Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

4+ Pesantren di Kabupaten Kapuas Hulu yang Keren

 

Pesantren di Kapuas Hulu

Kabupaten Kapuas Hulu merupakan kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Barat dengan ibukotanya di Kota Putussibau. Kabupaten Kapuas Hulu termasuk daerah yang terdiri dari beberapa kecamatan yaitu ada sekitar 23 kecamatan antara lain seperti kecamatan badau, batang lupar, bunut hilir, bunut hulu, dan lain-lain. 

Kegiatan perekonomian di wilayah ini yang menjadi andalannya adalah hasil sektor hutan. Selain itu ada pula sektor perikanan yang menghasilkan berbagai ikan seperti ikan jelawat, semah, belida, lais, arwana dan sebagainya. 

Pesantren di Kapuas Hulu

Kabupaten Kapuas Hulu termasuk kabupaten yang memiliki lembaga pendidikan agama islam seperti pondok pesantren. Walaupun jumlah ponpes di kabupaten ini sangat terbatas yaitu hanya ada 4 pesantren.

Akan tetapi kualitas setiap pesantren tersebut selalu dijaga dengan baik agar dapat membentuk generasi muda yang berakhlak baik, berwawasan luas, sekaligus mencintai quran dengan sepenuh hati. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Kapuas Hulu

Daftar nama pondok pesantren di kabupaten Kapuas Hulu antara lain adalah sebagai berikut ini;

1. Al-Jihad

Pondok Pesantren Al-Jihad didirikan pada tanggal 1 November 1991. Pesantren ini beralamat di Jl.Mayjen H.Parjoko S. No.7 Lintas Selatan Nanga Tepuai. Pesantren ini tidak hanya berfokus pada pengajaran mengenai agama islam, akan tetapi para santri juga dibekali berbagai ketrampilan untuk menunjang kehidupannya setelah lulus dari pondok.

Beberapa ketrampilan tersebut antara lain seperti ketrampilan leadership, ketrampilan nasyid, ketrampilan keputrian, ketrampilan seni beda diri, dan lain-lain. Visi pesantren Al-Jihad ialah mewujudkan sumber daya manusia yang berkualitas menuju masyarakat madani dalam bingkai NKRI. 

2. Syahrunnur

Daftar nama pondok pesantren berikutnya yang ada di kabupaten Kapuas Hulu adalah Pondok Pesantren Syahrunnur. Pesantren ini beralamat di Jl. Lintas Suruk Hulu Desa Suka Maju.

3. Ulil Albab Riam Mengelai 

Pondok Pesantren Ulil Albab Riam Mengelai didirikan pada tanggal 21 Mei 2010 dan beralamat di Jalan Lintas Boyan Hulu Km : 8,5 Ds Riam Mengelai.

Pesantren ini memiliki beberapa fasilitas yang menunjang pembelajaran para santri antara lain seperti gedung sekolah, asrama santri, rumah ustad, masjid serta fasilitas pendukung lainnya. Selain itu di ponpes ini juga ada berbagai kegiatan ekstrakurikuler seperti rebana, seni bela diri, kepramukaan, khatib jumat dan lain sebagainya.   

4. Hidayatul Mujtahidin Perbatasan

Terakhir yaitu ada Pondok Pesantren Hidayatul Mujtahidin Perbatasan. Pondok pesantren ini beralamat di Jl. Panglima Ryachudu.

Itulah saja informasi terkait dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang berada di wilayah Kabupaten Kapuas Hulu, Provinsi Kalimantan Barat. Semoga saja bisa bermanfaat.

Posting Komentar untuk "4+ Pesantren di Kabupaten Kapuas Hulu yang Keren"