Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren di Kabupaten Tabolong Yang Bagus

 

Pondok Pesantren di Kabupaten Tabolong

Kabupaten Tabolong merupakan daerah yang ada di Kalimantan Selatan dengan memiliki luas wilayah sekitar 3.496 km². Selain itu kabupaten ini juga memiliki motot daerah yang disebut “Saraba Kawa” atau artinya adalah serba sanggup. 

Kabupaten Tabolong ini merupakan wilayah yang kaya akan sumber daya alam seperti adanya hasil perkebunan, hasil tambang, hasil pertanian dan lain-lain. Kemudian apabila dilihat dari segi geografinya, maka wilayah di kabupaten Tabolong ini terdiri dari dataran rendah dan dataran tinggi.   

Pesantren di Tabolong

Kabupaten Tabolong diketahui memiliki 10 pondok pesantren yang mana masing-masing pesantren tersebut memiliki keunggulan.

Selain itu sistem pendidikan yang ada di setiap pesantren juga sangat membantu para santri untuk mempunyai bekal ilmu agama islam maupun pengetahuan umum lainnya yang digunakan untuk kebaikan hidup didunia maupun diakherat. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Tabolong

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar nama pondok pesantren di kabupaten Tabolong adalah :

1. Habiburrahman

Pondok Pesantren Habiburrahman beralamat di Jl. Telaga Raya Desa Habau. Pemimpin ponpes ini bernama Hamrullah dan jumlah keseluruhan santri ada sebanyak 141 orang. Pembagian santri tersebut yaitu terdiri dari 78 santri laki-laki dan 63 santri perempuan. 

2. Nurul Iman

Pondok Pesantren Nurul Iman beralamat di Jl.H.Mahrawi Kel.Jangkung. Santri yang menempuh pendidikan di ponpes ini jumlahnya menca[ai 121 orang dengan 6 ustadz yang membimbing. 

3. Al Hasaniyyah

Pondok Pesantren Al Hasaniyyah beralamat di Lusia, Marindi. Sedangkan jumlah santrinya sendiri ada sekitar 242 orang dengan 11 tenaga pendidik yang mengajar di pesantren. 

4. Miftahul Ulum

Pondok Pesantren Miftahul Ulum beralamat di Jl. Bangkiling Raya Rt. 02. Tokoh pendiri ponpes Miftahul Ulum yaitu bernama KH Hanafiah. Sedangkan jumlah santri laki – lakinya ada sekitar 180 orang dan santriwatinya mencapai 100 orang. 

5. Ad Durul Farida

Pondok Pesantren Ad Durul Farida beralamat di Desa Talan. Tipe ponpes ini yaitu salafiyah dengan jumlah santri sekitar 74 orang yang terdiri dari 36 santri laki – laki dan 38 santri perempuan. 

6. Ushuluddin

Pondok Pesantren Ushuluddin beralamat di Jl.A.Yani Km 4,5 Sei Buluh Rt.03. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di ponpes Ushuluddin yaitu ada sebanyak 236 santri yang terdiri dari 142 santri laki-laki dan 94 santri perempuan. 

7. Teknologi Pertanian Al-Islam

Pondok Pesantren Teknologi Pertanian Al - Islam beralamat di Desa Kambitin Rt. 02 Kec. Tanjung Kab. Tabalong. Pondok pesantren yang satu ini diketahui telah memiliki 37 santri laki – laki dan 36 santri perempuan. Sedangkan nama tokoh pendiri ponpes Teknologi Pertanian Al – Islam yaitu Tamrani. 

8. Hidayatullah 

Pondok Pesantren Hidayatullah beralamat di Jl. Ahmad Yani Rt 04. Tokoh pendiri ponpes Hidayatullah bernama Normawardi. Sedangkan jumlah santrinya ada sebanyak 21 orang. 

9. Al-Madaniyah

Pondok Pesantren Al-Madaniyah beralamat di Jl. H. Noor Aidi Desa Nalui Rt.001. Ponpes Al- Madaniyah diketahui telah memiliki santri yang jumlahnya mencapai 300 orang dengan pembagian 175 santri laki-laki dan 135 santri perempuan.  

10. Pondok Pesantren Terpadu Nurul Musthofa

Pondok Pesantren Terpadu Nurul Musthofa didirikan pada tahun 2012 dan beralamat di Jl.Mabuun Raya Komplek Swadharma Lestari Rt/Rw.001/04. Visi ponpes ini yaitu menjadi sekolah menengah pencetak generasi yang qurani, berbudi tinggi, berprestasi dan berwawasan lingkungan.

Nah, demikinalah saja daftar nama-nama pondok pesantren yang berada di wilayah Kabupaten Tabolong, Provinsi Kalimantan Selatan. Semoga saja memberikan wawasan dan edukasi yang mendalam.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren di Kabupaten Tabolong Yang Bagus"