesantren Raudhatul Mujawwidin beralamat di Jl. Meranti Timur. Santri yang belajar di ponpes Raudhatul Mujawwidin yaitu ada sekitar 991 santri. Sedangkan jumlah pengajarnya ada 45 orang. Tokoh utama yang mendirikan ponpes ini yaitu bernama  Muhammad Burhan Jamil MY.

Pesantren ini juga memiliki moto yang sederhana yaitu “Unggul, Utuh, Istiqomah dan Terjangkau Masyarakat Luas”. Sedangkan visinya ialah mewujudkan generasi islam yang memiliki keimanan yang kokoh, keluasan ilmu pengetahuan dan berakhlaqul karimah.

Kegiatan ekstrakurikulernya meliputi sepak bola, kaligrafi, bahasa asing, hadrah/rebana, futsal, seni atau teater, pecinta alam, dan basket.

Fasilitas di pesantren Raudhatul Mujawwidin juga sudah cukup lengkap antara lain seperti masjid, asrama putri dan putra, aula pesantren, gedung madrasah, lapangan olahraga, lap komputer, dan kamar mandi. 

8. Assalam

Pondok Pesantren Assalam berdiri sejak tahun 1989 dan beralamat di Jl. Pahlawan. Ponpes ini mempunyai jumlah santri sebanyak 682 santri dengan 32 ustadz yang mengajar. Visi dari pesantren Assalam adalah prestasi tinggi berpijak pada budaya islam.

Fasilitas yang ada di pesantren ini antara lain ialah ruang belajar, ruang multimedia, perpustakaan, laboratorium komputer, asrama, masjid, kantin, dan lapangan olahraga. Sedangkan kegiatan ekstrakurikuler meliputi drumb band, qosidah, seni kaligrafi, PMI, pramuka, pidato 3 bahasa dan lain – lain. 

9. Nurul Jadid

Pondok Pesantren Nurul Jadid beralamat di Jl. Kh. Ahmad Dahlan. Pesantren Nurul Jadid diketahui memiliki santri sebanyak 146 orang dan 11 guru yang mengajar. 

10. Darul Falah

Pondok Pesantren Darul Falah beralamat di Jalan Sulthan Thaha Rt.03 Rw.03 Kelurahan Wirotho Agung. Santri di pesantren ini jumlahnya yaitu ada 151 santri dengan 12 ustadz pembimbing.

Itulah tadi daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di Kabupaten Tebo, Provinsi Jambi. Semoga bisa memberikan wawasan bagi semua pembaca.

Belum ada Komentar untuk "10+ Pondok Pesantren Terbaik di Kabupaten Tebo"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel