Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren di Kabupaten Kutai Kartanegara Yang Bagus

pondok Pesantren di Kabupaten Kutai Kartanegara

Luas wilayah kabupaten Kartanegara yaitu mencapai 27.263,10 km². Kabupaten ini berada di Provinsi Kalimantan Timur dan terbagi atas 18 kecamatan dengan 225 desa. Selain itu kabupaten Kutai Kartanegara juga merupakan wilayah yang kaya dengan sumber daya alam seperti minyak bumi maupun gas alam. Oleh karena itu sektor perekonomian yang paling maju di daerah ini ada pada bidang pertambangan.  

Pesantren di Kutai Kartanegara

Kabupaten Kutai Kartanegara juga termasuk daerah yang memiliki potensi pendidikan dengan sangat baik. Berbagai jenjang pendidikan ada di daerah tersebut mulai dari paling rendah hingga perguruan tinggi.

Bahkan di kabupaten Kutai Kartanegara ini juga ada lembaga pendidikan agama islam seperti pondok pesantren yang tersebar di beberapa kecamatan seperti pada kecamatan Kota Bangun, Angganal, Muara Jawa, dan lain-lain.  

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Kutai Kartanegara

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar nama pondok pesantren di Kabupaten Kutai Kartanegara adalah;

1. Ibnu Karim

Pondok Pesantren Ibnu Karim beralamat di jl.Gunung Kiyai KM.06. pondok pesantren Ibnu Karim diketahui telah memiliki 32 santri dan 6 guru yang mengajar di pesantren tersebut. 

2. Al Hayat Al Islamiyah

Pondok Pesantren Al Hayat Al Islamiyah beralamat di Jl. Batuah Km 36 Rt 06 Samboja. Santri yang ada di pondok pesantren Al Hayat Al – Islamiyah jumlahnya ada sekitar 84 orang. Sedangkan jumlah tenaga pendidiknya ada sekitar 17 orang. 

3. At-Tadzkir

Pondok Pesantren At-Tadzkir beralamat di Jl. Ex PT Hima Loa Duri Ilir. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di ponpes At-Tadzkir ada sekitar 140 orang dengan 9 ustadz yang membimbing. 

4. Al-Hidayah

Pondok Pesantren Al-Hidayah beralamat di Jl. Ruwan. Pesantren ini diketahui mempunyai 322 santri yang belajar di ponpes Al Hidayah. Selain itu jumlah tenaga pendidik yang mengajarkan ilmu agama islam kepada para santri ada sebanyak 16 orang. 

5. Al Ikhsan

Pondok Pesantren Al Ikhsan beralamat di Jl. Poros Km 47 Rt.01 Suka Maju Tenggarong Seberang. Jumlah santri yang belajar di pondok pesantren Al Ikhsan yaitu ada sekitar 56 orang. Sedangkan jumlah guru yang mengajar ada 6 orang. 

6. Al Islam Al Arsyadi

Pondok Pesantren Al Islam Al Arsyadi beralamat di Jl. Bpp Handil Ii No.219 Kel. Handil Baru 75279. Pesantren ini memiliki santri yang jumlahnya mencapai 858 orang. Sedangkan jumlah ustadz yang mengajar ada sebanyak 39 orang. 

7. Al Kautsar

Pondok Pesantren Al Kautsar beralamat di Jalan Gunung Pegat No. 34 A RT 35 Kelurahan Melayu 75512. Selain itu ponpes ini juga sudah mempunyai 176 santri dan 12 guru yang membimbing para santri. 

8. Al Mashuriyah

Pondok Pesantren Al Mashuriyah beralamat di Jl. Ahmad Yani Rt.19 Desa Bukit Raya. Jumlah santri yang menimba ilmu di pondok pesantren Al Mashuriyah ini jumlahnya ada sebanyak 63 orang. Sedangkan tenaga pendidikanya ada 6 orang. 

9. Al Muhajirin

Pondok Pesantren Al Muhajirin beralamat di Jl. Poros Samarinda Muara Badak Rt. 13 Desa Muara Badak Ulu. Ponpes yang satu ini memiliki santri yang jumlanya ada sekitar 554 orang. Sedangkan jumlah guru yang mengajar para santri jumlanya mencapai 27 orang. 

10. Al Mu`minun 

Pondok Pesantren Al Mu`minun beralamat di Jl. Ki Hajar Dewantara No 99 Rt 08 Ma Muntai Ulu. Ponpes yang satu ini diketahui telah memiliki 406 santri dan 22 ustadz yang membimbing para santri.

Demikinalah saja daftar nama-nama terkait dengan pondok pesantren yang ada di Kabupaten Kutai Kartanegara, Provinsi Kalimantan Timur. Semoga bisa berguna ya.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren di Kabupaten Kutai Kartanegara Yang Bagus"