Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren di Kabupaten Bone yang Bagus

 

Pondok Pesantren di Kabupaten Bone

Kabupaten Bone merupakan salah satu daerah yang cukup luas di Sulawesi Selatan. Pada kabupaten ini masyarakatnya selain menggunakan bahasa Indonesia dalam berkomunikasi sehari-hari, ternyata juga sering menggunakan bahasa daerah yang disebut dengan bahasa Bajo dan bahasa Bugis.

Pesantren di Bone

Kabupaten Bone termasuk wilayah yang memperhatikan pentingnya pendidikan bagi generasi muda. Salah satu lembaga pendidikan yang ada di kabupaten ini ialah lembaga pendidikan agama islam seperti pondok pesantren.

Ponpes di kabupaten Bone jumlahnya ada sekitar 13 pesantren yang masing-masing berusaha untuk selalu meningkatkan kualitasnya.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Bone

Daftar nama pondok pesantren yang ada di kabupaten Bone antara lain ialah sebagai berikut ini : 

1. Al Mubarak

Pondok Pesantren Al Mubarak berdiri pada tahun 2005. Pondok Pesantren Al Mubarak beralamat di Jampalenna.

Jumlah santri laki-laki yang ada di ponpes Al Mubarok ini yaitu ada sekitar 40 orang, sedangkan santri perempuannya ada 59 orang. Selain itu tokoh yang berhasil mendirikan pondok pesantren Al Mubarok bernama Drs. H. M. Rapi Anci, M.Ag. 

2. Hidayatullah Panyula

Pondok Pesantren Hidayatullah Panyula berdiri pada tahun 1994. Pondok Pesantren Hidayatullah Panyula beralamat di Jl. Sungai Musi KM 5 Panyula. Santri yang belajar pendidikan agama islam di pondok pesantren ini jumlahnya ada sekitar 157 orang, sedangkan jumlah gurunya ada 12 orang. 

3. Pp Bina Insan Islami

Pondok Pesantren Pp Bina Insan Islami beralamat di Desa Galung Kec. Ulaweng. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di pondok pesantren Pp Bina Insan Islami ada 96 orang. Sedangkan tenaga pendidik yang mengajarkan dan membimbing para santri agar memiliki bekal agama islam lebih mendalam lagi jumlahnya ada sebanyak 4 orang. 

4. Modern Al-Junaidiyah Biru

Pondok Pesantren Modern Al-Junaidiyah Biru beralamat di Jl. Jenderal Sudirman No. 5-7 Watampone. Banyaknya santri yang belajar ilmu agama islam di ponpes Modern Al – Junaidiyah Biru ada sekitar 449 orang. Ponpes ini juga termasuk salah satu pesantren yang banyak peminatnya. Selain itu banyaknya guru yang mengajar yaitu ada sekitar 24 orang.  

5. Darul Abrar

Pondok Pesantren Darul Abrar beralamat di Jl. Andi Cekele No. 1 Desa Balle Kecamatan Kahu Bone Sulsel.

Banyaknya santri yang menimba ilmu di ponpes Darul Abrar yaitu ada sekitar 469 orang. Sedangkan jumlah tenaga pendidik yang mengajarkan dan membimbing para santri agar menjadi manusia yang berbudi pekerti luhur ada sekitar 25 orang. 

6. Al-Ikhlas 

Pondok Pesantren Al-Ikhlas beralamat di Jl. Pendidikan No. 2. Pondok pesantren Al-Ikhlas diketahui memiliki ribuan santri. Bahkan ponpes yang satu ini termasuk pesantren terbaik yang ada di kabupaten Bone. Hal ini terbukti dengan banyaknya peminat yang ingin masuk atau menjadi bagian dari ponpes Al-Ikhlas. Jumlah santrinya yaitu mencapai 1.150 orang. Sedangkan tenaga pendidiknya ada 17 orang. 

7. Darul Huffadh

Pondok Pesantren Darul Huffadh beralamat di Tuju-Tuju Desa Tarasu. Pesantren Darul Huffadh mempunyai jumlah santri hingga ribuan orang, karena ponpes ini juga termasuk pesantren yang unggul di kabupaten Bone.

Jumlah santrinya yaitu mencapai 1.222 orang. Sedangkan ustadz yang membimbing para santri ada sekitar 54 orang. 

8. Pp Al-Amir Fil Jannah Bajoe

Pondok Pesantren Pp Al-Amir Fil Jannah Bajoe berdiri pada tahun 1994. Pondok Pesantren Pp Al-Amir Fil Jannah Bajoe beralamat di Jl. Kesehatan No. 18 Kel. Bajoe. Santri yang menempuh pendidikan di ponpes ini jumlahnya ada sekitar 248 orang dengan 16 ustadz yang membimbing. 

9. Pesantren Putri Al Manawwarah

Pondok Pesantren Pesantren Putri Al Manawwarah beralamat di Desa Panyili. Banyaknya santri yang belajar ilmu pendidikan agama islam di pesantren Putri Al Manawwarah yaitu ada 83 orang dengan 7 guru yang membimbing. 

10. Nurul Istiqamah 

Pondok Pesantren Nurul Istiqamah beralamat di Jln Poros Patimpeng - Salomekko Lrg Kamp. Baru Bilae. Santri di ponpes ini jumlahnya ada sekitar 85 orang. Sedangkan banyaknya guru yang mengajar yaitu ada 7 orang.

Itulah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Bone, Provinsi Sulawesi Selatan. Semoga saja bisa berguna bagi pembaca sekalian.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren di Kabupaten Bone yang Bagus"