Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren di Terbaik Kabupaten Paser

 

Pesantren di Kabupaten Paser

Kabupaten Paser merupakan salah satu kabupaten yang ada di Provinsi Kalimantan Timur dan hingga saat ini kabupaten Paser memiliki beberapa batas wilayah dengan daerah lainnya. Batas wilayah tersebut antara lain disebelah timur berbatasan dengan Selat Makasar, dibagian barat dengan kabupaten Tabalong dan Barito Utara.

Sedangkan di sebelah selatan berbatasan dengan kabupaten Kotabaru dan terakhir di bagian utara berbatasan dengan kabupaten Kutai Barat serta kabupaten Penajem Paser Utara.  

Pesantren di Paser

Pondok pesantren yang ada di kabupaten Paser jumlahnya cukup banyak yaitu ada sekitar 20 pesantren. Masing-masing pondok pesanten tersebut tersebar di beberapa kecamatan yang ada di kabupaten Paser. Nama-nama kecamatan itu antara lain adalah kecamatan Batu Sopang, Batu Engau, Kuaro, Muara Komam, Paser Balengkong, dan lain-lain. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Paser

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar nama pondok pesantren di kabupaten Paser adalah : 

1. Hidayatullah

Pondok Pesantren Hidayatullah beralamat di Jl. Negara Km. 144, Rt 24 Desa Batu Kajang. Jumlah santri yang menimba ilmu di pondok pesantren ini ada sebanyak 52 orang dengan 6 ustadz yang mengajar di ponpes tersebut. 

2. Bina Islam

Pondok Pesantren Bina Islam beralamat di Jl. Rm Noto Sunardi. Santri yang menempuh pendidikan di pesantren Bina Islam jumlahnya ada sekitar 150 orang dengan 9 ustadz yang membimbing. 

3. Al Ihsan

Pondok Pesantren Al Ihsan beralamat di Jl. Senaken Desa Senaken Rt.Iv. Pesantren Al Ihsan diketahui telah memiliki ribuan santri yaitu sebanyak 1.348 orang. Sedangkan jumlah tenaga pendidiknya ada sekitar 58 orang.   

4. Fastabiqul Khairat

Pondok Pesantren Fastabiqul Khairat beralamat di Senaken Ujung Gg.Andi Ali. Santri yang belajar di pesantren Fastabiqul Khairat ada sekitar 67 orang. Sedangkan jumlah guru yang mengajar ada 6 orang. 

5. Babussalam

Pondok Pesantren Babussalam beralamat di Jl. Provinsi Km.12 Janju. Pesantren Babussalam diketahui telah mempunyai santri yang jumlahnya mencapai 146 orang dengan 11 ustadz yang mengajarkan ilmu agama islam. 

6. Nurul Muhibbin 

Pondok Pesantren Nurul Muhibbin beralamat di Jl. ST. Hasanuddin. Pondok pesantren Nurul Muhibbin memiliki 133 santri dengan 9 tenaga pendidik yang mengajar di ponpes tersebut. 

7. Hubbul Wathon Nw 

Pondok Pesantren Hubbul Wathon Nw beralamat di Jl. Gajah Mada Padang Pengrapat. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di pesantren ini ada sekitar 104 orang. Sedangkan jumlah ustadz yang membimbing ada 7 orang. 

8. Bina Iman

Pondok Pesantren Bina Iman beralamat di Jl. Negara No.32 Rt.7 Desa Pasir Belengkong 76271. Pesantren ini memiliki santri yang jumlahnya mencapai 118 orang dengan 8 guru yang mengajar. 

9. Al Furqan

Pondok Pesantren Al Furqan beralamat di Jln. Nusa Indah Desa Suliliran Baru. Ponpes yang satu ini diketahui telah memiliki 187 santri dan 12 tenaga pendidik yang mengajarkan tentang ilmu agama islam. 

10. Hidayatullah 

Pondok Pesantren Hidayatullah berdiri pada tahun 1984. Pondok Pesantren Hidayatullah beralamat di Jl. Jend. Ahmad Yani Rt. 008 Kel. Kuaro. Selain itu pesantren Hidayatullah ini juga diketahui sudah mempunyai 52 santri dan 6 ustadz yang membimbing.

Itulah saja daftar nama-nama pondok pesantren yang berada di wilayah Kabupaten Paser, Provinsi Kalimantan Timur (KalTim). Semoga saja memberikan wawasan bagi kalian semuanya yang sedang membutuhkannya.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren di Terbaik Kabupaten Paser"