Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10 Pesantren Terbaik di Tulang Bawang Barat yang Menjadi Pilihan

 

Pondok Pesantren di Tulang Bawang Barat

Provinsi Lampung merupakan daerah yang terdiri dari beberapa kabupatan, dan salah satu nama kabutennya adalah kabupaten Tulang Bawang Barat. Kabupaten ini diketahui memiliki beberapa objek wisata yang sering dikunjungi wisatawan. 

Beberapa contoh objek wisata di kabupaten ini yaitu seperti Tugu Rato, Taman Agro Wisata, dan Patung Megalitik. Sedangkan untuk luas wilayah kabupaten Tulang Bawang Barat sendiri yaitu mencapai 1.201,15 km2. 

Pesantren di Kabupaten Tulang Bawang Barat

Kabupaten Tulang Bawang Barat memiliki setidaknya 37 pondok pesantren. Masing-masing pesantren tersebut berada di kecamatan Batu Putih, kecamatan Gunung Agung, kecamatan Lambu Kibang, kecamatan Pagar Dewa, dan lain sebagainya. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Tulang Bawang Barat

Berikut dibawah ini yang termasuk contoh daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Tulang Bawang Barat adalah:

1. Pondok Pesantren Bahrul Ulum

Pondok Pesantren Bahrul Ulum beralamat di Jl. Dua Simpang Unit 7 Rt/Rw 004/002 Komplek Itara Tiyuh Lesung Bhakti Jaya menjadi salah satu pondok pesantren terbaik di Tubaba. Dimana santri yang menempuh pendidikan di pesantren Bahrul Ulum jumlahnya ada 131 santri dengan 8 ustadz pengajar.

Disisi lainnya, di pesantren ini terdapat pendidikan formal antara lain tingkatan TK, Mts, MA (Madrasah Aliyah).

2. Miftahul Huda Al Amin

Pondok Pesantren Miftahul Huda Al Amin beralamat di Jl.Barokah Blok F Indraloka Mukti. Pesantren ini memiliki jumlah santri sekitar 39 orang dengan 6 tenaga pendidik yang mengajar di pesantren tersebut. 

3. Darul Hidayah Al Anshori

Pondok Pesantren Darul Hidayah Al Anshori beralamat di Jln.Gajah Mada No.216 Kelurahan Panaragan Jaya. Santri yang belajar di pondok pesantren ini jumlahnya yaitu ada 139 santri. Sedangkan jumlah pengajarnya ada 11 orang. 

4. Hidayatul Mubtadiin

Pondok Pesantren Hidayatul Mubtadiin beralamat di Jl. Jati Alim Blok Pon Pes Mhm No. 204 Kel. Dayamurni Rt/Rw 002/002.Darussalamah. Jumlah santri di ponpes ini yaitu ada 48 orang dengan 6 ustadz yang membimbing.  

5. Pondok Pesantren Darussalamah 

Pondok Pesantren Darussalamah beralamat di Sp 3 C Diponogoro 6 Rk 06/3 Rw 2. Pesantren Darussalamah memiliki santri yang jumlahnya mencapai 68 orang. Sedangkan jumlah guru yang mengajar ada 6 orang. 

6. An Nur

Pondok Pesantren An Nur beralamat di Jl. Elang No. 9 Rt/Rw 001/006 Kelurahan Daya Murni. Pesantren ini diketahui mempunyai santri yang jumlahnya ada 80 orang, sedangkan jumlah ustadz yang mengajar ada 8 orang. 

7. Nurul Muttaqin

Pondok Pesantren Nurul Muttaqin beralamat di Jl. Brawijaya No. 740 Suku Iv/15 Tiyuh Penumangan Baru. Santri di pesantren ini jumlahnya ada 78 orang dan jumlah pengajarnya ada 5 orang. 

8. Pondok Pesantren Darul Mu`Awanah

Pondok Pesantren Pp Darul Mu`Awanah beralamat di Tiyuh Toto Mulyo RT/RW 008/002. Selain itu pesantren ini juga sudah mempunyai santri yang jumlahnya mencapai 111 santri. Sedangkan jumlah guru yang mengajar ada 8 orang. 

9. Nurul Hidayah Al-Amin

Pondok Pesantren Nurul Hidayah Al Amin beralamat di Jl. Pendidikan Sinar Asahan Indraloka Jaya Rt/Rw 003/001. Pesantren Nurul Hidayah Al Amin memiliki santri yang jumlahnya ada sekitar 143 santri. Sedangkan tenaga pendidiknya ada 11 orang.

Visi pesantren ini yaitu membentuk manusia yang beriman, bertaqwa, kuat beribadah, cerdas dalam berfikir, giat beramal, mandiri dan kreatif, bermanfaat bagi kehidupan diri dan lingkungannya. Kemudian untuk fasilitasnya sendiri, pesantren ini memiliki masjid, majlis utama, asrama, kamar mandi, pusat pembelajaran santri, kantin, unit usaha, dan lain-lain.

10. Darut Tauhid Al Amin 

Pondok Pesantren Darut Tauhid Al Amin beralamat di Jl. Tiga Tiyuh Margodadi Rt/Rw 009/004. Pesantren ini mempunyai santri yang jumlahnya mencapai 63 santri dengan 6 ustadz pembimbing.

Nah, demikianlah tadi daftar informasi yang bisa kami bagikan pada semua pembaca tentang pondok pesantren yang berada di wilayah Kabupaten Tulang Bawang Barat, Provinsi Lampung. Semoga bermanfaat.

2 komentar untuk "10 Pesantren Terbaik di Tulang Bawang Barat yang Menjadi Pilihan"

Unknown 17 Juli 2021 pukul 08.30 Hapus Komentar
Ponpes Al Furqon tak masuk kah ponpes di Tubaba?
Admin 18 Juli 2021 pukul 08.55 Hapus Komentar
Maaf Al Furqon mana nih, alamatnya :)