Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Tanah Laut

Pondok Pesantren di Tanah Laut
Pesantren di Tanah Laut

Kabupaten Tanah Laut beribukota di Pelaihari dan maskot fauna dari Kabupaten ini adalah kijang emas. Selain itu kabupaten Tanah Laut juga memiliki beberapa batas wilayah seperti di bagian utara, selatan, timur, dan barat.

Batas wilayah kabupaten Tanah Laut di sebalah utara adalah kabupaten Banjar dan kota Banjarbaru. Sedangkan batas wilayah di sebalah selatanan barat yaitu Laut Jawa. Terakhir di bagian timur yaitu berbatasan langsung dengan kabupaten Tanah Bumbu dan Laut Jawa.  

Pesantren di Tanah Laut

Kabupaten Tanah Laut merupakan salah satu daerah yang ada di Kalimantan Selatan yang memiliki sekitar 22 pondok pesantren. Masing-masing ponpes di kabupaten Tanah Laut ini selalu berusaha meningkatkan kualitasnya agar mampu memberikan pendidikan terbaik bagi para santri.

Sehingga pada akhirnya nanti mampu mewujudkan terciptanya generasi muda yang paham ilmu agama dan berwawasan luas.  

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Tanah Laut

Kabupaten Tanah Laut memiliki sejumlah pondok pesantren yang mana beberapa diantaranya ialah dijabarkan sebagai berikut ini :

1. Al-Mubarok

Pondok Pesantren Al-Mubarok beralamat di Jl. A. Yani RT.01 RW.01. Jumlah santri laki laki di pesantren ini yaitu ada sebanyak 160 orang. Sedangkan untuk jumlah santriwatinya yaitu ada sekitar 40 orang. Selain itu tokoh pendiri yang berhasil mendirikan ponpes Al Mubarok yaitu bernama KH. Askani.

2. Pps. Babussalam Asam-Asam

Pondok Pesantren Pps. Babussalam Asam-Asam. beralamat di Jl.A.Yani.Km 113. Desa Asam-Asam. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di pesantren Babussalam Asam-Asam yaitu ada 336 orang. Sedangkan untuk jumlah tenaga pendidiknya yaitu 23 orang. 

3. Al Qamar

Pondok Pesantren Al Qamar beralamat di Jalan Provinsi Km. 115 Rt 14 Asam-Asam. Pesantren Al Qamar diketahui telah mempunyai 196 santri dan 12 ustadz yang membimbing. 

4. Darussalim 

Pondok Pesantren Darussalim beralamat di Jl. Pahlawan Rt.08 No.43 Bati - Bati. Tokoh pendiri pondok pesantren Darussalim yaitu bernama KH Ahmad Sanusi. Selain itu pesantren ini juga mempunyai santriwati yang jumlahnya mencapai 592 orang. Sedangkan jumlah santri laki - lakinya ada sebanyak 682 orang. 

5. Al-Muttaqin

Pondok Pesantren Al-Muttaqin beralamat di Jl. Batu Lima Rt.12 Rw.05. Santri laki-laki di ponpes ini berjumlah 122 orang, sedangkan jumlah santriwatinya ada sekitar 133 orang. Tokoh pendiri pondok pesantren Al-Muttaqin yaitu bernama Bunyamin. 

6. Darussalam 

Pondok Pesantren Darussalam beralamat di jl. Talok Pulantan. Pesantren Darussalam mempunyai jumlah santri secara keseluruhan yaitu 370 orang yang terdiri dari 206 santriawan dan 164 santriwati. 

7. Darussana

Pondok Pesantren Darussana beralamat di Jl.Ahmad Yani Km 156 Rt 06/02 Desa Sungai. Jumlah santri yang belajar di pondok pesantren Darussana yaitu ada 128 orang. Sedangkan untuk tenaga pendidiknya sendiri yaitu berjumlah 6 orang.  

8. Asy-Syuhada

Pondok Pesantren Asy-Syuhada beralamat di Jl. Dharma No.29 Pelaihari. Santri yang menempuh pendidikan di ponpes ini jumlahnya yaitu mencapai 837 orang dan untuk guru yang mengajar yaitu ada sekitar 44 orang. 

9. Asy Syafi`iyyah Datu Pamulutan 

Pondok Pesantren Asy Syafi`iyyah Datu Pamulutan beralamat di Jl. Pelabuhan Timur. Pondok pesantren ini diketahui memiliki jumlah santri sebanyak 178 orang. Sedangkan jumlah tenaga pendidik yaitu ada 7 orang. 

10. Adda''watuttammah 

Pondok Pesantren Adda''watuttammah beralamat di Desa Telaga Rt 08 Rw 01. Santri yang menimba ilmu di pesantren Adda’watuttammah yaitu berjumlah 185 orang dan jumlah guru yang membimbing ada sebanyak 10 orang.

Nah, itulah tadi informasi yang bisa kami kemukakan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Tanah Laut, Provinsi Kalimantan Selatan. Semoga bisa berguna ya.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Tanah Laut"