Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Wajo

 

Pondok Pesantren di Kabupaten Wajo

Kabupaten Wajo memiliki batas-batas wilayah diantaranya yaitu di sebelah timur berbatasan dengan Teluk Bone, di bagian barat dan utara berbatasan dengan kabupaten Sindereng Rappang, dan di sebelah selatan berbatasan dengan kabupaten Soppng serta Bone.

Selain itu masyarakat yang ada di kabupaten Wajo ini dalam sehari-harinya selain menggunakan bahasa Indonesia juga memakai bahasa daerah yaitu bahasa Bugis dengan dialek Wajo.

Pesantren di Wajo

Kabupaten Wajo memiliki 16 pondok pesantren yang masing-masing pesantren tersebut terdapat keunggulan yang tidak dapat diragukan lagi. Jumlah santri secara keseluruhan dari 16 ponpes tersebut yaitu ada sekitar 7.226 orang yang terdiri dari 4.161 santri dari daerah asal dan 3.065 santri dari luar daerah.

Daftar Pondok Pesantren di Kabupaten Wajo

Daftar nama pondok pesantren yang ada di kabupaten Wajo antara lain ialah sebagai berikut ini; 

1. As`adiyah Pusat Sengkang

Pondok Pesantren As`adiyah Pusat Sengkang beralamat di Jl. Veteran No. 46 Sengkang. Pondok pesantren ini telah melakukan lembaga pendidikan mulai dari Taman Kanak Kanak/Raodatul Atfal, sampai Lembaga Pendidikan Tinggi.

Selain itu ada banyak kegiatan ekstrakurikuler pula yang dapat diikuti para santri antara lain seperti tahsin, seni baca quran, beladiri, English club, komputer, olahraga, PMR dan masih banyak yang lainnya. 

2. Daarul Mu`minin

Pondok Pesantren Daarul Mu`minin beralamat di Jl.K.H.Muh As'ad No.7 Doping. Santri yang menempuh pendidikan di pondok pesantren Daarul Mu’minin tidak hanya diberi bekal pendidikan agama islam, akan tetapi juga dilatih untuk menguasai ketrampilan atau bakat yang ada di dalam dirinya melalui kegiatan ekstrakurikuler.

Jenis ekstrakurikuler yang ada di ponpes ini diantaranya yaitu latihan pidato atau dakwah, PMR, ketrampilan wirausaha, kursus bahasa arab dan inggris, tahlil dan lain sebagainya.

3. Mujahidin As`Adiyah Kampiri

Pondok Pesantren Mujahidin As`Adiyah Kampiri beralamat di Jl. Sultan Hasanuddin No. 34 Pallawarukka.

Jumlah santri yang menempuh pendidikan di pondok pesantren Muahidin As’Adiya Kampiri yaitu ada sekitar 399 orang. Sedangkan banyaknya tenaga pendidik yang mengajar di pesantren ini yaitu ada 21 orang.

4. Al-Mu`Minun

Pondok Pesantren Al-Mu`Minun beralamat di Jl. Trans Sulawesi, Poros Makassar-Palopo. Santri yang menimba ilmu di ponpes Al-Mu’minum jumlahnya ada 168 orang dengan 12 ustadz yang membimbing para santri. 

5. Mtss Satap Darul Naim As`adiyah Paotoa

Pondok Pesantren Mtss Satap Darul Naim As`adiyah Paotoa beralamat di Jl. Paotoa. Pondok pesantren ini diketahui telah memiliki 150 santri dan 11 tenaga pendidik yang mengajarkan pendidikan agama islam maupun pengetahuan umum lainnya kepada para santri. 

6. Pendidikan Diniyah Formal Ulya As'adiyah Putr

Pondok Pesantren Pendidikan Diniyah Formal Ulya As'adiyah Putr beralamat di Jl. Veteran No. 46 Sengkang. Jumlah santri yang ada di ponpes ini yaitu ada sekitar 59 orang. Sedangkan banyaknya ustadz yang membimbing para santri yaitu ada 6 orang. 

7. Al-Mukhlisin Ddi Paria

Pondok Pesantren Al-Mukhlisin Ddi Paria beralamat di Jl. Makmur Paria. Banyaknya santri yang belajar ilmu agama islam di pondok pesantren Al-Mukhlisin Ddi Paria yaitu ada sekitar 193 orang. Sedangka tenaga pendidiknya ada 14 orang.

8. Al Mubarak Ddi Tobarakka

Pondok Pesantren Al Mubarak Ddi Tobarakka beralamat di Jl. Poros Makassar-Palopo Km. 277. Pondok pesantren ini diketahui telah memiliki 946 orang santri dan 44 ustadz yang membimbing dan mengarahkan santri agar memiliki bekal, agama lebih baik lagi. Pesantren ini termasuk salah satu pesantren terbaik yang ada di kabupaten Wajo.

9. Darul As`adiyah Ongkoe

Pondok Pesantren Darul As`adiyah Ongkoe beralamat di Jl. Kemakmuran No. 100 Desa Ongkoe. Jumlah santri di pondok pesantren Darul As’adiyah Ongkoe yaitu ada sekitar 524 orang. Sedangkan banyaknya guru yang ada di sana ialah 25 orang. 

10. Nurmilad

Pondok Pesantren Nurmilad beralamat di Jl. H. Andi Baso Paria No.1 Lempong. Santri di ponpes Nurmilad jumlahnya ada sekitar 177 orang dengan 12 ustadz yang membimbing.

Itulah saja daftar nama-nama pondok pesantren yang ada di wilayah Kabupaten Wajo, Provinsi SulSes (Sulawesi Selatan). Semoga bisa bermanfaat bagi kalian yang sedang membutuhkannya.

Posting Komentar untuk "10+ Pesantren Terbaik di Kabupaten Wajo"