Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Sintang, Prov. Kalimantan Barat

 

Pondok Pesantren di Kabupaten Sintang

Kabupaten Sintang diketahui memiliki luas wilayah sebesar 21.638,00 km². Selain itu pada tahun 2020 jumlah penduduknya mencapai 418.785 jiwa yang mayoritas penduduknya berasal dari suku Melayu dan suku Dayak. 

Kabupaten Sintang pada dasarnya terdiri dari 14 kecamatan, dan salah satu kecamatan terluasnya adalah kecamatan Ambalau. Pada daerah Sintang ini sebagian besar wilayahnya terdiri dari perbukitan, sehingga banyak menghasilkan sumber daya alam berupa kelapa sawit dan karet.  

Pesantren di Kabupaten Sintang

Kabupaten Sintang memiliki pondok pesantren yang jumlahnya ada sekitar 10 pesantren. Masing-masing ponpes tersebut tersebar ke beberapa kecamatan yang ada dikabupaten Sintang. Kecamatan-kecamatan tersebut antara lain seperti kecamatan ambalau, binjau hulu, kayan hilir dan lain sebagainya. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Sintang

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar nama pondok pesantren di kabupaten Sintang adalah;  

1. Darul Ma`arif

Pondok Pesantren Darul Ma`arif berdiri pada tanggal 5 Mei 1996. Pondok Pesantren Darul Ma`arif beralamat di Jl.Akcaya 3 No.18. Tujuan ponpes ini yaitu untuk mendidik generasi muda islam yang memiliki iman yang kuat, ilmu yang luas, dan berakhlaq yang mulia.

Selain itu fasilitas yang ada di pesantren Darul Ma’arif juga sudah lengkap diantaranya seperti masjid, asrama santri, kantor, asrama pengasuh, dapur, gedung sekolah, lapangan, koperasi santri, perpustakaan, dan berbagai laboratorium.

2. Al Muhajirin

Pondok Pesantren Al Muhajirin berdiri pada tahun 2005. Pondok Pesantren Al Muhajirin beralamat di Jalan Permadi Desa Paribang Baru Kec. Tempunak.

3. Agropolitan Nurul Ma`Arif

Pondok Pesantren Agropolitan Nurul Ma`Arif berdiri pada tahun 2004. Pondok Pesantren Agropolitan Nurul Ma`Arif beralamat di Jl. Sintang Pontianak Km.10 Nenak. Tujuan didirikannya ponpes ini yaitu untuk menumbuhkan generasi islam iman, ilmu, prestasi, dan ketrampilan.

Selain itu pesantren ini termasuk pesantren modern yang mempunyai jenjang pendidikan formal seperti SMP dan SMK. Berbagai kegiatan ekstrakurikuler juga ada di ponpes ini diantaranya ialah pencak silat, MTQ, kajian kitab kuning, pramuka, dan lain-lain. 

4. Al-Barqi

Pondok Pesantren Al-Barqi berdiri pada tahun 2005. Pondok Pesantren Al-Barqi beralamat di Jln.Galung Dusun Setangan Rt.07 Rw.04 Desa. Bedayan.

5. Nurul Iman 

Pondok Pesantren Nurul Iman berdiri pada tahun 2010. Pondok Pesantren Nurul Iman beralamat di Jalan Sintang - Pontianak Km. 25.

6. Miftahul Huda 

Pondok Pesantren Miftahul Huda berdiri pada tahun 2011. Pondok Pesantren Miftahul Huda beralamat di Jalan Cendrawasih Blok T. Desa Telaga Dua Kecamatan Binjai Hulu.

7. Modern Al-Iman Tebelian

Pondok Pesantren Modern Al-Iman Tebelian berdiri pada tahun 2014. Pondok Pesantren Modern Al-Iman Tebelian beralamat di Jl.Sintang-Pontianak Km.19 Gang Singkak.

Ponpes ini selain mengajarkan ilmu agama islam juga memberikan berbagai kegiatan ekstrakurikuler yang mampu mengasah skill para santri. Beberapa kegiatan ekstrakurikuler tersebut antara lain adalah kaligrafi, olahraga, jurnalistik, karya ilmiah remaja (KIR), komputer, tata kecantikan, dan lain-lain. 

8. Tahfidzul Qur'an Nusantara

Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Nusantara berdiri pada tahun 2016. Pondok Pesantren Tahfidzul Qur'an Nusantara beralamat di Jl. Kuari Dusun Tuah Muanua Rt.10 Rw. II Desa Dak Jaya Kec. Binjai Hulu. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di pesantren ini yaitu ada sekitar 157 orang dengan 9 ustadz yang membimbing. 

9. Hamalatul Qur'an

Pondok Pesantren Hamalatul Qur'an berdiri pada tahun 2017. Pondok Pesantren Hamalatul Qur'an beralamat di BTN Cipta Mandiri Blok A No. 10 Kecamatan Sintang. Santri yang belajar di ponpes Hamalatul Qur’an berjumlah 53 orang, sedangkan jumlah tenaga pendidiknya ada 8 orang. 

10. Pondok Pesantren Al-Fatah 

Pondok Pesantren Al-Fatah berdiri pada tahun 2014. Pondok Pesantren Al-Fatah beralamat di Dusun Sopan Linoh Desa Lebak Ubah Kec. Sungai Tebelian. Selain itu jumlah santri di ponpes ini yaitu ada sekitar 70 orang dengan adanya 6 guru yang mengajar.

Itulah saja informasi yang bisa kami bagikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang berada di daerah Kabupaten Sintang, Provinsi Kalimantan Barat.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Sintang, Prov. Kalimantan Barat"