Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren di Kabupaten Luwu Yang Bagus

Pesantren di Kabupaten Luwu

Kabupaten Luwu adalah salah satu wilayah yang ada di Sulawesi Selatan dengan memiliki lokasi yang strategis.

Sehingga pada kabupaten ini dalam kurun waktu 3 tahun dimekarkan menjadi 3 bagian yang meliputi kabupaten Luwu, kabupaten Luwu Utara, dan kabupaten Luwu Timur. Selain itu penduduk yang ada di kabupaten ini juga sering menggunakan bahasa daerah yaitu bahasa Toraja. 

Pesantren di Luwu

Kabupaten Luwu termasuk daerah yang selalu memperhatikan bidang pendidikan untuk setiap generasi mudanya. Salah satu lembaga pendidikan yang ada di kabupaten ini adalah lembaga pendidikan agama islam seperti pondok pesantren yang hingga saat ini jumlahnya ada sekitar 18 pesantren. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Luwu

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar nama pondok pesantren yang ada di kabupaten Luwu adalah:

1. Darul Istiqamah Babang

Pondok Pesantren Darul Istiqamah Babang beralamat di Dusun Tobemba Rt/Rw 001/001. Pondok pesantren Darul Istiqamah Babang diketahui telah memiliki 77 santri dan 7 ustadz yang membimbing. 

2. Ddi Al Furqan Buntukamassi

Pondok Pesantren Ddi Al Furqan Buntukamassi beralamat di Buntu Kamassi. Ponpes yang satu ini mempunyai 87 santri yang memperdalam ilmu agama di pesantren. Sedangkan banyaknya guru yang membimbing dan mendidik para santri ada sekitar 7 orang. 

3. Nur El Haq

Pondok Pesantren Nur El Haq beralamat di Dsn. Balla Kajang. Santri yang ada di pondok pesantren Nur El Haq jumlahnya mencapai 168 orang. Sedangkan banyak guru yang memberikan ilmu kepada para santri yaitu ada 12 orang. 

4. Darul Khaeriyah Tawondu

Pondok Pesantren Darul Khaeriyah Tawondu beralamat di Jl.Pelabuhan Batu Killong,No.07 Desa Tawondu. Pondok pesantren Darul Khaeriyah Tawondu diketahui telah memiliki 229 santri dan 14 ustadz pembimbing. 

5. Al-Zakiyah Malela

Pondok Pesantren Al-Zakiyah Malela beralamat di Jl. Jennang /Rt. 002/02 Desa Malela. Jumlah santri yang belajar pendidikan agama islam di ponpes Al-Zakiyah Malela yaitu ada sekitar 126 orang. Sedangkan banyaknya guru yang membimbing para santri yaitu ada 9 orang. 

6. Pertanian Islamiyah Salubanga

Pondok Pesantren Pertanian Islamiyah Salubanga beralamat di Jl. Mujahidin No. 100 Desa Muhajirin Salubanga. Banyaknya santri yang menimba ilmu pendidikan agama islam maupun pengetahuan umum lainnya di ponpes ini yaitu ada sekitar 102 orang. Sedangkan tenaga pendidiknya berjumlah 8 orang. 

7. Pembangunan Nurul Hidayah Salubua

Pondok Pesantren Pembangunan Nurul Hidayah Salubua beralamat di Jl.Pendidikan No.62 Desa Salubua Kec Suli Barat Kab. Luwu. Ponpes ini diketahui telah memiliki ratusan santri yaitu mencapai 534 orang.

Hal ini karena pesantren Pembangunan Nurul hidayah Salubua menjadi salah satu ponpes yang memiliki kualitas baik di kabupaten Luwu. Selain itu jumlah santrinya yaitu mencapai 25 orang. 

8. Hidayatullah Belopa

Pondok Pesantren Hidayatullah Belopa beralamat di Jl. Ali Semmang Rt 006 Rw 004. Santri yang menempuh pendidikan di pondok pesantren ini yaitu ada sekitar 116 orang dengan 9 ustadz yang membimbing. 

9. Modern Babussa`adah Bajo 

Pondok Pesantren Modern Babussa`adah Bajo beralamat di Jln. Pendidikan No 15 A Bajo. Jumlah santri di pondok pesantren Modern Babussa’adah Bajo yaitu ada 325 orang. Sedangkan banyaknya guru yang mendidik para santri yaitu ada 18 orang. 

10. Darul Istiqamah Cilallang

Pondok Pesantren Darul Istiqamah Cilallang beralamat di Jl. Darul Istiqamah Cilallang. Selain itu pesantren ini diketahui juga telah memiliki 64 santri dan 7 ustadz yang mengajarkan ilmu pendidikan agam islam kepada para santri.

Demikinalah saja informasi yang bisa dibagikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang berada di wilayah Kabupaten Luwu, Provinsi Sulawesi Selatan. Semoga bisa berguna.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren di Kabupaten Luwu Yang Bagus"