Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren di Kabupaten Barito Kuala yang Bagus

Pondok Pesantren di Kabupaten Barito Kuala

Kalimantan Selatan merupakan provinsi yang luas dan memiliki beberapa kabupaten salah satunya bernama kabupaten Barito Kuala. Luas wilayah kabupaten Barito Kuala ini yaitu 3.284 km². Secara geografis, kabupaten Barito Kuala terdiri dari wilayah datar dengan ketinggiaan sekitar 1 – 3 meter diatas permukaan laut. 

Selain itu kabupaten ini juga merupakan daerah yang diapit oleh dua sungai yaitu sungai barito dan sungai Kapuas. Sedangkan untuk masyarakatnya sendiri sebagian besar terdiri dari etnis Banjar, namun ada pula suku lainnya seperti Suku Jawa, Suku Sunda, Suku Madura, Suku Bugis dan lain – lain.  

Pesantren di Barito Kuala

Pondok pesantren di kabupaten Barito Kuala jumlahnya yaitu ada sekitar 17 pondok. Masing – masing pesantren di kabupaten ini memiliki visi dan misi yang menjadi motivasinya dalam mencetak generasi muda unggul dalam bidang kegamaan maupun pengetahuan umum lainnya. Selain itu ponpes disini juga tersebar ke beberapa kecamatan seperti di kecamatan Belawang, Marabahan, Kuripan dan sebagainya.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Barito Kuala

Berikut dibawah ini yang merupakan beberapa contoh daftar nama pondok pesantren di kabupaten Barito Kuala adalah;

1. Da`Wah Islamiyah

Daftar nama pondok pesantren pertama yang ada di kabupaten Barito Kuala adalah Pondok Pesantren Da`Wah Islamiyah beralamat di Jl. Mekar Sari Rt. 07 Km. 15.5. Pondok pesantren ini terdiri dari 328 santri laki-laki dan 336 santri perempuan. Selain itu tokoh yang berhasil mendirikan pondok pesantren Da’wah Islamiyah yaitu bernama KH. Muhdar.  

2. Ni`Matul Aziz

Pondok Pesantren Ni`Matul Aziz beralamat di Jl. Subarjo Desa Jelapat I Rt. 08. Santri yang menempuh pendidikan di ponpes Ni’matul Aziz berjumlah 308 orang yang terdiri dari 156 santri laki – laki dan 152 santri perempuan. Tokoh pendiri ponpes ini yaitu bernama H. Hanafi.  

3. TMI Al Mujahidin 

Pondok Pesantren TMI Al Mujahidin beralamat di Jl. Jenderal Sudirman Rt. 14 No. 76. Jumlah santri yang belajar di pondok pesantren TMI Al Mujahidin yaitu ada sekitar 146 orang. Sedangkan tenaga pendidiknya berjumlah 11 orang. 

4. Hidayatullah 

Pondok Pesantren Hidayatullah beralamat di Jl. Semangat Baru Rt. 13 Desa Tabunganen Pemurus. Pesantren ini diketahui telah memiliki 190 santri laki – laki dan 157 santri perempuan. Sedangkan untuk gurunya sendiri ada sekitar 27 orang. Kemudian pondok pesantren ini juga memiliki nama tokoh tersendiri yang berhasil mendirikan ponpes yaitu bernama KH. Abdul Muin. 

5. Asasussalam

Pondok Pesantren Asasussalam beralamat di Jl. Anjir Seberang Pasar I Km.15,5. Selain itu pondok pesantren ini juga diketahui telah memiliki 109 santri yang terdiri dari 59 santri laki – laki dan 50 santri perempuan.

Sedangkan untuk jumlah ustadz yang membimbing yaitu ada sekitar 8 orang. Tokoh yang berhasil mendirikan pondok pesantren Asasussalam yaitu bernama H. Achmad Darmaji. 

6. Nurussalam

Pondok Pesantren Nurussalam beralamat di Jl. Anjir Suebarjo Desa Tinggiran Darat Rt. 12. Santri yang belajar di pondok pesantren Nurussalam jumlahnya mencapai 257 orang dengan 14 ustadz yang membimbing. 

7. Al Amin

Pondok Pesantren Al Amin beralamat di Jl. Trans Kalimantan Km.14,9 (Komp. Martapura) Desa Beringin Rt.06-07. Pondok pesantren Al Amin diketahui sudah mempunyai santri yang jumlahnya ada sekitar 224 orang dengan 14 guru yang mengajar.

8. Tarbiyatul Furqan

Pondok Pesantren Tarbiyatul Furqan beralamat di Jl. Ray V Rt. 03 Desa Tanjung Harapan. Santri yang belajar di pondok pesantren ini jumlahnya yaitu 328 orang. Sedangkan untuk tenaga pendidiknya sendiri berjumlah 5 orang. 

9. At Thohiriyah

Pondok Pesantren At Thohiriyah beralamat di Desa Indah Sari Km 15,5 Rt.02. Pesantren ini diketahui mempunyai santri sebanyak 297 orang dengan 16 guru yang mengajar. 

10. Ar Rahmah

Pondok Pesantren Ar Rahmah beralamat di Desa Karya Baru Rt. 04. Santri yang menempuh pendidikan di ponpes ini jumlahnya yaitu ada sekitar 255 orang dan terdapat 14 ustadz yang membimbing.

Demikinalah saja daftar nama-nama pondok pesantren yang berada di wilayah Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan. Semoga saja memberikan wawasan bagi semua pembaca yang sedang membutuhkannya.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren di Kabupaten Barito Kuala yang Bagus"