Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Tapin

Pondok Pesantren di Kabupaten Tapin

Kabupaten Tapin merupakan daerah di Kalimantan Selatan yang beribukota di Rantau. Kabupaten ini memiliki 12 kecamatan diantaranya yaitu Kecamatan Candi Laras Utara, Kecamatan Candi Laras Selatan, KecamatanTapin Utara, Kecamatan Binuang, Kecamatan Piani dan lain-lain.

Selain itu, kabupaten Tapin juga dihuni oleh beberapa suku masyarakat diantaranya seperti suku Banjar, suku Bugis, suku Jawa dan lainnya. 

Pesantren di Tapin

Pondok pesantren yang ada di kabupaten Tapin ini jumlahnya mencapai 17 pesantren. Masing – masing pesantren diketahui telah memiliki visi dan misi yang terstruktur dengan baik. Tujuannya agar mampu mencetak generasi muda yang paham tentang agama islam dan memiliki jiwa tolong menolong kepada sesama manusia yang lainnya. 

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Tapin

Berikut dibawah ini yang termasuk daftar nama pondok pesantren di kabupaten Tapin adalah 

1. Tarbiyatuddiniyah

Pondok Pesantren Tarbiyatuddiniyah beralamat di Desa Buas-Buas Rt. 003 Rw. 002. Jumlah santri yang menempuh pendidikan di pondok pesantren Tarbiyatuddiniyah yaitu ada sekitar 188 santri. Sedangkan untuk jumlah gurunya sendiri yaitu ada sebanyak 4 orang. 

2. Datu Aling 

Pondok Pesantren Datu Aling beralamat di Jln. Sarang Burung Rt 06 Rw 03. Pondok pesantren ini diketahui telah memiliki 158 santri dengan 11 ustadz yang membimbing. 

3. Miftahussalam

Pondok Pesantren Miftahussalam beralamat di Jl. Gusti Libi Rt. 03 Rw. 01 Desa Pariok. Santri yang belajar di pondok pesantren Miftahussalam jumlahnya ada sekitar 120 orang. Sedangkan banyaknya tenaga pendidik yang mengajar di pondok ada sekitar 6 orang. 

4. Nurul Hidayah

Pondok Pesantren Nurul Hidayah beralamat di Jln. Tepian Kali Negara Rt 06 Rw. 03. Santri yang menimba ilmu di pondok pesantren Nurul Hidayah jumlahnya mencapai 217 orang. Sedangkan jumlah guru yang mengajar yaitu ada sebanyak 9 orang. 

5. Nurul Jannah

Pondok Pesantren Nurul Jannah beralamat di MARGASARI ILIR. Pondok pesantren ini diketahui telah memiliki 156 orang santri dengan 5 ustadz yang membimbing. 

6. PPS Izzul Hasan

Pondok Pesantren PPS Izzul Hasan beralamat di Jl Nes XII ,Desa Mekar Sari. Pesantren PPS Izzul Hasan mempunyai jumlah santri sekitar 147 orang. Sedangkan jumlah ustadz yang membimbing yaitu ada 7 orang.  

7. Darul Muhibbien

Pondok Pesantren Darul Muhibbien beralamat di Jl.A.Yani Km 84 Haruban. Santri yang menempuh pendidikan di pondok pesantren Darul Muhibbien jumlahnya ada sekitar 242 orang, sedangkan untuk tenaga pendidiknya sendiri yaitu berjumlah 16 ustadz. 

8. Muthi`ul Huda

Pondok Pesantren Muthi`ul Huda beralamat di Jl 17 Agustus No.44 Kec Hatungun. Selain itu, pesantren ini diketahui juga telah memiliki santri yang berjumlah 393 orang dengan 7 ustadz yang mengajar. 

9. Assunniyyah

Pondok Pesantren Assunniyyah beralamat di Jl.Ahmad Yani Km 104. Pondok pesantren ini diketahui telah memiliki 971 orang santri dengan 45 ustadz yang membimbing. 

10. Subulussalam 

Pondok Pesantren Subulussalam beralamat di Jl.Hidayat Rt 01 No 34. Santri yang belajar di pondok pesantren Subulussalam jumlahnya yaitu ada sekitar 698 orang dan jumlah ustadz yang mengajar yaitu ada 30 orang.

Nah, demikinalah saja informasi yang bisa kami berikan pada semua pembaca berkenaan dengan daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Tapin, Provinsi KalSel (Kalimantan Selatan). Semoga bermanfaat.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Tapin"