Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren di Kabupaten Kutai Timur dan Kutai Barat

 

Pondok Pesantren di Kutai Timur dan Kutai Barat

Provinsi Kalimantan Timur merupakan salah satu provinsi di negara Indonesia yang terbagi atas beberapa kabupaten salah satu diantaranya ialah kabupaten Kutai Timur dan kabupaten Kutai Barat.

Kedua kabupaten ini memiliki pusat perkotaan yang berbeda, yang mana pada Kutai Timur yang menjadi pusat pemerintahannya yaitu berada di Sanggata. Sedangkan pusat pemerintahan yang ada di kabupaten Kutai Barat berada di Sendawar. 

Pesantren di Kutai Timur dan Kutai Barat

Kabupaten Kutai Timur maupun Kutai Barat merupakan kabupaten yang sama-sama memiliki lembaga pendidikan agama islam seperti pondok pesantren.

Umumnya ponpes yang ada di dua kabupaten tersebut memiliki visi dan misi yang mengarah pada perbaikan akhlak setiap generasi muda agar menjadi lebih baik dan mengenal agama islam dengan lebih mendalam. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Kutai Timur dan Kabupaten Kutai Barat

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar nama pondok pesantren di kabupaten Kutai Timur dan Kutai Barat adalah;

1. Istiqomah MBS

Daftar pertama nama pondok pesantren yang ada di kabupaten Kutai Timur adalah Pondok Pesantren Istiqomah MBS. Ponpes yang satu didirikan pada tahun 2018 dan beralamat di Jalan Santai Sangatta Selatan.

2. Pps. Darul Mukhlasin

Pondok Pesantren Pps. Darul Mukhlasin beralamat di Jl. Menur. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di pondok pesantren Pps Darul Mukhlasin ada sekitar 72 orang. Sedangkan jumlah guru yang mengajar yaitu ada 7 orang. 

3. Nurussa`adah

Pondok Pesantren Nurussa`adah beralamat di Jl.Jenderal Sudirman Rt 022 No 37 Benua Baru Ilir. Santri yang menimba ilmu di ponpes ini jumlahnya ada sebanyak 130 orang dengan 8 ustadz yang membimbing para santri agar menjadi generasi yang berakhlak mulia. 

4. Hidayatullah

Pondok Pesantren Hidayatullah beralamat di Jl. Hidayatullah No.52. Ponpes yang satu ini memiliki santri dengan jumlah 166 orang dengan 6 guru yang mengajar. 

5. Syaichona Cholil

Pondok Pesantren Syaichona Cholil beralamat di Jln. Pon-Pes Syaichona Cholil, Simpang Tiga Bontang-Sangatta KM. 5. Pesantren Syaichona Cholil diketahui telah memiliki santri dengan jumlah 273 orang. Sedangkan jumlah tenaga pendidik yang mengajar para santri ada sebanyak 16 orang. 

6. Al Mufd

Pondok Pesantren Al Mufd beralamat di Jl. Poros Bontang-Samarinda. Santri yang belajar di ponpes ini jumlahnya ada sekitar 153 orang dengan 16 guru yang membimbing. 

7. Darul Khairat

Pondok Pesantren Darul Khairat beralamat di Jalan Dayung Desa Teluk Lingga. Ponpes Darul Khairat diketahui telah mempunyai 36 santri dan 5 ustadz yang membimbing. 

8. Nurul Wafa

Pondok Pesantren Nurul Wafa beralamat di Kebung Agung. Santri di pondok pesantren Nurul Wafa jumlahnya ada 81 orang. Sedangkan ustadz yang membimbing ada 5 orang. 

9. Assalam Arya Kemuning

Pondok Pesantren Assalam Arya Kemuning merupakan salah satu ponpes yang ada di kabupaten Kutai Barat. Pondok pesantren ini lokasinya berada di Jln Pandan Wangi. (kutai barat)

10. Pp Hidayatullah

Pondok Pesantren Pp Hidayatullah juga termasuk contoh daftar nama pondok pesantren yang ada di kabupaten Kutai Barat. Alamat pondok pesantren Pp Hidayatullah yaitu berada di Jl. H. Nurdin RT 10. (kutai barat).

Itulah informasi yang bisa diberikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang berada di wilayah Kabupaten Kutai Timur dan Kabupaten Kutai Barat, Provinsi Kalimantan Timur.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren di Kabupaten Kutai Timur dan Kutai Barat"