Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Terbaik di Kota Banjarmasin

 

Pesantren di Kota Banjarmasin

Siapa yang tidak kenal dengan kota Banjarmasin? Kota yang sering dijuluki sebagai kota seribu sungai ini merupakan salah satu wilayah yang ada di Provinsi Kalimantan Selatan. Sesuai dengan julukannya, kota ini memang diketahui memiliki banyak sekali sungai yang pada akhirnya memisahkan pulau – pulau kecil antara lain seperti Pulau Kelayan, Pulau Tatas, Pulau Rantauan Keliling dan lain sebagainya.

Pesantren di Banjarmasin

Kota Banjarmasin juga diketahui memiliki lembaga pendidikan agama islam seperti pondok pesantren. Ponpes di kota ini selalu dikembangkan agar mampu memberikan pendidikan terbaik untuk generasi muda dimasa depan.

Tujuan utama dari setiap ponpes di kota Banjarmasin ialah mencetak generasi cintai quran dan berakhlak karimah. 

Daftar Pondok Pesantren di Kota Banjarmasin

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar nama pondok pesantren di kota Banjarmasin adalah;

1. Al Furqan

Daftar pertama ponpes di kota Banjarmasin adalah Pondok Pesantren Al Furqan. Pesantren yang satu ini beralamat di Jl. Cemara Ujung No. 37 Rt. 15.

2. Al Istiqamah

Pondok Pesantren Al Istiqamah beralamat di Jl. Pekapuran Raya. Pondok pesantren ini didirikan oleh seorang tokoh pendiri ponpes yang bernama H. M Sariman. Sedangkan total jumlah santrinya ada sebanyak 833 orang yang terdiri dari 392 santri laki-laki dan 441 santri perempuan. 

3. Nurul Jannah 

Pondok Pesantren Nurul Jannah beralamat di Jl. Gerilya Gang Bambu No 19. Perlu diketahui bahwa pondok pesantren Nurul Jannah merupakan ponpes yang telah memiliki ribuan santri dan terkenal akan kualitas baiknya. Jumlah santri laki – laki di ponpes ini mencapai 1076 santri, sedangkan santriwatinya ada sekitar 813 orang. 

4. Abnaul Amin

Pondok Pesantren Abnaul Amin beralamat di Jl. Kuin Kecil RT.15 Kelurahan Mantuil Banjarmasin. Ponpes yang satu ini memiliki 21 santri laki – laki dan 30 santri perempuan. Sedangkan nama tokoh pendiri pondok pesantren Abnaul Amin adalah H. Asmuni. 

5. Al Hikmah

Pondok Pesantren Al Hikmah beralamat di Jl. Kelayan A Ii Rt. 15 No. 78 Murung Raya. Jumlah santri yang belajar di ponpes Al Hikmah yaitu ada sebanyak 320 orang. Sedangkan tenaga pendidiknya ada 18 orang. 

6. Al Aminiah 

Pondok Pesantren Al Aminiah beralamat di Jl. Tembus Mantuil Basirih Selatan Ulu Rt.16 Rw. 002. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di ponpes Al Aminiah yaitu ada sekitar 129 orang. Sedangkan nama tokoh pendiri ponpes ini yaitu Sam’ani. 

7. Shiratut Thalibin

Pondok Pesantren Shiratut Thalibin beralamat di Jl.Alalak Utara Rt.11. Pondok pesantren ini diketahui telah memiliki 263 orang santri yang belajar di pesantren. Total keseluruhan santri tersebut terbagi menjadi dua yaitu sebanyak 148 santri laki-laki dan 115 santri perempuan. 

8. Tarbiyatul Islamiyah

Pondok Pesantren Tarbiyatul Islamiyah beralamat di Jl. Alalak Tengah Rt. 15 Rw. 02 No. 32. Pesantren ini diketahui telah memiliki 594 santri dan 29 ustadz yang membimbing serta mengajarkan ilmu agama islam. 

9. Umar Bin Khattab

Pondok Pesantren Umar Bin Khattab beralamat di Jl. Mahat Kasan Komp. Permata Elok Rt. 35 No. 3. Santri yang menimba ilmu di pesantren Umar Bin Khattab yaitu ada 190 orang. Sedangkan jumlah gurunya ada 8 orang. 

10. Al Ihsan

Daftar nama ponpes terakhir yang ada di kota Banjarmasin ialah Pondok Pesantren Al Ihsan. Ponpes ini beralamat di Jl. Pahlawan Gg. Inpres Rt. 02/03 No.60 Seberang Mesjid 70231.

Itulah saja daftar informasi terkait dengan nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kota Banjarmasin, Provinsi Kalimantan Selatan. Semoga saja bisa memberikan wawasan untuk semua kalangan.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren Terbaik di Kota Banjarmasin"